Kursus Bahasa Inggris di Gading Serpong
20 Juli 2022
Perbedaan Each dan Every yang Kamu Belum Tahu!
20 Juli 2022

Cara Lancar Bahasa Inggris yang Efektif dan Menyenangkan

Hi, guys! Apa kabar? Semoga kita semua dalam keadaan yang baik dan optimis ya! Berbicara mengenai skill bahasa Inggris, pastinya kita semua mau dong lancar dalam menggunakannya. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika memiliki kecakapan berbahasa Inggris yang oke. Mulai dari mudah memahami informasi dari sumber berbahasa Inggris, membantu studi kita, memudahkan kita mendapat pekerjaan yang bagus, hingga menjalin pertemanan dengan orang-orang dari mancanegara. Lalu, bagaimana cara lancar menggunakan bahasa Inggris? Yuk kita simak tips-tips menarik berikut ini!

1. Membaca buku atau artikel dengan topik yang sesuai minatmu

Buku adalah jendela ilmu. Ya, ungkapan itu benar adanya. Salah satu jalan untuk mendapatkan informasi adalah dengan membaca buku. Namun demikian, di era teknologi canggih sekarang ini, buku tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak, tetapi juga dalam bentuk elektronik. Untuk itu, kamu bisa memiliki sumber informasi yang lebih beragam. Pilihlah bacaan berbahasa Inggris dengan topik yang ringan untuk memulai kebiasaan membaca. Topik-topik tentang isu terkini bisa jadi pilihan bagus yang perlu kamu pertimbangkan. Jika tidak, informasi dari dunia hiburan pun bisa menjadi referensi kamu. Yang terpenting adalah kamu menikmati kegiatan membaca tersebut dan tidak merasakan tekanan yang berarti. Dengan membaca, kamu akan memiliki cukup pengetahuan yang bisa membantumu lancar dalam berbicara ketika membahas suatu topik dengan temanmu. Menguntungkan, bukan?

2. Menirukan dialog film sebagai cara menarik lancar bahasa Inggris

Selain membaca, cara menarik lain yang bisa kamu coba agar lancar menggunakan bahasa Inggris adalah dengan menonton film. Tidak dipungkiri bahwa kegiatan ini adalah hal menyenangkan yang mempunyai segudang manfaat. Pertama, kamu bisa memperoleh kosakata baru dari film yang kamu tonton. Selain itu, mendapat pengetahuan tentang budaya lain juga merupakan keuntungan dari menonton film. Sembari menonton film, kamu bisa menirukan dialog dari aktor yang sedang berperan. Cara ini bagus sekali untuk melatih kemampuan melafalkan dengan artikulasi dan intonasi yang natural.

3. Berlatih bersama teman atau komunitas

Salah satu tujuan dari memiliki kecakapan dalam bahasa Inggris adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Untuk itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan ini, kamu juga perlu melatihnya dengan melakukan praktik bersama temanmu. Jika belum memiliki teman berlatih, kamu bisa mencari komunitas pertemanan melalui internet yang mengizinkan kamu untuk berteman tidak hanya dengan orang Indonesia, tapi juga mereka dari berbagai negara. Selain itu, kamu pun bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris di mana kamu akan bertemu dengan teman-teman seperjuangan yang memiliki visi yang sama untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Mempunyai support system akan membuatmu lebih semangat dan tidak merasa berjuang sendirian.

4. Miliki mentor yang supportive

Practice bersama teman-teman tentulah sangat menyenangkan. Namun demikian, kamu juga membutuhkan mentor yang bisa memonitor perkembangan kamu dalam belajar. Seorang mentor akan mengapresiasi kemajuan yang kamu buat, sehingga kamu terpacu untuk tetap belajar. Tidak hanya itu, mentor juga dapat memberi feedback dan masukan jika ada kesalahan yang kamu perlu perbaiki selama proses belajarmu. Kehadiran mentor juga memberi akses untuk kamu bertanya tentang kesulitan yang kamu temui saat berlatih. Dengan demikian, memiliki mentor bisa membuat proses belajar menjadi efektif dan efisien karena kamu mendapat arahan yang tepat. Dari sini kamu bisa membuat progress yang signifikan dalam meningkatkan kelancaran berbahasa Inggris.

5. Jangan takut membuat kesalahan

Setelah mendapatkan lingkungan yang mendukung kamu, baik teman maupun mentor, motivasi terbesar yang kamu perlukan berasal dari internal dirimu sendiri. Positive mindset memegang peranan penting untuk membuat progress. If you think you can do it, you’re right. And if you think you cannot do it, you’re right, too. So, tetap berpikir positif dan jangan takut membuat kesalahan.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris. Kamu juga bisa berbagi cara lainnya agar lancar bahasa Inggris, baik dalam akademik, pekerjaan, maupun pergaulan.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan