7 Persiapan Penting Bagi Kamu dengan Target Kuliah di Inggris!
14 November 2020
Fakta Le Cordon Bleu Paris: Universitas ‘Culinary’ Terbaik di Prancis Almamater Chef Renatta Moeloek
16 November 2020

Cara Kuliah di Belanda Melalui Jalur Beasiswa

cara kuliah di belanda

Sumber: Freepik

Belanda merupakan salah satu negara favorit yang kerap kali dipilih oleh mahasiswa Indonesia untuk meneruskan studinya ke luar negeri. Berbagai cara pun ditempuh, termasuk cara kuliah di Belanda melalui jalur beasiswa.

Bagi mahasiswa yang memiliki kelebihan tertentu, beasiswa adalah salah satu jalan yang tepat untuk meneruskan kuliah di Belanda. Sebab dengan memilih jalur beasiswa, kamu bisa berkesempatan kuliah tanpa harus memikirkan biaya dan lainnya.

Hal tersebut merupakan kesempatan yang langka dan tidak akan datang dua kali. Terlebih hanya orang-orang khusus saja yang bisa memilih jalur beasiswa untuk bisa kuliah di luar negeri.

Cara Kuliah di Belanda dengan Beasiswa

kuliah di belanda

Sumber: Freepik

Nah, apabila kamu salah satu mahasiswa yang memiliki ketertarikan untuk kuliah di Belanda melalui jalur beasiswa, kamu bisa menyimak beberapa beasiswa yang bisa dicoba berikut ini:

1. Beasiswa dari Pemerintah Indonesia

Beasiswa yang satu ini, berasal dari pemerintah Indonesia. Kamu bisa mendaftar dua jenis program beasiswa yakni beasiswa LPDP dan juga beasiswa Kominfo. Dua jenis program beasiswa tersebut biasanya rutin dibuka pada setiap tahunnya. Kamu bisa berkesempatan untuk mencoba beasiswa ini agar bisa kuliah di Belanda.

2. Studeren in Nederland (STUNED)

Cara yang selanjutnya, cobalah beasiswa Studeren in Nederland  atau STUNED. Beasiswa ini berasal dari pemerintah Belanda. Beasiswa STUNED juga merupakan bagian dari kerjasama pemerintah Indonesia dan pemerintah Belanda. Kamu bisa mencoba dua program studi internasional dalam bahasa Inggris, yakni program short course selama 2-12 minggu dan juga master course selama 12-24 bulan.

STUNED memiliki uang kuliah rata-rata EUR 20.000,- per tahunnya untuk biaya hidup dan biaya lainnya yang kamu butuhkan untuk keperluan selama studi di Belanda.

3. Orange Tulip Scholarship

Program beasiswa yang bisa kamu coba selanjutnya, disediakan oleh Institusi Pendidikan Tinggi Belanda, Perusahaan Belanda hingga pemerintah Indonesia untuk WNI yang berminat melanjutkan studi ke Belanda. OTS atau Orange Tulip Scholarship menghadirkan program foundation, yang merupakan program bimbingan bagi kamu yang belum mahir berbahasa Inggris. Kamu bisa mencoba cara ini untuk mengikuti program Foundation, Bachelor (S1) atau juga Master (S2).

4. Orange Knowledge Programme

Orange Knowledge Programme adalah salah satu cara yang bisa kamu coba, untuk bisa langsung kuliah di Belanda. Beasiswa ini juga didanai oleh Ministry of Foreign Affairs of the Netherlands. Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini, kamu  harus bersaing dengan pelamar yang berasal dari 51 negara lainnya.Sedangkan kamu yang berasal dari Indonesia, ada beberapa bidang yang diprioritaskan diantaranya; Rule of Law, Water, Agriculture, hingga Sustainable Entrepreneurship.

5. Holland Scholarship

Cara selanjutnya yakni Holland Scholarship, yang merupakan salah satu beasiswa untuk melanjutkan studi ke Belanda tanpa biaya. Karena beasiswa yang satu ini, dibiayai penuh oleh Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda yang berkolaborasi dengan beberapa universitas di Belanda. Beasiswa ini khusus diperuntukkan bagi pelajar di luar Area Ekonomi Eropa, yang berminat melaksanakan program studi bachelor serta master. Dana rata-rata yang disediakan dari beasiswa ini mencapai EUR 5,000,-  yang umumnya diberikan pada tahun pertama kuliah.

Cara Lain untuk Kuliah di Belanda

kuliah di belanda

Sumber: Freepik

Itulah tadi beberapa cara kuliah di Belanda yang bisa kamu coba melalui jalur Beasiswa. Kamu bisa mencoba salah satu program beasiswa tersebut apabila ada kesempatan. Perlu diketahui bahwa program beasiswa umumnya memiliki kriteria yang tinggi sehingga hanya sedikit sekali yang berhasil mendapatkannya. Meski demikian, jangan berkecil hati, karena kamu masih bisa berkesempatan kuliah di Belanda dengan biaya sendiri. Kamu bisa mendiskusikan rencana studimu di Belanda dengan SUN Education, lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.