Seperti Apa Rasanya Kuliah di Inggris? 
15 Februari 2020
biaya kuliah di Perancis
Perancis: Destinasi Studi Favorit Mahasiswa International
17 Februari 2020

6 Cara Memilih Jurusan Kuliah

cara memilih jurusan kuliah

cara memilih jurusan kuliah

Jurusan kuliah adalah hal yang harus kamu pertimbangkan matang-matang karena benar-benar telah mengarah kepada masa depanmu. Ada banyak hal yang harus kamu pikirkan dan pertimbangkan sebelum menentukan ingin mempelajari apa dan dimana. Untuk menentukannya kamu mungkin juga butuh diskusi panjang dengan banyak orang dan butuh untuk mengumpulkan banyak informasi. 

Bagaimana cara memilih jurusan kuliah?

cara memilih jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Berikut adalah cara menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan latar belakang ilmu, serta mendukung apa yang ingin kamu lakukan kedepannya. 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA 2020

1. Sesuaikan dengan bidang dasar yang telah dipelajari di SMA

Saat masuk SMA, kamu akan diminta untuk memilih ketertarikan bidang ilmu secara umum yaitu IPA dan IPS atau MIPA dan Soshum. Sebelum menentukan jurusan yang akan kamu ambil, hal pertama yang kamu lakukan adalah menyesuaikan bidang yang akan kamu pilih dengan dasar yang telah kamu miliki sejak di bangku SMA. Bukan berarti anak MIPA tidak boleh mengambil bidang-bidang soshum atau sebaliknya. Studimu di tingkat perguruan tinggi akan lebih mudah jika kamu mempelajari bidang yang sudah kamu pelajari dasar-dasarnya di SMA. 

2. Pilih yang sesuai dengan ketertarikan

Apa hal yang paling membuatmu tertarik dan selalu membuatmu bergairah untuk mempelajarinya? 

Apapun yang ingin kamu pelajari di tingkat perguruan tinggi haruslah hal yang membuatmu tertarik dan bergairah untuk mempelajarinya. Salah satu cara memilih jurusan kuliah sesuai bakat adalah mencari tahu hal ini terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Jika kamu tidak mempertimbangkan ini dan memilih jurusan yang tidak sesuai, kamu mungkin akan tidak menyukai proses perkuliahanmu nanti. Selain itu, kamu juga bisa kehilangan motivasi untuk melanjutkan studimu, atau bahkan sama sekali tidak lagi ingin melanjutkannya. 

3. Pikirkan apakah kamu memiliki kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan

Cara memilih jurusan kuliah yang tepat selanjutnya adalah menyesuaikan kemampuan yang kamu miliki dengan bidang yang ingin kamu pelajari. Suatu bidang pasti membutuhkan setidaknya satu keahlian atau pemahaman yang baik pada ilmu terkait. Sebelum kamu memutuskan untuk mengambil atau memilihkan jurusan tertentu, kamu perlu memikirkan apakah kemampuan yang kamu miliki sesuai untuk itu. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Jika kamu ingin menjadi dokter, setidaknya kamu harus memiliki ketertarikan dalam bidang medis yang didukung pemahaman yang baik pada mata pelajaran biologi. Sementara jika kamu ingin menjadi ahli di bidang teknik, kamu butuh kemampuan matematika dan fisika yang memadai. 

cara memilih jurusan kuliah

Sumber: Freepik

4. Pertimbangkan peluang kerja

Setelah lulus kuliah nanti, kamu akan kembali ke tengah masyarakat untuk bekerja dan mengaplikasikan ilmu yang telah kamu pelajari. Oleh sebab itu, kamu juga perlu mencari tahu apakah jurusan yang kamu inginkan memiliki peluang kerja yang baik. Selain itu kamu juga perlu memperkirakan apakah tenaga ahli di bidang tersebut masih akan banyak dicari beberapa tahun dari saat ini. Dengan begitu, diharapkan kamu tidak akan kesulitan mencari pekerjaan dan mengembangkan kemampuanmu setelah lulus kuliah. 

5. Temukan universitas yang menawarkan program yang menawarkan bidang yang diinginkan

Di tahap ini kamu sudah harus telah mengetahui bidang apa yang ingin kamu pelajari dan dalami di tingkat perguruan tinggi. Bidang tersebut haruslah telah sesuai dengan ketertarikan dan kemampuan kamu, serta memiliki prospek kerja yang berpeluang besar dalam beberapa tahun ke depan. Selanjutnya, kamu hanya tinggal mencari universitas mana saja di dalam maupun luar negeri yang menyediakan program yang sesuai dengan bidang tersebut. 

Cara memilih jurusan kuliah sesuai kemampuan di tahap ini mungkin akan memakan banyak waktu, karena ada banyak sekali universitas. Kamu dapat mulai dari menentukan negaranya dan mencari informasi tentang reputasi universitasnya. Di SUN Education Mobile App, kamu dapat mencari informasi mengenai ratusan universitas di 16 negara di dunia lengkap dengan jurusannya, lho!

Baca Juga : Bagusan Mana? Kuliah di Luar Negeri VS di Dalam Negeri

6. Diskusikan dengan orang tua, pembimbing akademik atau konsultan pendidikan

Dalam menentukan universitas dan program yang cocok buatmu, kamu mungkin akan butuh banyak berdiskusi. Kamu bisa meminta saran dan pendapat dari orang tua atau keluarga, pembimbing akademik di sekolah, maupun konsultan pendidikan. Manfaatkan kesempatan untuk berdiskusi dan mencari informasi ini sebaik-baiknya ya! 

Selamat menentukan pilihan!

caramemilih jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Cara memilih jurusan kuliah memang butuh proses panjang yang sebaiknya sudah kamu rencanakan sejak awal masuk SMA. Selain membuat prestasi akademik yang baik di SMA, gunakan waktumu untuk menambah ilmu di bidang yang ingin kamu pelajari lebih lanjut ya. Kamu juga harus menyempatkan waktu untuk mempersiapkan studimu di tingkat universitas. 

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!