tes toefl online gratis bersertifikat
Tes TOEFL Online Gratis Bersertifikat, Memangnya Ada?
25 Mei 2021
jurusan bahasa bisa masuk fakultas apa saja
Jurusan Bahasa Bisa Masuk Fakultas Apa Saja? Cari Tahu Jawabannya di Sini!
25 Mei 2021

Cara Mengurus Visa Pelajar ke China

mengurus visa china

Source: Envato

Jika kita bandingkan dengan sebagian besar negara berkembang lainnya, China termasuk unggul dalam banyak hal termasuk pendidikan dan perdagangan. Kualitas pendidikan yang bersaing, serta banyaknya institusi terkemuka yang membuka kampus internasional di China menjadikan China layak menjadi destinasi untuk melanjutkan studi. Tidak heran jika banyak pelajar Indonesia mulai melirik China sebagai destinasi studi yang potensial. Nah, kali ini SUN Education akan berbagi cara mengurus visa China bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di negara tersebut. 

Jenis-jenis visa Pelajar ke China

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengurus visa pelajar ke China, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis visa yang biasa digunakan pelajar. 

Visa F

Jenis visa ini berlaku untuk berbagai kepentingan kunjungan singkat seperti pertukaran pelajar, pertukaran budaya, dan kunjungan lain sejenisnya. Biasanya aktivitas-aktivitas yang termasuk dalam jenis visa ini bersifat resmi, baik dari lembaga negara maupun swasta. 

Visa X1

Jika kamu akan mengunjungi China untuk kepentingan studi jangka panjang, maka jenis visa ini adalah yang paling tepat untukmu. Studi jangka panjang adalah studi dengan durasi lebih dari 180 hari, seperti program gelar di tingkat perguruan tinggi pada umumnya. 

Visa X2

Merupakan visa untuk pelajar internasional yang mengunjungi China untuk studi jangka pendek. Jangka pendek adalah yang berdurasi tidak lebih dari 180 hari. Kamu bisa menggunakan jenis visa ini jika mengambil program kursus yang berdurasi beberapa minggu atau beberapa bulan saja. 

Tipe Visa China (Number Entry)

mengurus visa china

Source: Envato

 

Selain jenis visa pelajar, hal lain yang mungkin kamu perlu ketahui adalah tipe-tipe visa China berdasarkan penggunaannya. 

Single Entry Visa

Seperti namanya, tipe visa ini hanya dapat digunakan untuk satu kali kesempatan mengunjungi China. Jika kamu kembali ke tanah air dan akan kembali ke China lagi beberapa waktu kemudian, maka kamu harus mengurus ulang. Single entry visa biasanya berlaku untuk kunjungan singkat satu waktu dengan kunjungan tidak lebih dari 30 hari. Meski demikian, beberapa visa untuk kunjungan jangka panjang, termasuk visa X1 biasanya juga diberikan tipe single entry ini. 

Double Entry Visa

Visa double entry ini bisa kamu gunakan untuk melakukan dua kali perjalanan ke China. Misalnya ketika kamu akan mengunjungi China, lalu keluar, dan akan kembali lagi ke China beberapa waktu kemudian. Nah, dengan double visa ini, kamu tidak perlu apply visa kembali untuk mengunjungi China setelah kunjungan pertama. Syarat untuk mendapatkan double entry visa adalah kamu harus telah merencanakan perjalananmu tersebut sejak sebelum keberangkatan pertama. 

Multiple Entry Visa

Pemegang visa multiple entry dapat memasuki China berkali-kali dalam jangka waktu tertentu. Pengunjung bisa mendapatkan visa ini untuk jangka pendek (3, 6 bulan), maupun jangka panjang (1, 2, 5, 10 tahun). Selama visa ini berlaku, pemegangnya dapat keluar masuk China berkali-kali tanpa batasan. Jika kamu adalah orang asing yang akan bolak-balik ke China karena berbagai kepentingan, maka sebaiknya kamu mengurus jenis visa ini. 

Visa 5 Tahun dan Visa 10 Tahun

Dua jenis visa ini hanya untuk kalangan dan kepentingan terbatas. Visa 5 Tahun hanya diberikan kepada Etnis China yang berada di luar negeri, warga negara Inggris dan Amerika serta warga asing yang diundang ke China sebagai ahli. Sementara visa 10 tahun diberikan hanya untuk pemegang paspor Inggris, Amerika, Kanada dan Argentina yang berlaku termasuk untuk kepentingan turis. 

Mengurus Visa Pelajar ke China dalam 5 Langkah

mengurus visa china

Source: Envato

 

 

Mengurus visa mungkin terlihat sulit bagi kamu yang baru keluar negeri untuk pertama kalinya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan dalam mengurus visa untuk studi ke China. 

1. Akses Situs untuk Apply Visa

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengajukan visa China adalah dengan mengakses visaforchina.org. Dalam situs ini kamu bisa mencari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk pengajuan visa sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu akan ada juga panduan pengurusan visa secara lengkap dan bertahap. Pastikan kamu membaca panduan tersebut dengan baik, ya!

2. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Beberapa hal yang harus kamu persiapkan antara lain adalah paspor, formulir pengajuan visa, pas foto, bukti tiket pesawat, dan sebagainya. Selain itu, karena kamu mengunjungi China untuk keperluan studi, kamu juga harus telah memiliki surat penerimaan dari universitas atau institusi pendidikan di China. 

3. Penyerahan Dokumen di Visa Centre

Setelah semua dokumen tersedia, kamu harus menyerahkannya ke kantor visa untuk diproses. Ada 4 kantor visa yang bisa kamu kunjungi di 4 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Denpasar, Medan, dan Surabaya. Pastikan kamu mengunjungi kantor tersebut di jam kerja dan bukan di hari libur nasional atau akhir pekan. 

4. Pengecekan Proses Visa (Online)

Durasi pembuatan visa ke China biasanya tergantung jenis visa yang kamu ambil. Perlu diketahui bahwa visa kamu tidak akan diproses pada akhir pekan dan libur nasional. Meski demikian, kamu bisa memantau prosesnya dengan mengakses situs visaforchina.org. Kamu juga bisa membaca rincian informasi mengenai pengurusan visa di halam tersebut. 

5. Pengambilan Visa

Saat pengambilan visa di kantor pengurusan kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran, baik secara tunai maupun dengan menggunakan kartu debit/kredit. Sementara besar biaya pengurusannya akan disesuaikan dengan tipe visa yang sesuai dengan kebutuhanmu serta lama waktu pengerjaannya. Biaya pengurusan visa standar empat hari kerja untuk Single Entry adalah Rp540 ribu rupiah. 

Rencanakan Studimu ke China Sekarang!

Dalam hal pendidikan, China memang menjadi favorit bagi banyak pelajar dari Indonesia untuk berbagai tingkatan. Dengan banyaknya pilihan program studi dan universitas yang tersedia, ada kalanya kamu bingung harus memilih yang terbaik. Dalam situasi seperti ini, kamu bisa banget mengandalkan SUN Education mulai dari konsultasi, pendaftaran, hingga pengurusan keberangkatan. 

Dalam persiapan keberangkatan, SUN Education juga dapat membantumu dalam mempersiapkan asuransi dan akomodasi. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot jika alamat di negara tujuan sudah tersedia. Hal yang sama juga berlaku dalam untuk mengurus visa keberangkatan ke China. SUN Education akan dengan senang hati membantumu dan keluargamu. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!.

 

Tinggalkan Balasan