‘2020 still on Hi-Tech!’: Universitas Luar Negeri dengan Computer Science Terbaik
21 November 2020
Kuliah di Belgia vs Belanda: Beda atau Sama Berkualitasnya?
23 November 2020

Sudah Tahu Cara Mendaftar Kuliah di Inggris Belum?

cara mendaftar kuliah di Inggris

Sumber: Freepik

Minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi ke Inggris baik di tingkat S1 maupun S2 termasuk yang cukup tinggi dari tahun ke tahun. Namun, karena merupakan negara dengan sistem pendidikan yang berbeda dengan Indonesia, membuat banyak orang mengira bahwa cara agar dapat berkuliah di Inggris akan sulit. Padahal, jika diperhatikan dengan seksama dan disertai dengan bimbingan yang tepat, prosesnya tidak akan sesulit yang dibayangkan. 

Nah, sebelum kita masuk ke bagian tahap demi tahap cara mendaftar kuliah di Inggris, berikut beberapa alasan yang membuat Inggris menjadi salah satu destinasi studi terbaik untuk melanjutkan pendidikan, baik ke jenjang S1, S2, maupun S3. 

5 Alasan Utama untuk Melanjutkan Studi di Inggris

mendaftar kuliah

Big Ben, London, UK. Sumber: Freepik

1. Sejarah yang panjang dalam bidang pendidikan

Inggris memiliki sejarah yang panjang dalam hal pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya institusi pendidikan di Inggris yang telah berusia ratusan tahun dan masih beroperasi hingga saat ini. Dari masa ke masa, inovasi dalam bidang pendidikan terus dilakukan di Inggris sehingga menjadikan negara ini sebagai salah satu negara yang progresif dalam bidang pendidikan. Jutaan pelajar dari berbagai negara mengincar universitas-universitas di Inggris setiap tahunnya. 

2. Institusi pendidikan yang berkualitas dan diakui secara internasional

Peringkat universitas terbaik di dunia dari tahun ke tahun selalu menempatkan banyak institusi pendidikan di Inggris pada jajaran posisi teratas. Hal ini disebabkan sejarah yang panjang dalam dunia pendidikan yang juga berdampak pada kualitas pendidikan tinggi di Inggris secara umum. Ada banyak sekali institusi yang dikenal terdepan dalam hal riset dan penelitiannya dalam berbagai bidang ilmu dan pendidikan. Penelitian universitas-universitas tersebut tidak hanya diakui di Inggris namun juga seluruh dunia. 

3. Pilihan disiplin ilmu yang sangat beragam

Ada dua jenis universitas di Inggris yaitu yang berfokus pada bidang ilmu-ilmu murni serta yang berfokus pada ilmu-ilmu modern. Universitas yang lebih tua biasanya menitikberatkan studi pada penelitian dalam ilmu-ilmu tradisional. Sementara universitas yang lebih baru cenderung menawarkan pilihan bidang yang lebih modern dan variatif yang lebih menekankan pada pengajarannya. Melanjutkan studi di Inggris berarti melanjutkan studi di negara dengan pilihan fokus dan disiplin ilmu yang sangat beragam. 

4. Durasi studi lebih singkat

Tahukah kamu bahwa United Kingdom memiliki durasi studi yang lebih singkat dibandingkan dengan negara-negara lainnya? Bagi kamu yang sudah menempuh pendidikan sekolah dengan kurikulum internasional, melanjutkan studi di Inggris akan membuatmu lulus lebih cepat. Durasi studi S1 di Inggris umumnya adalah tiga tahun, sementara studi S2 biasanya dapat diselesaikan dalam satu tahun saja. Namun jika kamu sekolah dengan kurikulum nasional, kamu harus mengambil program Foundation terlebih dahulu selama satu tahun. 

5. Negara yang multikultural

Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa Inggris adalah negara yang sangat multikultural dan ramah untuk pendatang. Melanjutkan studi di negara ini akan memberikan banyak manfaat pergaulan internasional karena kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Kamu juga akan menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan dan menjunjung tinggi toleransi. Hal ini juga akan memudahkan kamu untuk pergaulan internasional dalam dunia kerja ke depannya. 

Cara Mendaftar Kuliah di Inggris

universitas di Inggris

King’s College Chapel, Cambridge, UK. Sumber: Freepik

1. Tentukan pilihan universitas dan jurusan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mendaftar kuliah di Inggris adalah menentukan universitas dan jurusan yang akan kamu pilih. Dalam menentukan hal ini, kamu lebih baik banyak mencari tahu dan berdiskusi dengan orang yang berpengalaman. Kamu juga dapat menghadiri Info Session dari universitas-universitas yang kamu inginkan. 

Selain itu, kamu juga sebaiknya sudah mengenali bakat, ketertarikan, serta bidang yang kamu inginkan untuk berkarir di masa depan. Penting untuk diingat bahwa apa yang kamu pelajari di bangku kuliah nantinya akan sangat berpengaruh terhadap karirmu di masa depan. Oleh karena itu perlu dipikirkan dan direncanakan dengan benar-benar matang. 

2. Menentukan waktu pendaftaran

Sebagian besar perkuliahan di Inggris dimulai pada sekitar musim gugur yaitu pada bulan September atau Oktober. Meski demikian, beberapa program tertentu mungkin dimulai pada bulan Januari atau Juni. Perlu diketahui bahwa  pendaftaran untuk perkuliahan di Inggris umumnya dibuka dari sekitar akhir tahun hingga awal tahun berikutnya. 

Oleh karena itu, jika kamu sudah menentukan pilihan, maka sebaiknya segera bersiap untuk melakukan pendaftaran. Biasanya batas pendaftaran melalui UCAS adalah tanggal 15 Januari setiap tahun. Pastikan kamu sudah mempersiapkan pendaftaranmu sebelum batas waktu tersebut, ya. 

3. Persiapan dokumen

Hal penting selanjutnya yang perlu kamu persiapan adalah berkaitan dengan dokumen, yaitu IELTS dan Personal Statement. Untuk IELTS, kamu dapat mengambil tesnya beberapa bulan sebelum melakukan pendaftaran jika belum ada. Masa berlaku IELTS adalah 2 tahun, jadi pastikan IELTS yang kamu miliki masih berlaku pada saat kamu mendaftar. 

Sementara itu, personal statement adalah esai yang berisi pernyataan pribadi kamu mengenai alasan dan rencana studimu di negara tujuan. Hal ini adalah salah satu hal yang perlu dipersiapkan dan ditulis dengan sebaik dan semenarik mungkin. Penting untuk diperhatikan bahwa kamu harus menyertakan fakta dan gagasan secara seimbang. 

4. Cara Mendaftar Kuliah di Inggris melalui UCAS

Kamu tidak dapat secara langsung mendaftar ke universitas di Inggris, melainkan melalui UCAS (Universities and Colleges Admissions Service). Dengan cara tersebut kamu dapat mendaftar 5 program studi baik di satu universitas, maupun di 5 universitas yang berbeda. Oleh karena itu, kamu sebaiknya sudah benar-benar memutuskan dengan matang. 

Kamu akan diminta memasukkan data pendidikan dan juga personal statement ketika melakukan pendaftaran melalui UCAS. Pada bagian catatan akademik atau data pendidikan, kamu juga dapat mencantumkan prestasi dan kualifikasi yang pernah dicapai. Tentunya akan lebih baik jika berkaitan dengan bidang yang akan kamu pelajari. 

5. Menggunakan jasa Konsultan Pendidikan

Ketika pendaftaranmu diterima, universitas akan memberikan notifikasi mengenai persyaratan lanjutan, seperti penulisan esai, wawancara hingga tes lanjutan. Jika sudah diterima, kamu akan diminta untuk melakukan submit dokumen, pembayaran dan lain-lain. Pada tahapan ini kamu mungkin akan menemui hal-hal yang membingungkan.

Jika kamu kesulitan untuk mencari informasi mengenai studi di luar negeri maupun pengurusannya, maka kamu dapat berkonsultasi dengan konsultan pendidikan. Biasanya, selain menyediakan jasa konsultasi mengenai pilihan program studi dan universitas, kamu juga akan dibantu dalam hal administrasi, pendaftaran, pengurusan visa dan lain-lain. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu. 

Comments are closed.