negara dengan biaya hidup termurah
Negara dengan Biaya Hidup Termurah untuk Kuliah
14 Januari 2020
cara cepat belajar toefl
Ingin Cepat Belajar TOEFL? Ikuti Cara Sederhana Ini!
16 Januari 2020

Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri

cara kuliah di luar negeri

Jika kamu terpikir untuk kuliah di luar negeri, kamu pasti mencari cara mudah untuk mewujudkannya. Kuliah di luar negeri tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi kamu dapat melihat hal tersebut sebagai investasi bagi karirmu di masa depan. Oleh sebab itu, kamu harus memperhitungkan segala sesuatunya dimulai dari kesiapanmu untuk kuliah ke luar negeri. 

Sebelum berangkat, ada banyak hal yang sebelumnya harus kamu persiapkan untuk membuat keinginanmu untuk kuliah di luar negeri jadi kenyataan.

cara kuliah di luar negeri

1. Kenali minat dan kemampuanmu untuk memilih bidang studi yang tepat

Banyak orang yang hanya ingin kuliah tahu cara dan syarat kuliah di luar negeri namun tidak benar-benar tahu apa yang akan mereka pelajari. Dalam kasus yang lebih serius, tidak sedikit orang yang merasa “salah jurusan” ketika sudah berada dalam perkuliahan. Sebenarnya, hal ini dapat diatasi jika sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu sudah mengetahui minat dan kemampuanmu. 

Baca Juga : Ingin Cepat Belajar TOEFL? Ikuti Cara Sederhana Ini!

Secara sederhana kamu dapat mengenali minat dan kemampuanmu dari hal-hal yang paling menarik perhatianmu atau hal-hal yang kamu dinilai cukup baik oleh lingkunganmu. Misalnya, jika kamu tertarik dengan bidang kesehatan, kamu dapat mulai mencari jurusan apa dalam bidang kesehatan yang paling cocok denganmu. Setelah itu, kamu masih perlu mencocokan hal yang membuatmu tertarik tersebut dengan kemampuan akademis yang terkait dengan itu. Sebagai contoh, kamu memiliki ketertarikan yang besar dalam dunia kesehatan dan nilai-nilai kimiamu jauh lebih baik dari mata pelajaran lainnya, maka kamu dapat memilih bidang farmasi. 

Di sisi lain, apabila kamu belum mengetahui hal-hal yang benar-benar membuatmu tertarik, kamu juga bisa mengukur dari nilai akademis atau dari penilaian orang-orang terhadap dirimu. Misalnya, kamu tidak tertarik dengan hal spesifik, namun semua temanmu merasa kamu adalah pemusik yang hebat, maka kamu dapat mulai mempertimbangkan jurusan musik sebagai pilihan yang akan kamu pelajari.

2. Memperhitungkan peluang karir agar studimu lebih bermanfaat

Apa yang kamu pilih untuk dipelajari memiliki kaitan erat dengan masa depanmu. Banyak orang luput mempertimbangkan peluang pekerjaan dari jurusan yang mereka pilih sehingga kesulitan mencari pekerjaan yang sesuai latar belakang pendidikan ketika lulus. Oleh karena itu, akan lebih baik mempertimbangkan hal ini sejak dini sebelum kamu memulai pendidikan di tingkat universitas. 

Kamu bisa mulai dari mencari informasi tentang peluang kerja jurusan dan program yang ingin kamu ambil. Perkirakan juga apakah peluang tersebut masih akan sama beberapa tahun ke depan setelah kamu lulus.

3. Tentukan perguruan tinggi serta tingkatan gelarnya

Setelah lulus SMA, kamu mungkin untuk melanjutkan ke pendidikan gelar diploma atau sarjana, kamu juga mungkin masuk universitas atau akademi khusus bidang tertentu. Selain itu, untuk kuliah ke luar negeri, kamu mungkin harus mengikuti penyetaraan kurikulum terlebih dahulu. Nilai akademik, minat dan kemampuan, serta pertimbangan peluang kerja mungkin akan sangat menentukan perguruan tinggi serta program yang cocok untukmu. 

Baca juga : Pengalaman Berharga Saat Kuliah di Luar Negeri

Dalam hal ini, kamu akan butuh banyak diskusi baik itu dengan orang tua maupun pembimbing akademis di sekolah. Namun, jika kamu ingin menemukan cara mudah kuliah ke luar negeri di mana kamu akan dibimbing mulai dari pemilihan jurusan, hingga semua pengurusan studi ke luar negeri, kamu dapat menghubungi SUN Education.

Mewujudkan keinginan untuk kuliah di luar negeri bukanlah hal yang mudah karena kamu harus mengurus dan mempersiapkan banyak hal. Seringkali kamu dan orang tua tidak punya banyak waktu untuk mengurus semuanya sendiri karena berbagai kesibukan dan rutinitas pekerjaan atau sekolah. Untuk membantumu, SUN Education menyediakan layanan pengurusan ke luar negeri dalam 8 langkah mudah.

Cara mudah kuliah di luar negeri adalah dengan menggunakan layanan SUN Education

cara kuliah di luar negeri

Langkah 1: KONSULTASI DENGAN KONSELOR SUN EDUCATION GROUP

Konsultasi merupakan salah satu langkah penting untuk memastikan kamu mendapatkan jurusan dan institusi yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Selain institusi dan jurusan, kamu juga berkonsultasi mengenai tempat tinggal dan prospek karir. SUN Education bekerja sama dengan biro psikologi terkemuka, Tes Bakat Indonesia, yang memberikan pelayanan ekstra bagi siswa yang membutuhkan bimbingan lebih lanjut mengenai penjurusan studi dan eksplorasi minat dan bakat.

Langkah 2: PERSIAPAN BAHASA INGGRIS

Kemampuan bahasa Inggris merupakan salah satu syarat penting bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Sebagai persyaratan mendaftar ke sebuah institusi, siswa memerlukan nilai IELTS™, TOEFL®, SAT® atau GMAT®. Jenis sertifikasi yang diminta serta skor yang harus dicapai akan sangat variatif tergantung program dan institusi yang kamu pilih. 

SUN Education melalui SUN English menyediakan layanan yang bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa agar sesuai dengan kebutuhan akademis di luar negeri. Terdapat program persiapan untuk tes sertifikasi bahasa Inggris yang akan diajarkan oleh tenaga profesional. Selain itu, siswa juga dapat melakukan ujian sertifikasi IELTS™ dan TOEFL® di cabang SUN Education terdekat.

Langkah 3: PROSES APLIKASI

Setelah menentukan institusi dan jurusan, kamu harus mengisi formulir pendaftaran dan memberikan nilai akademis (ijazah, rapor, nilai ujian akhir), mengikuti ujian bahasa Inggris Internasional (IELTS™, TOEFL® atau tes lainnya) serta fotokopi paspor.

Beberapa jurusan atau institusi juga memerlukan dokumen tambahan seperti dokumen akademik dari profesional, personal statement, surat referensi kerja, dan proposal riset. Semua pengurusan dokumen ini akan dibantu oleh konselor yang berpengalaman. 

Langkah 4: OFFER LETTER

Konselor SUN Education akan membantu kamu untuk mendapatkan offer letter atau surat penerimaan dengan cara follow-up ke institusi yang kamu tuju. Surat penerimaan biasanya akan kamu terima dalam 1 minggu hingga 2 bulan setelah pendaftaran tergantung program yang institusi yang kamu ambil. 

Langkah 5: PEMBAYARAN BIAYA SEKOLAH

Setelah kamu mendapat surat penerimaan dan memenuhi semua persyaratan akademis, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran ke pihak universitas. Pembayaran ini biasanya dilakukan langsung ke pihak universitas tanpa perantara SUN Education. 

Baca Juga : Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

Langkah 6: PENGURUSAN VISA PELAJAR

Langkah selanjutnya adalah membuat permohonan visa pelajar di kedutaan negara yang bersangkutan. Kamu akan diminta menyediakan dokumen seperti surat penerimaan, bukti keuangan dari orangtua atau sponsor, ijazah terakhir, akta kelahiran dan kartu keluarga. Persyaratan dokumen ini juga akan berbeda-beda tergantung negara. Beberapa negara juga menjadikan ketersediaan asuransi sebagai salah satu syarat permohonan visa. 

Langkah 7: AKOMODASI DAN PENJEMPUTAN

Jika kamu tidak memiliki saudara atau kerabat yang tinggal di luar negeri, kamu juga dapat mengandalkan SUN Education untuk menemukan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, konselor juga akan membantu dapat pengurusan tiket pesawat maupun penjemputan di negara yang kamu tuju. 

Langkah 8: PRE-DEPARTURE BRIEFING

Sebelum keberangkatan, kamu akan diberi arahan mengenai hal-hal yang harus dilakukan setelah sampai di negara tujuan. Selanjutnya, konselor SUN Education masih akan selalu siap membantu jika memiliki kendala selama studi kamu di luar negeri. 

Siap untuk rencanakan studimu tahun ini?

Nah, itu dia cara kuliah di luar negeri dengan SUN Education. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di luar negeri tahun ini, silakan kunjungi cabang SUN Education terdekat ya!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!