5 Kesalahan Paling Fatal Saat Mengerjakan IELTS Writing Section
5 Kesalahan Paling Fatal Saat Mengerjakan IELTS Writing Section
7 Maret 2022
Pengalaman Kuliah S2 di Inggris
Ini Beberapa Benefit yang Bakal Perkaya Pengalaman Kuliah S2 di Inggris!
8 Maret 2022

Checklist Buat Mahasiswa Sebelum Mulai Kehidupan di Inggris

Kehidupan di Inggris

Source: Unsplash

Dilema terbesar mahasiswa internasional adalah menentukan hal yang penting dibawa saat mau belajar di Inggris nantinya. Rasa senang setelah dapat offer letter pasti nggak lama akan berubah menjadi perasaan cemas karena mikirin apa aja yang harus di-packing dan barang-barang penting apa yang perlu dibawa sebelum memulai kehidupan di Inggris nantinya.

Belajar di Inggris nggak memberikan kamu opsi untuk bolak-balik ke rumah sesuka hati. Untuk itu, penting bagi kamu untuk membawa barang-barang yang benar-benar dibutuhkan saat jauh dari rumah.

Don’t panic! SUN Education punya checklist buat mahasiswa yang bakal mulai kehidupan di Inggris untuk belajar. Keep on reading!

 

1. Dokumen Perjalanan

Kehidupan di Inggris

Source: Unsplash

 

First and foremost, travel documents are essential! Dokumen perjalanan ini adalah bukti legal bahwa kamu merupakan warga negara Indonesia yang sedang menempuh studi di Inggris.

Untuk itu, jangan lupa bawa paspor, foto ukuran paspor, CV, dokumen dari universitas tujuan, sertifikat lulus SMA, detail rekening bank, serta buku alamat kalo kamu punya. Nggak cuma itu, jangan melupakan dokumen terkait akomodasi seperti kontrak dan asuransi kamar ya!

 

2. Pakaian

Kehidupan di Inggris

Source: Unsplash

 

Hal selanjutnya yang harus kamu persiapkan dengan baik sebelum memulai kehidupan di Inggris tentunya adalah pakaian. Kemampuan untuk packing pakaian dengan jumlah yang tepat adalah mitos, guys. Tapi, membawa pakaian yang cukup adalah hal penting!

Dengan cuaca yang dingin dan dominasi iklim hujan, kamu perlu membawa pakaian yang bakal menemanimu melewati jenis-jenis iklim ini. Selain itu, jangan lupa bawa baju rapi ya! Karena pasti nantinya akan ada acara kampus yang membutuhkan dress code formal seperti itu.

Kamu bisa banget beli beberapa baju dan jenis pakaian lainnya saat sudah tiba di Inggris, tapi buat menghemat biaya, sebaiknya kamu bawa beberapa pakaian esensial dari rumah. Contohnya seperti bathrobe, syal, sendal, t-shirt, kaus kaki, celana panjang, pakaian dalam, hingga sepatu olahraga. Kamu juga bisa bawa baju renang, serta pakaian smart-casual apa pun untuk jaga-jaga.

This is a personal choice! Kamu bisa bawa banyak pakaian atau lebih sedikit pakaian dan mencucinya secara teratur. Yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran kamar akomodasi kamu nantinya, you don’t want to hoard unwanted clothings! Pakaian yang nggak diperlukan hanya bakal menambah berat bagasimu.

 

3. Perlengkapan Masak

Source: Unsplash

 

Kebutuhan peralatan makan dan dapur sangat tergantung pada jenis akomodasi yang kamu pilih. Kalo kamu memilih akomodasi yang udah menyediakan katering, kamu nggak perlu khawatir. Wajan, dua piring, sendok dan garpu, serta beberapa cangkir will do! Semakin dikit jumlah peralatan dapur, semakin dikit juga waktu yang dibutuhkan buat mencucinya.

Nah, tapi kalo pindah ke akomodasi mandiri, kamu perlu bawa beberapa perlengkapan penting. Sebelumnya, coba cek dulu dengan penyedia akomodasi ya, siapa tau barang-barang yang kamu butuhkan sudah disediakan di dapur umum.

Ada beberapa perlengkapan masak atau makan yang kamu bisa bawa dari rumah untuk jaga-jaga seperti gelas, piring, sendok-garpu, pisau, gunting, sampai tempat bekal.

 

4. Barang-Barang Elektronik

Source: Unsplash

 

This is one of the most important part! Di era teknologi yang kita jalani sekarang, hampir semuanya bergantung pada benda-benda elektronik. Untuk itu, jangan lupa bawa beberapa hal seperti adaptor, laptop, network cable, sampai powerbank!

Barang-barang elektronik seperti laptop dan charger-chargernya juga berperan penting untuk kegiatan belajar kamu, jadi jangan sampe skip bawa barang-barang elektronik, ya! 

Itu dia checklist dari beberapa barang yang perlu kamu bahwa sebelum memulai kehidupan di Inggris sebagai mahasiswa nantinya. Semoga berguna ya! Don’t forget to tick all the boxes!

Masih banyak banget know-hows dan informasi penting yang bisa kamu pelajari soal studi di Inggris, semuanya tersedia di SUN E-Guide Book! Dengan membaca E-Guide Book ini, kamu akan tau segudang informasi terlengkap dan akurat mengenai belajar di Inggris dan banyak negara lainnya! Akses E-Guide Book secara GRATIS dimanapun dan kapanpun kamu berada!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan