jurusan manajemen bisnis
Ingin Kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis? Ketahui Ini!
7 Juli 2020
pengalaman kuliah di kanada
Mengapa Pengalaman Kuliah di Kanada Spesial?
10 Juli 2020

5 Cara Cepat Lulus Kuliah Jika Ingin Lulus Tepat Waktu

cara cepat lulus kuliah

cara cepat lulus kuliah

Kuliah adalah salah satu tahap pendidikan yang wajib diselesaikan untuk menambah ilmu dan memperbesar peluang karir. Normalnya, durasi pendidikan S1 di Indonesia adalah 3,5 hingga 4 tahun jika diselesaikan tepat waktu. Meski demikian, tidak jarang mahasiswa yang masih terjebak di kampus hingga ke tahun kelima bahkan lebih. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi lamanya waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan perkuliahan. Namun, jika kamu menerapkan beberapa cara cepat lulus kuliah, kamu akan dapat menyelesaikan studimu tepat waktu. 

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Mulai Kuliah

lulus tepat waktu

Sumber: Freepik

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, kamu wajib menentukan target dan memastikan bahwa jurusan yang akan kamu ambil benar-benar sesuai dengan karir yang dicita-citakan. Kedua hal tersebut akan memberi pengaruh mendasar bagi motivasimu dalam menjalani dan menyelesaikan perkuliahan. Tidak jarang salah satu alasan mahasiswa kehilangan motivasi saat menyelesaikan studi adalah karena tidak merasa menyukai bidang perkuliahan mereka. 

Ketika kamu tidak menyukai bidang yang sedang kamu pelajari, kamu akan rentan mengalami kejenuhan dan kehilangan motivasi di tengah jalan. Jika kamu kehilangan motivasimu dalam melanjutkan studi, kamu akan cenderung mencari hal-hal lain yang dalam jangka panjang malah membuatmu semakin malas untuk melanjutkan studi. Bahkan jika kamu beralih pada hal-hal positif seperti aktif di organisasi atau bekerja paruh waktu pun akan mempengaruhi studimu jika dilakukan secara berlebihan. 

Baca Juga : Apa Saja yang Menjadi Khas Budaya Korea Selatan?

Hilangnya motivasi inilah yang seringkali menjadi penyebab awal bagi banyak mahasiswa terlambat untuk menyelesaikan studi mereka di bangku perkuliahan. Sebaliknya, mengetahui dan menjaga motivasi akan membuat banyak hal dalam perkuliahan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selanjutnya, kamu akan membutuhkan cara cepat lulus kuliah yang akan dirangkumkan oleh SUN Education. 

5 Cara Cepat Lulus Kuliah bagi Kamu yang Ingin Lulus Tepat Waktu

cara cepat lulus kuliah

Sumber: Freepik

Pada dasarnya setiap program studi di perkuliahan sudah dirancang untuk dapat diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Namun, untuk memaksimalkannya, kamu harus melakukan beberapa strategi dan rencana agar tetap pada jalur dan lulus tepat waktu. Berikut adalah lima cara cepat lulus kuliah yang bisa kamu terapkan untuk mempercepat studimu. 

Pahami kewajiban dasar mahasiswa sebagai pelajar

Hal pertama dan utama yang harus kamu pahami setelah berada di bangku perkuliahan adalah kewajiban utamamu sebagai mahasiswa yaitu belajar. Ketika kamu sudah memahami hal tersebut, kamu akan menjadi lebih fokus dalam menjalani studimu. Kamu akan meletakkan kewajibanmu sebagai pelajar di atas segala sesuatu lainnya di luar itu. Kamu akan dengan senang hati untuk mengikuti perkuliahan sesuai jadwal, mengerjakan semua tugas dan praktikum hingga mengerjakan penelitian dan tugas akhir. 

Menentukan target dan memaksimal rencana studi

Saat di tahun awal perkuliahan, sebaiknya kamu menentukan target kapan kamu akan lulus. Jika sudah demikian, kamu akan lebih mudah menyusun rencana studimu dan memaksimal eksekusinya. Pada dasarnya, dunia perkuliahan menuntut kamu untuk mengikuti semua bagian dari pembelajaran mulai dari menghadiri kelas, mengerjakan tugas dan mengikuti ujian. Jika kamu sudah melakukan semuanya dengan baik, kamu akan mendapat nilai yang baik pula. Dengan demikian, kesempatanmu untuk dapat memaksimalkan perkuliahan akan lebih terbuka lebar karena jatah SKS semester berikutnya pun akan menjadi maksimal. 

Baca Juga : Prospek Jurusan Teknik Sipil Menguntungkan, Kamu Tertarik?

Selain itu, jika kamu gagal dalam mata kuliah tertentu jangan tunda untuk segera mengulanginya. Beberapa kampus memiliki program semester pendek, kamu dapat memanfaatkannya untuk mengulang mata kuliah tersebut. Selain itu, semester pendek juga dapat kamu manfaatkan untuk mengambil mata kuliah yang ada di semester ganjil atau genap selanjutnya. Dengan demikian, beban perkuliahanmu di tahun selanjutnya akan semakin berkurang dan kamu bisa mulai memikirkan topik untuk tugas akhir atau skripsi. 

Tentukan prioritas setiap kegiatan

Hal lainnya yang kerap mengganggu fokus studi mahasiswa adalah aneka macam kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan selain belajar. Kegiatan ekstrakurikuler seperti terlibat organisasi, menjadi panitia acara serta bekerja paruh waktu adalah kegiatan-kegiatan lain yang umum dilakukan oleh mahasiswa. Meski semua hal tersebut memiliki manfaat tersendiri, bukan berarti kamu dapat mengenyampingkan studimu. Oleh karena itu, kamu harus menentukan prioritas setiap kegiatan yang kamu miliki, termasuk kegiatan perkuliahan. Jangan sampai kegiatan di luar perkuliahan menjadi lebih prioritas karena akan mengganggu studi. 

Selain itu, kamu juga harus belajar mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang manfaatnya seperti hangout bersama teman-teman atau kegiatan hura-hura lainnya. Hal ini meski tampak sederhana, nyatanya banyak mahasiswa menjadi lalai akan tugasnya sebagai mahasiswa akibat pergaulan. Hal ini bukan berarti kamu tidak boleh bersenang-senang dan menikmati masa muda, namun tetap tentukan prioritasnya. 

Belajar untuk membagi waktu dan memanfaatkannya secara efisien

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting dalam cara cepat lulus kuliah adalah membagi waktu untuk setiap kegiatan. Setelah menentukan prioritas bagi kegiatan yang dilakukan, selanjutnya kamu dapat membagi alokasi waktu untuk masing-masing kegiatan. Kamu mungkin dapat memulainya dengan mencocokan waktu untuk kegiatan lain berdasarkan waktu luang di luar jadwal kuliah dan praktikum. 

Terutama bagi kamu yang ingin mengisi masa kuliahmu dengan banyak kegiatan, hal ini harus selalu kamu terapkan. Jangan sampai banyaknya kegiatanmu tersebut mengganggu perkuliahan dan bahkan hidupmu. Mahasiswa yang terlalu sibuk dan banyak kegiatan seringkali mengabaikan kesehatan sehingga berujung dengan kelelahan bahkan sakit. 

Baca Juga : 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Menghadapi tugas akhir atau skripsi

Skripsi adalah hal lainnya yang sering membuat mahasiswa gagal lulus tepat waktu. Tidak sedikit mahasiswa yang menghabiskan banyak waktu untuk mencari topik yang akan dikaji atau diteliti, dan menyerah begitu tidak menemukan topik yang menarik. Padahal waktu untuk membuat rancangan penelitian tugas akhir dapat dihemat jika kamu sudah mencatat ide-ide yang muncul selama masa perkuliahan. Selain itu, ada baiknya kamu berfokus pada topik atau bidang yang benar-benar kamu kuasai. 

Di tahun-tahun akhir kuliah, biasanya sudah tidak terlalu banyak perkuliahan yang tersisa sehingga kamu bisa fokus pada tugas akhir. Sayangnya, banyaknya waktu luang membuat banyak mahasiswa mulai melakukan hal-hal lain di luar akademis seperti magang atau internship. Meski kedua hal tersebut sangat penting bagi kehidupanmu setelah lulus, namun jangan lupa dengan fakta bahwa kamu belum lulus. Kamu butuh menyelesaikan tugas akhir dan menulis skripsi agar dapat benar-benar terjun ke dunia kerja. Oleh sebab itu, kemampuanmu dalam menentukan prioritas dan membagi waktu harus selalu diterapkan. 

Berkomitmenlah!

komitmen

Sumber: Freepik

Nah, itu dia cara cepat lulus bagi kamu yang ingin menyelesaikan studi tepat waktu dan bahkan lebih awal. Hal-hal yang harus kamu lakukan tersebut akan terasa mudah jika kamu memiliki rencana dan motivasi yang jelas sejak awal. Selain itu, semua cara di atas hanya akan berhasil jika kamu memiliki komitmen yang kuat dalam melaksanakannya. Siap untuk berkomitmen lulus tepat waktu?

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!