5 Alumni Vancouver Film School, Ada yang Dapat Oscar!
5 Alumni Vancouver Film School, Ada yang Dapat Oscar!
13 April 2022
Kenalan dengan Edith Cowan University, Kampusnya Wolverine!
Kenalan dengan Edith Cowan University, Kampusnya Wolverine!
15 April 2022

Do’s & Don’ts Budaya Perancis, Harus Tau Sebelum Studi!

budaya perancis

Perancis adalah negara yang indah dengan sejarah panjang dan beragam budaya yang unik. Tradisi dan kebiasaan yang mengakar di negara tersebut mendefinisikan cinta masyarakat lokal terhadap budaya mereka. Kamu berencana untuk studi di Perancis? That’s great! Sebelumnya, coba pelajari beberapa do’s & don’ts budaya Perancis di bawah ini dulu!

Mengetahui lebih banyak tentang budaya Perancis juga bisa jadi motivasi besar untuk studimu. Pasalnya, dengan mempelajari budaya negara tujuan studimu dengan lebih teliti dan menyeluruh, kamu jadi semakin mengerti dan betah menetap di negara itu.

Berbicara soal budaya Perancis atau norma budaya regional, ada banyak hal menarik dan unik yang bisa dibahas. But did you know, kata “culture” sendiri sebenarnya adalah bahasa Perancis? “Culture” berasal dari bahasa Perancis dengan akar kata cultivation and nurture.

Untuk tau lebih lengkapnya, yuk belajar tata budaya Perancis yang perlu kamu ketahui sebelum belajar di sana!

Do’s

 

Pakai Bahasa Perancis

Budaya Perancis

 

Budaya Perancis yang pertama berkenaan dengan bahasa yang mereka gunakan. Orang Perancis lebih suka terlibat dalam pembicaraan yang menggunakan bahasa asli mereka. Untuk itu, sebelum belajar ke Perancis cobalah belajar bahasa mereka. Setidaknya kamu bisa menunjukkan upaya untuk berbicara melalui frasa sederhana seperti bonjour (halo) atau parlez-vous Anglais (apakah Anda berbicara bahasa Inggris?). Mempelajari bahasa mereka akan membantumu membangun hubungan baik dengan warga lokal.

Pelajari Sejarah

Kalo lagi bahas soal budaya Perancis, you must know that the French take great pride in their history and culture. Nah, demi menunjukkan rasa menghargai terhadap budaya mereka, kamu bisa mempelajari beberapa pengetahuan soal sejarah, politik, dan bahkan budaya mereka. 

 

Etika Sosial

Budaya Perancis

 

Perhatikan etika sosial! Sapa orang dengan gelar yang sesuai dan bicaralah dengan mereka menggunakan cara sopan. Hal ini penting untuk menghindari faux pas atau kecerobohan saat berinteraksi dengan warga lokal.

Breaking Bread

Ini mungkin aneh tapi ingat untuk selalu beli dua baguette, bukan satu. Baguette adalah makanan pokok Perancis. Sarapan? Baguette dengan mentega asin dan selai. Makan siang? Baguette dengan salad. Makan malam? Baguette dengan sup krim hangat. This is more a tip, setiap pergi ke toko roti dan melihat baguette yang baru dipanggang, sangat umum untuk membeli lebih dari satu.

 

Cipika-Cipiki

 

The French love their kisses! Budaya Perancis berikutnya berkenaan dengan cara mereka menyapa satu sama lain saat bertemu, yakni dengan apa yang kita kenal sebagai “cipika-cipiki” alias cium pipi kanan dan kiri.

Ini mungkin canggung, terutama jika kamu terbiasa dengan jabat tangan yang sopan atau tepukan punggung biasa. Di Perancis, kamu harus membiasakan diri untuk cipika-cipiki sambil membuat suara cium, disebut juga sebagai bise.

Do greet everyone individually! Saat bertemu dengan sekelompok teman, pastikan untuk menyapa mereka semua secara individu atau kolektif. Jangan sampai kamu melakukan bise dengan beberapa orang saja karena ini dianggap sebagai hal yang tidak sopan.

Don’ts

Jangan Terlalu Kepo

Budaya Perancis selanjutnya yang perlu kamu catat adalah kamu perlu menghindari mengajukan pertanyaan pribadi yang berkaitan dengan usia, orientasi seksual, keluarga, atau anak-anak. Hal-hal ini perlu dihindari terutama kalo kamu nggak dekat dengan mereka. Orang Perancis sangat menghargai privasi mereka dan privasi orang lain.

 

Tanya Gaji? Big No!

 

Menanyakan tentang gaji dan keuangan seseorang adalah tabu. Melakukannya dianggap sangat nggak sopan, terlepas dari seberapa dekat hubungan antara mereka. 

Kalo kamu ingin menanyakan tentang situasi keuangan atau gaji seseorang, pertanyaan apa pun harus didahului dengan frasa si ce n’est pas indiscret (Jika ini bukan pertanyaan kasar).

Kritik Bisa Menyinggung

Orang Perancis sangat bangga dengan bangsa dan bahasa mereka. Meskipun orang Perancis cenderung cukup kritis, komentar atau kritik negatif tentang bangsa atau identitas mereka dari orang asing dapat menyinggung.

 

Things Take Time

 

Budaya Perancis berikutnya berkaitan dengan kesabaran. Jangan frustrasi dan marah kalo segala sesuatu membutuhkan waktu, orang Perancis memang lebih mementingkan kualitas daripada kenyamanan atau hal yang instan.

Sekarang kamu udah tau deh beberapa do’s & don’ts dari budaya Perancis, make sure to learn them before studying there!

Pingin tau lebih banyak mengenai studi di Perancis? Semua informasi terlengkap mengenai kuliah di Perancis dan banyak negara lainnya bisa kamu baca di SUN E-Guide Book. Akses E-Guide Book ini dari gadget mana pun secara GRATIS.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash, ilini.com

Tinggalkan Balasan