Jurusan Bisnis Internasional , Kayak Gimana Sih?
15 September 2022
Alasan Kenapa Universitas Manchester Jadi Incaran Mahasiswa Indonesia
19 September 2022

Mahasiswa, Udah Tau Cara Membuat College Application Essay yang Benar?

cara membuat essay yang benar

Saat kamu ingin apply kuliah di luar negeri, seringkali salah satu persyaratannya adalah menyertakan esai. College essay nggak cuma jadi medium bagi kamu memamerkan keterampilan menulis, salah satu ciri ciri esai adalah ini juga satu-satunya bagian dari aplikasi perguruan tinggi di mana cara pandang dan suaramu sebagai mahasiswa bisa benar-benar bersinar. Untuk itu, kamu perlu tau cara membuat essay yang benar!

Apa itu essay untuk kuliah? Nggak sama seperti transkrip nilai dan ijazah, college application essay memberikanmu kesempatan untuk menunjukkan kepribadianmu. Pastinya calon mahasiswa ingin esai mereka, yang terkadang disebut personal statement, untuk membuat kesan yang baik dan meningkatkan peluang untuk diterima.

 

BACA JUGA: Contoh Struktur Penulisan Essay Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

 

Step Pertama Cara Membuat Essay yang Benar

Pertama-tama, kamu harus tau apa itu essay? Esai pada umumnya adalah tulisan yang memberikan argumen penulisnya sendiri. Ciri-ciri esai sendiri biasanya mirip dengan beberapa tulisan panjang lainnya seperti makalah, surat, artikel, pamflet, hingga cerpen.

Nah, first step dari cara membuat essay yang benar adalah pemilihan waktu pengerjaannya sendiri. Intinya, kamu harus menemukan waktu yang pas untuk mulai mengerjakannya.  Banyak pakar yang berpendapat bahwa waktu yang pas adalah masa liburan sebelum kamu memulai tingkat SMA kelas 3. Masa-masa ini pas banget karena berlangsung saat pekerjaan rumah dan kegiatan ekskul nggak menyita waktu dan energi mentalmu.

Memulai lebih awal juga akan memberikanmu banyak spare waktu untuk mengerjakan beberapa draft esai sebelum tenggat pendaftaran universitas. Pokoknya harus inget, jangan sampe jadi pejuang deadline alias jangan mepet ngerjain esai kamu!

Nah, selain main essay, beberapa perguruan tinggi di luar negeri juga meminta calon mahasiswa mereka untuk submit satu atau lebih sample tulisan tambahan. Mereka diminta untuk menjelaskan alasan tertarik pada universitas atau bidang akademik tertentu dalam esai tambahan ini, yang umumnya lebih pendek daripada esai utama.

Seharusnya Berapa Panjang College Application Essay?

Beberapa sumber menyatakan bahwa untuk esai utama, biasanya pihak universitas meminta calon mahasiswa untuk menulis sekitar 650 kata. Pihak perguruan tinggi lebih menyukai esai yang tidak bertele-tele dan bisa menarik perhatian secara cepat dan singkat.

Cara Memilih Topik Essay

Langkah selanjutnya dari cara membuat essay yang benar adalah memilih topik yang tepat. Untuk mengetahui cara membuat essay yang baik, kamu harus bisa menentukan topik penulisan yang mencerminkan cara pandang sebagai penulis.

Biasanya universitas nggak menetapkan topik essay. Essay cenderung luas dengan pertanyaan terbuka karena memang salah satu ciri-ciri esai adalah memberikan kebebasan untuk menulis tentang berbagai topik. 

Walaupun topiknya bebas, kamu perlu tau bahwa essay berbeda dari otobiografi seperti yang tertera dalam penjelasan apa itu essay di atas. Akan sangat sulit menuangkan seluruh pengalaman hidup dan beragam cara pandang dalam satu essay yang singkat.

Sebaliknya, para ahli menyatakan bahwa calon mahasiswa harus mempersempit fokus mereka dan menulis tentang pengalaman, hobi, atau kekhasan tertentu yang mengungkapkan sesuatu yang pribadi. Cara membuat essay yang baik adalah kamu bisa menuangkan bagaimana caramu berpikir, apa yang kamu hargai, atau apa nilai-nilai yang menjadi kekuatanmu. 

Penulisan Essay yang Tepat

Terlebih lagi, cara membuat essay yang benar lainnya bersinggungan dengan caramu menulis mengenai sesuatu yang menggambarkan aspek latar belakangmu. Yang terpenting, college essay kamu menceritakan sebuah kisah yang mencerminkan cara pandang dan kepribadianmu sebagai seorang siswa.

 

BACA JUGA: Contoh Personal Statement yang ‘Menyentuh’ untuk Kamu Pencari Scholarship!

 

College essay harus memberitahu petugas penerimaan perguruan tinggi sesuatu yang belum mereka ketahui. Kamu harus memastikan untuk menulis tentang sesuatu yang tidak disebutkan di tempat lain dalam aplikasimu. 

Udah dicatet belum? Itu beberapa cara membuat essay yang benar dan cara membuat essay yang baik yang penting untuk kamu ketahui! Kita udah membahas banyak banget topik mulai dari ciri-ciri esai hingga apa itu essay sendiri. Lengkap kan pembahasannya? Jangan lupa diterapkan saat proses aplikasi kuliah di luar negeri nantinya ya!

Biar nggak kudet alias kurang update soal info studi di luar negeri, bekali dirimu dengan informasi kuliah terlengkap dan paling ringkas hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash,

Tinggalkan Balasan