Contoh Essay Beasiswa Kuliah di Luar Negeri
Contoh Struktur Penulisan Essay Beasiswa Kuliah di Luar Negeri
18 Oktober 2020
Berapa Lama Mengurus Visa Pelajar Italy?
21 Oktober 2020

10 Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca Oleh Mahasiswa

buku yang wajib dibaca mahasiswa

Sumber: goodreads.com

Masa kuliah adalah waktu yang tepat untuk mengeksplorasi banyak hal, termasuk untuk menambah wawasan lewat buku. Ada banyak sekali buku populer di dunia yang disebut-sebut memberikan gagasan dan wawasan yang berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya mungkin merupakan karya klasik yang dibaca oleh semua orang. Nah, berikut adalah rekomendasi buku-buku yang wajib dibaca setelah menjadi mahasiswa. 

10 Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca Oleh Mahasiswa

What I Wish I Knew When I Was 20 oleh Teena Seelig

buku yang wajib dibaca mahasiswa

Sumber: goodreads.com

Dalam buku ini, penulisnya yaitu Tina Seelig membuat daftar hal-hal yang ia harap ia ketahui ketika akan kuliah untuk putranya yang akan kuliah. Ada banyak pesan dan nasihat yang dapat kamu ambil, seperti bagaimana menjadi lebih kreatif, menciptakan keberuntungan, serta nasihat untuk hidup dengan baik lainnya. 

How to Become a Straight-A Student oleh Cal Newport

rekomendasi buku

Sumber: goodreads.com

Karya ini merupakan tuntunan lengkap bagi kamu yang sama sekali belum memiliki gambaran mengenai kehidupan berkuliah. Kamu akan menemukan strategi agar kehidupanmu sebagai mahasiswa lebih terstruktur namun tetap menyenangkan untuk dijalani. Mulai dari strategi belajar, mempersiapkan ujian, membagi waktu, hingga bagaimana mengatasi menunda-nunda pekerjaan. 

1984 oleh George Orwell

Sumber: goodreads.com

1984 adalah novel satire yang terbit pada tahun 1949. Orwell menggambarkan dengan baik segala bentuk kecurangi penguasa dan kepentingan politik. Novel ini membawa banyak gagasan yang segar dan tetap relevan hingga saat ini. 

To Kill a Mockingbird oleh Harper Lee

rekomendasi buku

Sumber: goodreads.com

Buku ini adalah novel yang bercerita tentang gadis muda yang tumbuh dengan melalui banyak petualangan, keseruan dan hubungan erat dengan orang sekitar. Banyak hal yang dialaminya termasuk ketidakadilan. Sebagai pembaca, akan banyak yang kamu dapat pelajari melalui novel klasik yang terbit tahun 1960 ini. 

Rich Dad Poor Dad oleh Robert T. Kiyosaki

bacaan mahasiswa

Sumber: goodreads.com

Buku ini adalah buku wajib bagi kamu yang ingin menjadi handal dalam mengelola finansial. Banyak orang beranggapan bahwa buku ini ibarat financial bible atau kitab finansial yang wajib kamu baca untuk mengerti lebih baik mengenai konsep keuangan. Gagasan penulis disampaikan dengan perumpamaan “poor dad” dan “rich dad”. 

The Alchemist oleh Paulo Coelho

buku yang wajib dibaca mahasiwa

Sumber: goodreads.com

Buku ini adalah sumber dari ungkapan terkenal “when you really want something, the whole universe conspires in helping you to achieve it”. Novel yang menjadi secara umum memberikan gagasan mengenai “pencarian jati diri” yang menginspirasi pembacanya untuk mengejar apa yang diinginkan tanpa rasa takut. 

The Subtle Art of Not Giving a F— oleh Mark Manson

Salah satu hal yang sering diabaikan orang-orang ketika beranjak dewasa adalah bagaimana untuk bersikap “bodo amat” terhadap banyak hal dalam hidup. Bagi kamu yang ingin menjadi dewasa dengan tidak terbebani banyak hal, buku ini wajib kamu baca. Ada banyak pencerahan mengenai hal-hal yang sebaiknya tidak kita pedulikan dan pikirkan demi hidup lebih mudah. 

Justice: What’s the Right Thing to Do? oleh Michael Sandel

justice

Sumber: goodreads.com

Jika kamu adalah pemerhati isu sosial, buku ini adalah salah satu buku yang wajib kamu baca. Pada buku ini diperkenalkan bagaimana untuk melihat berbagai hal dengan critical thinking. Gagasan ini tentunya membantu untuk dapat memahami dengan adil isu-isu yang terjadi dan apa yang sebaiknya dilakukan. 

A Brief History of Time oleh Stephen Hawking

a brief history of time

Sumber: goodreads.com

A Brief History of Time adalah buku sains populer karya Stephen Hawking yang legendaris. Buku ini membahas berbagai hal dalam kosmologi, mulai dari Big Bang, Black Hole dan sebagainya. Karya ini adalah bacaan wajib bagi kamu yang memiliki ketertarikan dengan sains dan alam semesta. 

Selfish Gene oleh Richard Dawkins

the selfish gene

Sumber: goodreads.com

Salah satu bacaan paling direkomendasikan bagi pencinta sains dan biologi adalah Selfish Gene oleh Richard Dawkins. Buku ini menawarkan gagasan baru yang menentang gagasan lama mengenai evolusi yang terfokus pada organisme dan kelompok. Dawkins mengekspresikan pandangan evolusinya yang berpusat pada gen dengan istilah selfish gene. 

Manakah yang sudah kamu baca?

Jika kamu cenderung membaca buku-buku yang ringan di bangku sekolah, maka kamu perlu bacaan yang sedikit lebih “mencerahkan” setelah menjadi mahasiswa. Kesepuluh judul buku di atas juga dapat menemanimu ketika jauh dari keluarga saat kuliah ke luar negeri. Sebelum itu, kamu dapat merencanakan studimu di luar negeri dengan SUN Education. Kunjungi kantor cabang terdekat di kotamu ya!

Comments are closed.