Ilmu Atmosfer
Atmospheric Science/ Ilmu Atmosfir
26 Januari 2022
Alasan Memilih Jurusan Manajemen Informatika
4 Alasan Memilih Jurusan Manajemen Informatika
28 Januari 2022

TOEFL Reading Comprehension 5 Tips Jawab Soal Pasti Mujarab!

Catat, Ini 5 Tips Mujarab Jawab Soal TOEFL Reading Comprehension!

Sumber: Pexels

TOEFL Reading Comprehension – Dari duduk di bangku SMA, pasti kamu sudah akrab dengan yang namanya tes TOEFL. TOEFL ini merupakan tes yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris kamu. Tapi seiring bertambahnya usiamu, kamu nggak hanya membutuhkan TOEFL ini untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris saja, tapi untuk persyaratan masuk kuliah, skripsi bahkan untuk masuk kerja, lho.

Tips Mujarab Mengerjakan Soal TOEFL Reading Comprehension

TOEFL ini terdiri dari beberapa bagian, namun banyak yang lemah pada TOEFL Reading Comprehension. Banyak yang mengaku sering gagal dalam bagian ini. Tenang, ini 5 tips mujarab jawab soal TOEFL Reading Comprehension buat kamu. Catat, ya, supaya kamu bisa mempraktekannya kelak!

1. Tenang supaya bisa teliti

Catat, Ini 5 Tips Mujarab Jawab Soal TOEFL Reading Comprehension!

Sumber: Pexels

Nggak jarang kok kalau kita mau tes rasanya deg-degan banget. Apalagi kalau tes Toefl Reading Comprehension ini dijadikan syarat untuk masuk kuliah atau lamaran kerja, pasti bebannya lebih berat, kan? Justru pikiran-pikiran ini harus kamu buang jauh-jauh. Saat panik, kamu justru cenderung overthinking sehingga tidak bisa berpikir jernih bahkan sampai lupa apapun yang sudah kamu kerjakan. Cobalah tenang dengan menarik nafas panjang dulu. Saat kamu tenang, kamu lebih mudah dalam berfikir jernih. Jangan lupa untuk beristirahat cukup atau sarapan terlebih dahulu supaya tidak mudah resah dan lancar mengerjakan soal-soalnya.

 

2. Gunakan teknik membaca skimming dan scanning

Catat, Ini 5 Tips Mujarab Jawab Soal TOEFL Reading Comprehension!

Sumber: Pexels

Untuk TOEFL Reading Comprehension, pastinya kamu akan dihadapi dengan banyak bacaan. Memang, kamu harus teliti dalam membacanya, tapi kalau membaca terlalu bersungguh-sungguh, pastinya akan membuang waktu. Apalagi untuk tes TOEFL Reading Comprehension hanya 54-72 menit saja, bisa-bisa kamu nggak sempat mengerjakan tes lainnya.

Makanya, disarankan kamu mengubah teknik membaca kamu saat mengerjakan tes TOEFL Reading Comprehension ini. Gunakan teknik skimming atau teknik membaca cepat dari kalimat pertama atau terakhir pada suatu paragraf untuk menemukan topik dan ide utama bacaan. Selain skimming, kamu juga bisa mencoba teknik scanning. Kamu hanya perlu membaca kalimat-kalimat tertentu demi mengetahui makna artikel tersebut. Usahakan untuk tidak mengulang-ulang bacaan agar menghemat waktu, ya.

 

3. Perhatikan pertanyaan setiap soal toefl reading comprehension dengan sebaik-baiknya

Catat, Ini 5 Tips Mujarab Jawab Soal TOEFL Reading Comprehension!

Sumber: Pexels

Ada baiknya sebelum membaca teksnya, kamu baca dulu pertanyaannya dan memahaminya. Lingkari kata-kata yang ditanyakan agar saat kamu membaca teksnya, kamu sudah tahu jawaban apa yang kamu cari dari teks yang ada. Dengan begini sesaat membaca teks, nggak perlu lagi deh bolak-balik mencari jawabannya. 

4. Gunakan finger tracking saat mengerjakan soal toefl reading comprehension

Sumber: Pexels

Sesaat membaca teks untuk tes TOEFL Reading Comprehension, nggak ada salahnya untuk menggunakan strategi finger tracking. Finger tracking ini adalah gerakan jari yang mengikuti alur membacanya. Trik ini membuat kamu bisa membaca lebih cepat sekaligus teliti. Keuntungan menggunakan strategi ini adalah kamu bisa sekaligus menandai kata-kata yang ada di dalam pertanyaannya.

 

5. Lakukan persiapan sebelum tes TOEFL reading comprehension

Sumber: Pexels

Yang namanya mengikuti tes bahasa yang bukan bahasa induk kita, pasti butuh persiapan yang matang, lho. Apalagi jika kamu mengikuti tes TOEFL untuk keperluan yang penting seperti mendaftar universitas, hingga masuk kerja. Makanya kamu harus banyak-banyak melakukan persiapan sebelum tes TOEFL. Apalagi TOEFL Reading Comprehension termasuk bagian tes yang cukup sulit sehingga harus banyak-banyak latihan.

Latihan supaya tes TOEFL Reading Comprehension mendapatkan nilai yang sesuai bisa dilakukan dengan mengerjakan soal TOEFL pada buku latihannya. Kamu juga bisa mengasah kemampuan dengan banyak-banyak membaca buku, artikel atau postingan di social media yang berbahasa Inggris. Dengan banyaknya membaca dan latihan dijamin kamu nggak akan takut menghadapi nilai memuaskan untuk TOEFL Reading Comprehension!

Kalau kamu masih bingung bagaimana menyiapkan diri sebelum menghadapi tes TOEFL, kamu bisa konsultasi dengan SUN Education. Kami melayani persiapan kuliah di luar negeri mulai dari english preparation, permohonan visa, hingga akomodasi! Yuk, konsultasi dengan SUN Education dengan datang ke kantor cabang terdekat di kotamu atau via Hotline di 0821 33 34 35 36!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan