7 Kota Dengan Transportasi Terbaik di Amerika
7 Kota Dengan Transportasi Terbaik di Amerika Serikat
18 Februari 2022
10 Alasan Memilih Jurusan Gizi untuk Kuliah Kamu
10 Alasan Memilih Jurusan Gizi untuk Kuliah Kamu
22 Februari 2022

FYI: Ini Fakta Seputar Kuliah di Negara Malaysia!

Fakta Negara Malaysia

Source: Unsplash

Malaysia adalah salah satu negara yang ideal bagimu untuk melanjutkan kuliah. Kenapa? Karena selain terjangkau, kamu juga bisa hidup dan menjelajahi masyarakat multi-etnis dan interfaith. Eits, tapi bukan itu doang fakta negara Malaysia. Untuk tau lebih lanjut, baca terus ya!

As many of you know, Malaysia adalah negara dengan cuaca tropis yang berbatasan dengan Indonesia dan Thailand. Negara ini terbagi menjadi dua bagian yakni Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur yang penuh dengan sungai dan hutan hujan tropis.

Selain iklim yang sama seperti Indonesia dan jarak yang nggak jauh, alasan lainnya yang bisa membuat kamu ingin kuliah di Malaysia adalah tingkat pendidikan tingginya yang berkualitas. Berdasarkan penghitungan QS World University Ranking, tingkat pendidikan tinggi di negara tersebut telah meningkat.

Atas semua faktor ini, tentu nggak heran jika Malaysia menjadi tujuan studi yang populer di kalangan mahasiswa asing. Tapi tau nggak sih beberapa fakta negara Malaysia lainnya yang nggak kalah menarik? Ini dia beberapa di antaranya!

1. Jumlah Siswa Internasional yang Tinggi

Pada 2020, ada lebih dari 122.000 siswa internasional yang sedang belajar di Malaysia. Para pelajar asing ini berasal dari lebih dari 136 negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. 

Bahkan pada 2015, Malaysia sempat menduduki peringkat ke-12 dalam daftar UNESCO untuk tujuan pendidikan di dunia di antara mahasiswa internasional.

 

2. Reputasi Pendidikan Tinggi Tingkat Global

Fakta Negara Malaysia

Source: Unsplash

Fakta negara Malaysia lainnya adalah negara ini terlibat dalam pendidikan internasional dalam 30 tahun terakhir. Malaysia secara konsisten terus meningkatkan jumlah program pembelajaran berkualitas tinggi yang ditawarkan di universitas-universitas mereka.

Sepuluh tahun lalu, Malaysia kurang dikenal sebagai tujuan studi internasional. Yet now, it’s a different story. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Malaysia telah banyak berinvestasi di sektor pendidikan tinggi negara itu dengan visi menjadikannya sebagai pusat pendidikan terkemuka di Asia Tenggara dan di seluruh dunia.

3. Universitas Berperingkat Tinggi

Did you know, lima universitas di Malaysia masuk dalam daftar 200 teratas QS World University Rankings of 2020! Nggak cuma itu, lebih dari enam universitas di Malaysia memiliki peringkat bintang lima dari QS juga, lho.

4. Belasan Kampus Cabang Internasional

Karena kualitas pendidikannya yang terus meningkat, nggak kaget kalau banyak universitas asing yang memutuskan untuk mendirikan kampus cabang mereka di Malaysia. Karena itu, dengan berkuliah di Malaysia kamu memiliki beragam pilihan pendidikan dari universitas bereputasi tinggi di seluruh dunia.

Saat ini, terdapat belasan kampus cabang asing yang berdiri di malaysia, termasuk universitas yang berasal dari Inggris, Australia, Irlandia dan China. Contohnya termasuk University of Nottingham Malaysia, Southampton University, hingga Monash University Malaysia.

 

5. Hemat Biaya Hidup & Kuliah

Fakta Negara Malaysia

Source: Unsplash

Dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Inggris, belajar di Malaysia masih merupakan pilihan yang sangat terjangkau bagi mahasiswa internasional.

If you don’t know already, biaya kuliah di kampus cabang asing bisa tiga kali lebih murah di Malaysia dibandingkan dengan mengambil mata kuliah yang sama di universitas asal! 

Nggak cuma itu, pengeluaran hidup secara keseluruhan juga termasuk yang paling terjangkau di kawasan ini. But don’t let it fool ya! Meskipun biaya lebih terjangkau, kualitas pendidikan yang ditawarkan tentunya yang terbaik.

Ada lebih dari 100 universitas yang diakui di Malaysia yang menawarkan program dan biaya akomodasi yang terjangkau. Biaya rata-rata program sarjana adalah sekitar RM 40,000 hingga RM 50,000. Banyak universitas Malaysia juga menawarkan gelar internasional dengan biaya yang terhitung murah. 

Selain itu, seperti yang sudah disebut di atas, kualitas universitas Malaysia meningkat setiap tahun dan beberapa di antaranya bahkan diakui oleh QS World University Ranking.

Sementara dalam hal biaya hidup, anggaran rata-rata untuk siswa internasional setiap tahun adalah sekitar RM 14,400. Biaya ini termasuk makanan, transportasi, dan akomodasi. 

Dalam peringkat QS Best Student Cities, ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur dinobatkan sebagai salah satu kota paling terjangkau di dunia bagi pelajar.

6. Tropical Paradise!

Fakta negara Malaysia lainnya yang perlu kamu tau adalah this country is a tropical paradise! Malaysia cocok banget buat kamu yang punya jiwa pengembara. Sebagai salah satu negara berpenduduk terendah di Asia, Malaysia memiliki banyak cagar alam, hutan hujan, dataran tinggi, dan pantai untuk kamu jelajahi selama liburan semester!

Bisa dijamin kalau kuliah di Malaysia, kamu nggak bakal pernah gabut! Pasti akan ada terus aktivitas yang bisa kamu lakukan di tengah-tengah liburan semester, atau bahkan saat ingin main dengan teman-teman kuliah.

Belajar di Malaysia berarti kamu bisa mengunjungi pantai dengan pemandangan menakjubkan. Namun, kamu perlu waspada terhadap musim muson yang terjadi kira-kira antara Oktober hingga Maret, ya!

 

7. Beragam Bahasa

Source: Unsplash

A fact that maybe you didn’t know before: Malaysians speak many languages! Mayoritas orang Malaysia bisa berbicara setidaknya tiga bahasa yaitu Inggris, Bahasa Malaysia, dan bahasa ibu mereka. 

Nggak usah takut, mahasiswa internasional lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan Malaysia karena bahasa Inggris umum digunakan di sini. Apalagi sebagai orang Indonesia, bahasa Indonesia dan Malaysia nggak terlalu beda jauh! Mungkin tetap akan ada beberapa kata atau ucapan umum yang perlu kamu pelajari.

Meskipun bahasa resmi negara ini adalah Bahasa Malaysia, bahasa Inggris juga digunakan secara luas sementara banyak bahasa dan dialek lain, termasuk Mandarin, Kanton, dan Tamil dapat didengar di mana-mana.

Kuliah di Malaysia membuka banyak kesempatan bagi kamu untuk belajar bahasa dan dialek baru dari warga lokal. Penasaran kenapa orang malaysia suka menggunakan “lah” dalam percakapan mereka? Saat belajar di Malaysia, kamu bakal sering ketemu istilah tersebut dan bahkan mulai menggunakannya juga!

Banyak universitas Malaysia menawarkan program gelar pengajaran bahasa Inggris eksklusif. Beberapa universitas juga menawarkan kursus bahasa Inggris singkat bagi mereka yang ingin mengembangkan keterampilan berbicara, membaca, menulis, dan mendengarkan.

Bahkan jika kamu cuma punya pemahaman bahasa Inggris dasar, mengerti beberapa dasar dari Bahasa Malaysia akan berguna dan sopan saat berinteraksi dengan warga lokal. Faktanya, bahasa ini adalah salah satu bahasa termudah untuk dipelajari di dunia.

8. Budaya yang Kaya

Warisan budaya Malaysia yang beragam tercermin dalam masyarakat, kuliner, arsitektur, agama, hingga bahasanya. Berkuliah di Malaysia akan membuatmu tenggelam dalam aspek budaya Malaysia.

Selain itu, menurut Global Peace Index 2020, Malaysia menempati peringkat ke-20 sebagai negara teraman di dunia dan kelima teraman di kawasan Asia-Pasifik. Menyambut semua agama dan ras, Melayu, China, India dan kelompok pribumi memenuhi bangsa, membuat warisan budaya yang kaya yang tercermin dalam berbagai festival dan kuliner yang ada di seluruh negeri.

Itu dia beberapa fakta negara Malaysia yang pastinya bakal buat kamu semakin tertarik kuliah di sana. Gimana? Ready to study at Malaysia?

Eitsss, nggak cuma segitu aja! Masih banyak fakta soal belajar di Malaysia yang bisa kamu baca di SUN E-Guide Book! Download sekarang secara gratis untuk tau informasi lengkap mulai dari living cost, akomodasi, hingga update kebijakan Covid-19 di Negeri Jiran!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan