University Techonology of Sydney
Menjadi Ahli Teknologi AI di University of Technology Sydney
1 Juli 2022
Kuliah di American University; Kampusnya Calon Aparatur Negara
3 Juli 2022

Cek Nih, Pilihan Karir Setelah Lulus dari Jurusan Fotografi!

Sumber: Unsplash

Jika di antara kamu ada yang memiliki hobi fotografi sejak sekolah, kenapa tidak mencoba untuk melanjutkan hobi tersebut dan mengambil jurusan fotografi di perkuliahan. Secara teknis, pasti kamu sudah cukup memahami dan mendalami cara mengoperasikan kamera. Namun kamu bisa mendalami teorinya dan bagaimana mengimplementasikannya hingga menjadi jenjang karir dengan mengambil jurusan fotografi.

Bagi kamu yang masih awam pun juga tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan jurusan yang satu ini. Apalagi jika kamu juga memiliki minat di bidang seni dan berniat melanjutkan karir di industri kreatif, bisa juga mempertimbangkan mengambil jurusan fotografi di bangku perkuliahan.

Pengertian Fotografi

Fotografi sendiri merupakan istilah dari bahasa Yunani yang artinya melukis cahaya. Secara praktis, fotografi adalah ilmu menangkap cahaya, untuk menciptakan sebuah foto atau gambar di dalam sebuah medium.

jurusan fotografi

Bagi kaum millennials, pastinya sudah sangat memahami teknik fotografi lewat fitur kamera yang ada di smartphone mereka. Namun di dalam dunia professional, kamu memerlukan teori pengalaman fotografi yang lebih mendalam, bukan hanya sekadar hobi dan asal jepret saja.

Itu mengapa tersedia jurusan fotografi di sejumlah universitas, untuk memenuhi kebutuhan kamu yang berencana ingin berkarir di dunia fotografi dan ingin mempelajari ilmu dan teorinya di perkuliahan. 

 

Mata Kuliah Jurusan Fotografi

Ilmu fotografi sendiri merupakan salah satu jurusan dalam lingkup seni. Artinya, kamu tidak hanya berurusan dengan kamera saja. Ada banyak bidang keilmuan dalam ilmu seni, yang akan kamu pelajari selama perkuliahan.

jurusan fotografi

Selain itu, foto atau gambar, sebagai hasil dari aktivitas fotografi, juga berfungsi untuk medium dalam menyampaikan pesan. Artinya, ada ilmu komunikasi juga yang harus kamu pahami selama menjalani di dalam jurusan fotografi. Apalagi kalo kamu akan memilih karir sebagai fotografi di bidang komersial. Kamu juga perlu untuk memahami ilmu bisnis.

Berikut ini, beberapa mata kuliah dasar yang akan kamu pelajari selama mengambil kuliah di jurusan fotografi.

1. Teori Komunikasi

2. Komunikasi Visual

3. Filsafat Seni

4. Pengantar Ilmu Fotografi

5. Foto Studio

6. Foto Ilustrasi

7. Foto Produk

 

Jenjang Karir Lulusan Jurusan Fotografi

Dari hobi jadi cuan, siapa yang menolak? Siapa pun pasti senang jika kita bisa menghasilkan uang dari hobi. Begitu juga dengan ilmu fotografi yang sudah kamu pelajari. Dengan perpaduan teori dan skill yang kamu pelajari, serta segudang pengalaman, mudah untuk meraup rezeki dari bidang fotografi.

Ada beberapa cabang utama dalam fotografi berdasarkan gaya foto yang dihasilkan. Berikut beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

 

Fotografer Jurnalistik

jurusan fotografi

Pilihan pertama, kamu bisa memilih sebagai fotografer jurnalistik. Untuk bisa menggeluti bidang ini, selain memahami teknis fotografi, kamu juga harus mendalami dasar-dasar ilmu jurnalistik agar dapat menghasilkan foto jurnalistik yang penuh dengan nilai berita.

Sebagai fotografer jurnalistik, kamu harus mampu menangkap momen yang terjadi saat peliputan terjadi. Karena, sebuah karya foto jurnalistik akan lebih bernilai tinggi jika mampu menangkap momen yang memiliki nilai berita, yang mana momen tersebut tidak dapat terulang kembali.

Beberapa nilai berita tersebut, seperti momen ketika kericuhan, foto pejabat publik yang sedang memberikan keterangan, atau foto ketika peliputan perang. 

 

Fotografer Produk

jurusan fotografi

Berbeda dengan karya foto jurnalistik, melanjutkan karir di bidang foto produk bertujuan untuk hasil yang lebih komersial. Nantinya, hasil foto ini berguna sebagai media promosi maupun marketing dari suatu brand. 

Dalam fotografi produk, kamu harus mampu menghasilkan jepretan kamera yang mengutamakan keindahan dan estetika. Misalnya, hasil foto tersebut harus memiliki kualitas pencahayaan, warna, dan properti lainnya yang sempurna, dengan menggambarkan detail produk yang difoto.

Namun, perhatikan 1 hal nih. Untuk menjadi seorang fotografer produk, kamu memerlukan modal yang cukup besar. Selain kamera, siapkan juga ruangan khusus sebagai studio. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan peralatan lampu dan pencahayaan agar hasil fotonya tajam dan detail. Namun modal itu bersifat investasi jangka  panjang yang bisa kamu pakai untuk waktu yang lama.

 

Fotografer Model

jurusan fotografi

Serupa dengan fotografer produk, fotografer model juga bertujuan untuk sifat komersial. Di dalam fotografi model, perpaduan antara ekspresi model dan properti haruslah saling mendukung agar dapat menciptakan kesan foto yang “hidup” dan “berbicara”.

Nah, ada tantangan lain nih sebagai fotografer model. Selain alat yang lengkap dan skill yang mumpuni, kamu sebagai fotografer harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan model. Kamu juga harus peka dalam membangun mood yang mendukung, supaya selama proses foto berlangsung, kamu bisa membangun chemistry yang baik dengan model. 

 

Content Creator

jurusan fotografi

Ini mungkin bisa jadi karir yang paling hot zaman now ya. Sepertinya, setiap orang berlomba-lomba jadi seorang influencer dan content creator, dan kesempatan ini terbuka bagi semua orang, asalkan kita bisa mencari tipe konten yang menarik dan unik.

Kamu bisa mencari topik seputar fotografi yang seru dan juga menginspirasi, misalnya trik fotografi model pria, atau tutorial foto produk makanan berkuah. Kamu bisa juga melakukan vlog dan merekam keseharian kamu ketika sedang ada projek foto bersama sebuah brand tertentu.

Sedikit tips untuk menjadi content creator, kamu harus bisa mengoptimalkan channel sosial media yang menjadi andalan kamu. Apakah kamu berencana menggunakan format video panjang, video pendek, atau hanya gambar ilustrasi. Kuncinya, tetap konsisten untuk berkreasi dan membangun komunitas dengan followers kamu ya! 

Pilihan Kampus Internasional dengan Jurusan Fotografi

 

Royal Melbourne Institute of Technology

jurusan fotografi

Di sini, kamu akan mempelajari teori dan praktif fotografi agar nantinya siap untuk menjadi fotografer profesional setelah lulus. Beberapa materi yang akan dipelajari di antaranya sejarah, teori, dan budaya fotografi. Kamu juga berkesempatan untuk belajar langsung dari para praktisi profesional, seperti fotografer dan seniman menggunakan kamera terbaru di studio yang dibangun di universitas.

Beberapa aliran fotografi yang jadi favorit di Royal Melbourne Institute of Technology seperti fotografer arsitektur, foto dokumenter, jurnalis foto, atau menajadi staf pengajar di bidang sstudi fotografi.

 

New York Film Academy

jurusan fotografi

Bagi kamu yang berminat melanjutkan untuk menjadi fotografer komersial, seni rupa, dan fotografi dokumenter, maka New York Film Academy bisa jadi pilihan tepat untuk melanjutkan kuliah fotografi di luar negeri. Program Sarjana yang ditawarkan kampus mengasah mahasiswa agar bisa menciptakan karya seni yang berkarakter di bidang fotografi dan seni lainnya. Selain melatih berpikir kreatif, kemampuan bisnis kamu juga akan diasah agar bisa menjadikan bidang fotografi yang kamu cintai ini mampu menghasilkan uang.

Selama total 4 tahun kurikulum perkuliahan, setiap mahasiswa akan mendapat pelajaran dasar selama 2 semester pertama. Kemudian, mereka diberi kebebasan untuk memilih kelas yang sesuai dengan minat selama semester tiga sampai delapan.

Itu dia berbagai pilihan karir yang bisa kamu ambil setelah lulus dari jurusan fotografi. Bukan hanya di Indonesia, kamu juga bisa menempuh studi jurusan fotografi lainnya di luar negeri loh! Nah, kalo kamu mau konsultasi pilihan universitas mana yang sesuai, langsung aja konsultasi dengan tim SUN Education secara GRATIS! Asik banget kan?

Selain itu, kalo kamu mau tau lebih banyak lagi soal opsi universitas di luar negeri, langsung cek aja SUN E-Guide Book, yang bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun! GRATIS loh!
Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber Foto: Unsplash, NYFA

Tinggalkan Balasan