cara menjadi mahasiswa berprestasi
Bagaimana Sih Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi?
30 Juni 2020
tips belajar yang baik
7 Tips Belajar yang Baik Saat Kuliah di Luar Negeri
2 Juli 2020

Simak Daftar Jurusan Kuliah dan Penjelasannya Berikut Yuk!

daftar jurusan kuliah dan penjelasannya

daftar jurusan kuliah dan penjelasannya

Ada banyak sekali jurusan dan program studi yang ditawarkan di tingkat pendidikan tinggi. Semua jurusan ini umumnya sudah mengarahkan siswa untuk mempelajari bidang-bidang tertentu sesuai dengan tingkatnya pendidikan. Hanya saja, karena saking banyaknya program dan jurusan yang ada, calon mahasiswa terkadang jadi bingung dan kesulitan untuk memutuskan jurusan apa yang akan mereka dalami. Kali ini SUN Education akan merangkum daftar jurusan kuliah dan penjelasannya sesuai dengan masing-masing bidang. 

1. Bisnis dan Keuangan

jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Ada beberapa jurusan di bidang ini yang sekilas tampak sama, namun sama sekali berbeda konsentrasi dan fokus studi, meskipun saling terkait satu sama lain.

Bisnis

Jurusan bisnis lebih berfokus tentang bagaimana keterkaitan sebuah usaha untuk menghasilkan uang. 

Keuangan

Jurusan keuangan mempelajari tentang bagaimana uang dan bagaimana mengelolanya sebagai alat investasi. 

Ekonomi

Sementara itu jurusan ekonomi lebih menekankan pada perilaku manusia untuk memenuhi setiap kebutuhan mereka dari tingkat sederhana skala individu hingga yang rumit seperti ekonomi suatu negara. 

Akuntansi

Akuntansi yang berfokus pada pencatatan, penggolongan hingga penyusunan laporan keuangan. 

Jurusan-jurusan dalam bidang ini sangat berkembang dan seringkali dikombinasikan satu sama lain. Jadi, jangan heran jika kamu menemukan jurusan Ekonomi Bisnis, Keuangan dan Akuntansi, dll. 

Baca Juga : 5 Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Mahasiswa

2. Sains

daftar jurusan

Sumber: Freepik

Sains adalah merupakan bidang ilmu yang luas, berkembang serta saling terkait satu sama lain. Di tingkat lebih lanjut, keterkaitan antarbidang akan menciptakan studi khusus yang lebih spesifik. 

Biologi

Jurusan biologi mempelajari mengenai seluk beluk mengenai makhluk hidup, baik hewan, manusia, maupun tumbuhan. Kamu akan memiliki beberapa mata kuliah di lapangan dan di laboratorium jika mengambil jurusan Biologi. 

Kimia

Mempelajari tentang bagaimana struktur, sifat dan reaktivitas suatu zat serta pemanfaatannya. Mahasiswa jurusan kimia banyak menghabiskan waktu di laboratorium untuk melakukan praktikum. 

Fisika

Kamu akan belajar mengenai bagaimana suatu materi bergerak dalam konteks ruang dan waktu. Jurusan ini identik dengan berbagai macam rumus dan perhitungan yang cukup rumit. 

Geografi

Pada dasarnya jurusan geografi akan mempelajari mengenai fisik bumi. Jurusan ini terkait dengan dua jurusan lainnya yaitu Geologi dan Geofisika. Tidak jarang dua di antaranya atau bahkan ketiganya dimasukkan dalam satu jurusan atau program studi. 

Matematika dan Statistika

Jika kamu mengambil jurusan matematika, kamu akan mendalami ilmu matematika seperti aljabar, geometri, dan lain-lain. Nah, salah satu bagian dari dari matematika adalah statistika yang berfokus pada pengolahan data. Setiap universitas memiliki fokus yang berbeda mengenai program yang ditawarkan, sehingga kamu kadang melihat matematika dan statistika dalam satu jurusan dan kadang terpisah. 

Baca Juga : Cara Mendapat Beasiswa untuk Pelajar SMA dan Mahasiswa

3. Teknologi Informasi

teknologi informasi

Sumber: Freepik

Bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah bidang yang masih sangat berkembang hingga saat ini. Terbukti dengan banyaknya program-program baru yang lebih spesifik dalam fokus studi jurusan-jurusan di bidang ini, baik di dalam maupun luar negeri. Jangan heran jika kamu melihat jurusan yang berfokus pada keamanan siber atau cyber crime, atau big data yang terkait dengan data di internet. 

Ilmu Komputer

Seperti namanya, jurusan ini mempelajari mengenai pemrograman komputer dan seluk beluknya. Di luar negeri jurusan ini disebut Computer Science dengan cakupan pembelajaran yang cukup kompleks. 

Sistem Informasi

Jurusan ini mempelajari keterkaitan teknologi informasi dengan bisnis dan manajemen sehingga kamu juga akan mempelajari bisnis dan manajemen. 

Sistem Komputer

Sistem komputer adalah gabungan antara teknik elektro dan ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan. 

4. Teknik

daftar jurusan kuliah dan penjelasannya di bidang teknik

Sumber: Freepik

Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya yang selanjutnya adalah dari bidang teknik. Jurusan teknik terbagi menjadi banyak bagian dan bidangnya juga selalu berkembang, layaknya jurusan dan keilmuan lainnya.

Teknik Sipil

Mempelajari tentang perencanaan dan perancangan manufaktur, pengelolaan, dan konservasi beragam fasilitas dan sistem yang mendukung kota, pedesaan dan perkotaan. 

Teknik Lingkungan

Jika kamu melanjutkan studi di jurusan ini, maka kamu akan mempelajari tentang permasalahan lingkungan dan solusinya, serta pengelolaan lingkungan seperti pengendalian limbah dan lain-lain. 

Teknik Mesin

Seperti namanya, jurusan teknik mesin berfokus pada aplikasi prinsip fisika untuk menganalisa, mendesain dan memelihara sebuah sistem mekanik. 

Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik, mulai dari konsep, perancangan, pengembangan hingga produksi elektronik. 

Teknik Industri

Lulusan teknik industri akan mampu mengoptimalisasi kegiatan produksi, pengelolaan dan ekonomi. 

Selain yang disebutkan di atas, ada lebih banyak lagi cabang ilmu teknik seperti teknik geologi, teknik perkapalan, teknik informatika, teknik mekatronika, teknik kimia, teknik geofisika dan lain-lain. Semuanya memiliki fokus yang berbeda-beda atau merupakan gabungan dari beberapa cabang teknik lainnya. Misalnya, teknik mekatronika yang merupakan gabungan dari teknik mesin dan elektro. 

5. Ilmu Sosial

ilmu sosial

Sumber: Freepik

Jurusan-jurusan di bidang ilmu sosial juga sangat variatif dan biasanya setiap universitas menyediakan variasi jurusan yang berbeda. Berikut adalah jurusan-jurusan di bidang sosial yang umum ditawarkan di universitas di Indonesia. 

Ilmu Politik

Jurusan ini mempelajari tentang gejala serta fenomena politik dan aplikasi teori-teorinya untuk permasalahan politik. 

Ilmu Komunikasi

Kamu akan mempelajari tentang komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, hingga media sosial dan seni. 

Sosiologi

Jurusan sosiologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai perilaku sosial manusia baik sebagai individu, bagian dari kelompok maupun antar individu dan kelompok. Termasuk di dalamnya pembelajaran mengenai masyarakat mulai dari struktur, fenomena, hingga problematika yang terjadi di dalamnya. 

Antropologi

Mirip dengan sosiologi, jurusan antropologi juga mempelajari mengenai manusia. Hanya saja, antropologi berfokus pada manusia sebagai makhluk sosial yang terkait dengan alam dan kebudayaannya. 

Hukum

Pada jurusan ini kamu akan banyak mempelajari mengenai hukum dan undang-undang mulai dari konstitusi hingga hukum pidana. 

Administrasi Bisnis

Kuliah di jurusan administrasi bisnis akan membuatmu mempelajari segala hal terkait dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan, mulai dari administrasi hingga produksi. 

Hubungan Internasional

Kamu akan berfokus pada bagaimana suatu negara menghadapi tantangan internasional mulai dari perdagangan, isu keamanan, serta masalah sosial, politik dan lingkungan. 

Selain jurusan-jurusan di atas, ada jurusan lainnya di bidang ilmu sosial seperti jurnalistik, periklanan, penyiaran, dan sebagainya. 

Baca Juga : Cara Belajar di Perguruan Tinggi yang Efektif

6. Sastra dan Humaniora

daftar jurusan kuliah dan penjelasannya bidang humaniora

Sumber: Freepik

Bidang humaniora mempelajari tentang budaya, sejarah, bahasa dan karya sastra. Beberapa jurusan di bidang ini antara lain adalah sejarah, arkeologi, sastra dan bahasa serta filsafat. 

Sejarah

Bagi kamu yang ingin dan mendalami sejarah, kamu bisa mengambil jurusan sejarah. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari lebih lanjut mengenai sejarah, mulai dari sejarah kerajaan nusantara, hingga sejarah dunia. Di beberapa universitas mungkin juga dibuka jurusan yang khusus untuk mempelajari mengenai peninggalan sejarah, yaitu arkeologi. 

Filsafat

Jurusan ini identik dengan para pemikir karena memang mempelajari tentang cara berpikir. Kamu akan terlatih untuk mempertanyakan segala sesuatu dan merumuskan pandangan pribadi yang luas terhadap berbagai permasalahan. 

Sastra

Jurusan sastra sendiri biasanya adalah jurusan yang mempelajari karya sastra dan kebudayaan suatu bahasa. Oleh karena itu, jurusan sastra di tingkat universitas juga disertai pembelajaran bahasa suatu negara dan ilmu linguistik. Kamu akan menemukan jurusan-jurusan sastra yang sangat variatif, mulai dari sastra daerah dengan bahasa lokal sebagai objek, hingga bahasa asing. 

Nah, itu dia daftar jurusan kuliah dan penjelasannya yang umum ada di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di beberapa universitas di daerah dengan sumber daya yang memungkinkan dapat pula menawarkan jurusan seperti perikanan, pertanian atau peternakan. Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, jurusan-jurusan yang ditawarkan biasanya jadi lebih variatif dan spesifik. 

Kalau kamu tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri, kamu bisa menghubungi SUN Education untuk berdiskusi, lho!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!