Standar Nilai TOEFL untuk S1 Luar Negeri dan Trik Menyelesaikannya!
17 Oktober 2020
buku yang wajib dibaca mahasiswa
10 Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca Oleh Mahasiswa
20 Oktober 2020

Contoh Struktur Penulisan Essay Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Contoh Essay Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Photo by Hannah Olinger on Unsplash

Sudah bukan hal yang baru lagi jika pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri diminta menulis essay atau motivation letter sebagai salah satu persyaratannya. Meskipun terlihat hanya merupakan karya tulis biasa, nyatanya essay ini termasuk salah satu faktor yang paling dipertimbangkan agar kamu dapat diterima. Apalagi jika kamu juga mendaftar untuk kesempatan beasiswa, essay tentu saja merupakan salah satu hal yang wajib untuk kamu tulis dengan sebaik mungkin. 

Sebelum kamu mendaftar kuliah keluar negeri melalui beasiswa, ada baiknya kamu sudah belajar menulis essay yang baik dan berlatih. Sebab, yang umumnya diterima adalah essay yang kuat serta memberikan gambaran yang jelas mengenai diri dan rencana studimu di negara tersebut. Oleh karena itu, kali ini SUN Education akan membahas seluk beluk mengenai essay untuk beasiswa di luar negeri. 

Apa itu essay beasiswa?

esai beasiswa

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Essay beasiswa adalah karya tulis singkat yang berisi penjabaran penting mengenai diri dan potensi yang kamu miliki untuk menarik calon pemberi beasiswa. Dalam tulisan ini juga perlu dicantumkankan alasan yang kuat serta rencana studimu dengan menggunakan beasiswa tersebut di suatu negara. Sehingga seringkali essay beasiswa ini disebut motivation letter karena mencantumkan motivasimu untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Essay beasiswa ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan essay yang ditujukan untuk mendaftar di sebuah universitas. Format dan ketentuannya akan bervariasi sesuai dengan lembaga atau institusi yang kamu daftarkan. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis essay beasiswa kuliah di luar negeri:

1. Tema

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam menulis sebuah essay beasiswa kuliah di luar negeri adalah tema. Jika di dalam persyaratan disebutkan tema tertentu untuk essay, maka kamu wajib menentukan topik sesuai dengan tema tersebut. Namun, jika tidak ditentukan, maka kamu harus menentukan tema yang sekiranya relevan dan dapat memuat berbagai informasi yang perlu kamu sampaikan.

2. Bagian pembuka

Bagian pembuka adalah hal yang paling menentukan essay-mu. Ada ribuan essay yang harus dibaca oleh calon pemberi beasiswa. Sebagian besar dari essay tersebut mungkin tidak cukup menarik dari judul dan paragraf pembuka, sehingga tidak benar-benar dibaca. Oleh karena itu kamu harus menulis judul dan kalimat pembuka yang menarik, seperti kutipan inspiratif. 

3. Pengalaman pribadi

Salah satu poin penting dari sebuah essay adalah bagaimana gagasan yang kamu tulis memiliki keterkaitan dengan pengalamanmu secara pribadi. Pastikan kamu memasukkan sentuhan personal dalam essay yang kamu tulis sehingga calon pemberi beasiswa tahu seberapa terkaitnya kamu dengan topik tersebut. Perlihatkan bahwa kamu memiliki latar belakang personal atas apa yang kamu lakukan sehingga membuatmu menjadi termotivasi. 

4. Prestasi

Akan lebih baik jika kamu mencantumkan prestasi yang kamu miliki, terutama jika berkaitan dengan bidang yang akan kamu pelajari jika mendapat beasiswa di luar negeri. Hal ini dapat berupa keikutsertaan dalam olimpiade, baik tingkat daerah maupun nasional. Jika tidak ada prestasi akademik, kamu juga dapat menuliskan ekstrakurikuler yang kamu lakukan selama sekolah. 

5. Latar belakang kamu mengambil jurusan/universitas

Kamu perlu menuliskan hal-hal yang melatarbelakangi keinginan kamu untuk melanjutkan studi di negara yang kamu tuju. Kamu juga perlu mencantumkan alasan mengapa kamu mengambil jurusan tertentu dan mengapa kamu memutuskan untuk melanjutkan studi di universitas yang kamu daftar. Hal ini juga akan menjadi bahan pertimbangan bagi calon pemberi beasiswa. 

6. Visi dan Misi terkait studi

Sebagai calon penerima beasiswa, kamu tentunya harus memiliki visi dan misi atau tujuan dalam melanjutkan studimu. Misalnya tertarik untuk melakukan penelitian, berencana untuk mengambil internship, atau hal lainnya yang terkait dengan studi yang kamu jalani. Hal ini memberikan gambaran kepada pemberi beasiswa bahwa kamu memiliki tujuan, ambisi, rencana terkait studimu.  

Contoh Struktur Essay Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Photo by yanalya on Freepik

Struktur pembuka, inti dan penutup

Struktur pembuka berisi perkenalan diri serta membahas suatu latar belakang masalah yang belum terselesaikan, misalnya terkait lapangan pekerjaan atau potensi di bidang tertentu. Contoh sederhananya, membahas kurangnya tenaga ahli di bidang aktuaria sedangkan kebutuhan industri untuk bidang tersebut mulai meningkat. Selain itu perguruan tinggi dalam negeri yang menawarkan hal tersebut sangat terbatas di Indonesia. 

Struktur inti berisi rencana atau rancangan yang akan kamu tawarkan kepada pemberi beasiswa untuk menyelesaikan persoalan pada bagian pembuka. Misalnya, kamu berencana untuk melanjutkan studi di bidang tersebut di luar negeri, sebagai bentuk rasa tanggung jawab untuk kemajuan tanah air. Cantumkan pula rencana studimu, termasuk ingin mengikuti program internship. 

Struktur penutup, berisi kesimpulan dan harapan untuk pemberi beasiswa agar bersedia mendukungmu untuk mewujudkan rencana dan rancangan yang telah kamu sampaikan sebelumnya. Misalnya, menuliskan bahwa kamu mengharapkan mereka untuk mendukung rencana studimu di luar negeri dengan cara memberikan beasiswa tersebut. 

Struktur masa lalu, masa sekarang, dan masa depan (untuk beasiswa S2)

Masa lalu, menceritakan tentang kejadian atau hal yang menjadi latar belakang bagi kamu untuk melakukan perubahan. Misalnya, sulitnya mengembangkan usaha keluarga sehingga kamu merasa perlu belajar mengenai bisnis dan pemasaran. Tidak harus hal yang sangat personal, namun dapat juga kejadian yang memberimu inspirasi, seperti buruknya sistemnya transportasi yang membuatmu tertarik untuk mempelajari lebih jauh mengenai hal tersebut. 

Masa sekarang, yaitu saat kamu sedang melanjutkan studi di bidang bisnis dan pemasaran, dan kamu mendapat berbagai tambahan pengetahuan mengenai peluang untuk bisnis keluargamu berkembang dan potensinya untuk dipasarkan dengan lebih luas. Contoh lainnya terkait masalah transportasi publik, kamu dapat menyebutkan bahwa kamu tengah mempelajari teknik sipil sebagai salah studi yang paling relevan dengan bidang tersebut. 

Masa depan, tuliskan rencana studi ke depannya dan harapan untuk mendapatkan beasiswa untuk membantu rencana studi tersebut. Misalnya bagaimana kamu ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi, namun program tersebut hanya tersedia di negara tertentu di luar negeri. Sampaikan pula bahwa kamu membutuhkan bantuan beasiswa untuk dapat mewujudkan hal tersebut. 

Siap untuk menulis essay untuk beasiswa kuliah ke luar negeri?

Nah, itu dia contoh struktur penulisan essay beasiswa kuliah di luar negeri. Kedua struktur ini dapat kamu tulis dalam beberapa paragraf dengan memperhatikan poin-poin penting yang tidak boleh tertinggal seperti disebutkan di atas. Buatlah semenarik mungkin dengan memperhatikan pilihan kata yang kamu gunakan dan kesatuan seluruh isinya. Pastikan pula kamu menambahkan kalimat dan paragraf yang berkesan sebagai pembuka dan penutup essay-mu. 

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri seperti Amerika, Inggris, Australia, hingga Eropa, kamu dapat berkonsultasi dengan SUN Education, lho! SUN Education akan dengan senang hati merekomendasikan institusi dan program yang terbaik sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu. Kunjungi cabang SUN Education terdekat ya!

Comments are closed.