5 Tempat Wisata Inggris yang Instagramable
5 Tempat Wisata Inggris yang Instagramable
1 Maret 2022
Respiratory Therapy / Terapi Pernapasan
1 Maret 2022

Fakta-Fakta Paspor Australia yang Kamu Belum Tau!

Paspor Australia

Source: Unsplash

Paspor adalah dokumen resmi yang diterbitkan pihak berwenang suatu negara yang memuat identitas dari pemegangnya. Kamu bisa melihat paspor sebagai dokumen terpenting untuk dipegang jika ingin ke luar negeri, baik untuk tujuan rekreasi atau bekerja. Seperti contoh, paspor Australia dibutuhkan jika warga Australia ingin belajar atau berkunjung ke luar negeri.

Berbicara soal paspor Australia, ternyata ada beberapa fakta terkait paspor ini yang kamu pasti belum tau!

Untuk tau apa aja fakta-faktanya, baca terus ya!

Fakta Soal Paspor Australia

 

1. Salah Satu yang Termahal
Paspor Australia

Source: Unsplash

 

Australia memiliki salah satu paspor termahal di dunia. Bahkan pada 2020, paspor Australia dinobatkan sebagai paspor paling mahal di antara negara-negara lainnya.

Pada saat itu, biaya paspor sebagai dokumen perjalanan adalah sebesar AUD 298, membuatnya tiga kali lebih tinggi daripada biaya paspor Amerika Serikat!

 

2. Teknologi Biometrik Sejak 2005
Paspor Australia

Source: biometricupdate.com

 

Sejak 24 Oktober 2005, negara tetangga Selandia Baru ini hanya mengeluarkan paspor biometrik, atau bisa kamu sebut ePassport, yang memiliki microchip tertanam dalamnya. Di dalam microchip tersebut berisikan informasi pribadi yang sama dengan yang ada di halaman foto berwarna paspor.

Karena semua paspor sebelumnya kini sudah kedaluwarsa, dapat dikatakan bahwa semua paspor Australia kini sudah memiliki teknologi biometrik. 

SmartGates terpasang di setiap bandara di Australia untuk memungkinkan pemegang ePassport melewati imigrasi dengan lebih cepat. Selain itu, pihak bandara Australia juga memakai teknologi facial recognition di gerbang imigrasi, how cool is that!

 

3. Visa Terkuat Ke-8
Paspor Australia

Source: Unsplash

 

Australians are lucky! Menurut Visa Guide, per 1 Januari 2022, paspor Australia adalah paspor terkuat ke-7 di dunia. Paspor Kanada berada di urutan yang sama.

Pemegang paspor Australia bisa bepergian ke 185 negara dan wilayah tanpa visa atau mendapatkan visa upon arrival.

Beberapa negara yang dapat dikunjungi pemegang paspor Australia tanpa visa termasuk Argentina, Austria, Belgia, Brasil, Kanada, Finlandia, Prancis, Jerman, Islandia, Italia, Jepang, hingga Belanda. 

Take note that these regulations are likely to change! Dikarenakan pandemi Covid-19, pemerintah Australia nggak menjamin bahwa semua dari 180 negara masih menerima visa free atau visa upon arrival bagi pemegang paspor Australia. Hal ini karena banyak negara yang sedang menutup perbatasan mereka demi mencegah penyebaran virus.

4. Lebih dari 31.000 Paspor Hilang

Pemerintah Australia pada 2020 melaporkan bahwa lebih dari 31.000 paspor Australia diperkirakan hilang atau dicuri per tahunnya. Sementara itu, hampir 6.000 dokumen perjalanan darurat diberikan oleh pihak berwenang tiap tahunnya akibat kasus kehilangan paspor Australia.

Per harinya, pemerintah Negeri Kanguru memproses sekitar 7.000 paspor! Angka ini mencapai lebih dari 1,7 juta per tahunnya!

Paspor adalah dokumen yang amat penting dan berharga, maka dari itu saat memegang paspor kamu harus memastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman! Karena jika hilang, proses pengurusannya nggak mudah so be sure to keep it safe!

5. 3 Jenis Paspor

Tau nggak sih kalo ada 3 jenis paspor Australia? Not one, but three! Yang pertama adalah paspor biasa, ini adalah paspor yang paling umum dipegang warga negara Australia dengan masa berlaku antara 5-10 tahun.

Jenis kedua merupakan paspor diplomatik, yang boleh memegang paspor ini hanya orang yang bekerja atas nama pemerintah Australia. Selain itu, yang memegang paspor ini biasanya mereka yang secara luas mewakili pemerintah Australia di luar negeri dalam kapasitas formal dan resmi.

Sementara, jenis ketiga adalah paspor darurat yang berasal dari kedutaan Australia di luar negeri (kecuali London) untuk memfasilitasi perjalanan mendesak warga negara mereka yang memenuhi persyaratan tapi perlu memegang paspor secepat mungkin. Nah, jenis ini nggak bakal memiliki microchip karena kedutaan nggak punya kemampuan buat memproduksi ePassport. Masa berlaku paspor ini pun hanya 7-12 bulan.

 

Apakah Mahasiswa Asing Butuh Paspor Australia?

Source: Unsplash

 

Mungkin kamu bingung sebagai first timer atau mahasiswa baru yang mau daftar ke universitas di Australia. Lantas, apakah paspor Australia jadi salah satu dokumen yang dibutuhkan buat belajar di sana? 

The answer is a big NO. Sebagai warga negara Indonesia, yang kamu butuhkan untuk belajar di Negeri Kanguru tentu adalah paspor Indonesia. Sementara itu, menurut Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia, paspor Australia hanya bisa dipegang oleh orang yang secara resmi diakui dan memiliki dokumen untuk menyatakan dirinya sebagai warga negara Australia.

Nah, lantas dokumen apa dong yang membuktikan validitas kamu sebagai pelajar di Australia? Dokumen itu adalah visa pelajar!

BACA JUGA: Mau Tau Pengalaman Membuat Visa Australia? Simak Di Sini!

Apa Guna Visa Pelajar Australia?

Visa pelajar memungkinkan kamu untuk tinggal, bekerja, dan belajar di Australia selama maksimum lima tahun sesuai dengan program studi pilihanmu. Dengan visa ini, kamu bisa bekerja maksimal 40 jam per dua minggu selama masa studi dan jam tidak terbatas selama istirahat studi. Siswa yang mengambil gelar pascasarjana penelitian dan siswa di industri kritis, termasuk pariwisata dan perhotelan, memiliki fleksibilitas jam kerja tambahan.

Di Australia per Mei 2021, biaya visa pelajar adalah AUD 620 per aplikasi visa. Penting juga untuk dicatat bahwa waktu pemrosesan visa pelajar Australia bervariasi dari orang ke orang. Namun, 75% aplikasi biasanya membutuhkan waktu proses 29 hari dan 90% butuh waktu proses 42 hari.

Jadi, jangan sampe ketuker, ya! As an international student, what you need is a student visa!

Itu dia beberapa penjelasan soal fakta-fakta paspor Australia yang belum diketahui banyak orang. Menarik banget kan dan pastinya nambah pengetahuan kamu soal Australia!

Mau tau lebih banyak lagi soal studi di Australia? Gampang banget caranya! Tinggal baca SUN E-Guide Book dari SUN Education. Kamu akan menemukan informasi lengkap seputar studi ke luar negeri yang bakal menjawab semua pertanyaanmu soal belajar di Negeri Kanguru. E-Guide Book ini bisa kamu akses secara GRATIS dari mana pun dan kapanpun kamu berada.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan