Jurusan Manajemen Kuliner
Yuk, Kenalan Sama Jurusan Manajemen Kuliner di Almamater Chef Renatta Moeloek!
3 Februari 2022
Ini Dia 4 Universitas di Inggris yang Banyak Orang Indonesianya!
Ini Dia 4 Universitas di Inggris yang Banyak Orang Indonesia!
4 Februari 2022

Cek di Sini Buat Tau Cara Mengurus Visa Pelajar ke Singapura!

Cara Mengurus Visa ke Singapura

Source: Unsplash

Singapura adalah salah satu destinasi studi terpopuler di kalangan mahasiswa Indonesia. Selain karena lokasi yang dekat, kualitas pendidikan dan universitas-universitas mereka yang top juga jadi alasan atas hal ini. Nah, sebelum angkat kaki buat studi, simak di sini dulu buat tau cara mengurus visa ke Singapura buat pelajar!

Kalau kamu mau belajar di Singapura, kamu bakal butuh visa pelajar atau Student’s Pass. Semua pengajuan permohonan Student’s Pass akan melalui situs resmi Immigration & Checkpoints Authority (ICA). 

Singapura nggak cuma jadi tujuan wisata terkenal aja, tapi juga jadi pilihan utama pelajar internasional yang sedang mencari pendidikan taraf internasional dengan kualitas hidup yang memadai.

For Singapore, size is not a problem! Meskipun kecil, Singapura merupakan hub ekonomi terbesar di Asia dan memegang beberapa pelabuhan terbesar dan terkuat di dunia.

Selain itu, sebagai rumah dari berbagai lembaga pendidikan yang diakui secara internasional, Singapura menarik ribuan siswa dari seluruh belahan dunia. Kamu pasti makin mau studi di sana, kan! Sebelumnya kamu perlu melakukan persiapan sematang mungkin sebagai calon mahasiswa.

Salah satu dokumen penting yang memungkinkan kamu belajar di Singapura adalah visa pelajar. Untuk tau lebih lanjut cara mengurus visa ke Singapura, don’t stop scrolling!

 

Persyaratan Student’s Pass

Cara Mengurus Visa ke Singapura

Source: Unsplash

Pertama, cara mengurus visa ke Singapura buat pelajar adalah mengetahui persyaratan yang perlu kamu penuhi. Kalau kamu berusia 19 tahun ke bawah pada saat melamar Student’s Pass dan kamu mau mengikuti kursus full-time di institusi pendidikan yang disetujui Private Education Organisation (PEO), aplikasimu akan diproses ICA secara langsung.

Sementara kalau kamu berusia di atas 19 tahun saat hendak melamar dan ingin ikut kursus bahasa, komersial, kejuruan atau seni rupa non-sarjana/pascasarjana, kamu mungkin perlu melalui proses wawancara dengan KBRI.

Biasanya, waktu pemrosesan permohonan Student’s Pass umumnya antara 2 hingga 4 bulan jika perlu wawancara. Tapi terkadang bisa lebih cepat juga dengan hanya membutuhkan sekitar 2 minggu hingga sebulan. 

Siswa internasional yang program studinya di Singapura berlangsung lebih dari 30 hari harus mengajukan Student’s Pass. Jadi kalo kamu berencana kuliah full-time di institusi pendidikan di Singapura, having a student visa is a must!

Pengajuan visa ini dilakukan paling lambat satu bulan sebelum kuliah dimulai dan paling cepat 2 bulan sebelum perkuliahan dimulai.

 

Dokumen yang Diperlukan

Cara Mengurus Visa ke Singapura

Source: Unsplash

Sebelum apply Student’s Pass atau visa pelajar Singapura, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen termasuk salinan asli, salinan notaris, dan fotokopi salinan notaris yang mencakup akta kelahiran, sertifikat pendidikan terakhir, rapor akademik tingkat pendidikan terakhir, dan laporan keuangan/bank.

 

Uang Jaminan

Source: Unsplash

Kalau memerlukan uang jaminan, kamu akan membayar dana ini di Singapura dan diterima ICA. Jumlah adalah SGD 5.000 dalam bentuk Banker’s Guarantee dari bank manapun di Singapura.

Sementara itu, masih ada biaya pemrosesan sebesar SGD 30 untuk setiap aplikasi yang diajukan ke ICA.

 

Cara Mengurus Visa ke Singapura

Source: Unsplash

Sebenarnya, persyaratan dan prosedur pengajuan Student’s Pass tergantung dari institusi pilihanmu. Persyaratannya berbeda-beda. Namun, syarat utamanya adalah kamu perlu terlebih dahulu mendapatkan surat penerimaan resmi dari salah satu institusi pendidikan tinggi di Singapura.

Universitas atau institusi yang telah menerimamu akan mengajukan permohonan Student’s Pass menggunakan sistem SOLAR (Student’s Pass Online Application and Registration System) milik ICA di Singapura. Mereka kemudian akan mengirimkan nomor pendaftaranmu agar kamu bisa memulai proses pengajuan di situs Student’s Pass Online Application and Registration (SOLAR).

Semua permohonan aplikasi Student Pass diajukan ke sistem SOLAR sistem pendaftaran resmi Singapura. 

Dalam waktu seminggu setelah program studi selesai, kamu harus mengembalikan Student’s Pass ke kantor imigrasi. Singapura sangat ketat dalam hal validitas pass. Oleh karena itu, siswa dengan Student’s Pass yang kedaluwarsa harus meninggalkan Singapura segera setelah tanggal yang sesuai ketentuan.

Pemegang Student’s Pass di Singapura mendapat izin untuk bekerja paruh waktu sambil belajar. Kamu nggak perlu lagi mengajukan Work atau Employment Pass jika pekerjaan kamu hanya memakan waktu maksimal 16 jam dalam seminggu.

Now you know! Itulah cara mengurus visa ke Singapura sebagai pelajar dan beberapa fakta penting lainnya! Jangan lupa konsultasikan rencana studimu ke Singapura dengan SUN Education, selain membantumu memilih universitas terbaik di sana, layanan kami termasuk pengurusan visa pelajar juga lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan