Kenapa Parramatta Tak Hanya Sekadar Kota ‘Besar’ di Australia
2 Oktober 2019
Into Info Session 2019
13 Oktober 2019

Cina: Asal Mula Dimana Kembang Api Tercipta Menurut Legenda

kembang api cina

This post is also available in: idIndonesia

Kita pasti pernah memainkan kembang api ataupun menyaksikannya dari jauh. Bagaimanakah asal mula terciptanya percikan warna-warni api tersebut?

kembang api

Berbicara tentang Cina memang tak ada habisnya. Negara ini terkenal akan ekonominya yang menjadi nomor satu di dunia serta makanan khas nya yang lezat. Tak ketinggalan, negara ini dikenal akan invensi yang selalu ada, seperti kompas, printing, sumpit, kecap, dan masih banyak lagi. Bahkan, letusan kembang api yang biasa kamu lihat saat perayaan, Cina menemukannya secara tidak sengaja!

kembang api

Banyak sejarawan berpendapat bahwa kembang api diciptakan pertama kali di Cina. Menurut legenda, seorang ahli kimia Cina sedang bereksperimen dengan memadukan kalium nitrat, belerang, dan arang yang secara tidak sengaja menciptakan bubuk mesiu. Beberapa sumber juga ada yang menyatakan jika kembang api ditemukan saat seorang juru masak Cina yang bekerja di dapur tidak sengaja menumpahkan kalium nitrat ke dalam api masakan dan terciptalah nyala api berwarna-warni.

Menurut catatan sejarah, petasan dan kembang api muncul dari Dinasti Tang (618-907 M) dan berkembang selama Dinasti Song. Hingga akhirnya, Cina menggunakan ‘teknologi’ bambu dan serbuk mesiu untuk membuat petasan pertama sekitar 1.000 tahun masehi. Li Tian, seorang biksu Cina, mengisi bambu dengan bubuk mesiu berbasis garam dan membakarnya. Setelah itu, terjadilah sebuah ledakan sederhana bersama dengan semburan cahaya putih terang ke langit malam.

kembang api

Karena petasan memiliki suara yang keras, Cina menggunakannya pada permulaan tahun baru untuk menakuti roh jahat. Namun seiring berjalannya zaman, petasan berkembang menjadi kembang api dan akhirnya menitikberatkan pada warna dan pijar api yang indah. Masyarakat pun akhirnya menggunakannya untuk berbagai perayaan seperti pernikahan, kemenangan militer, ataupun upacara keagamaan.

Comments are closed.