Berbahasa Inggris dengan Bahasa Tubuh
10 Juni 2019
University of Kansas: Kampus Pilihan Aktor Film Avengers Paul Rudd
11 Juni 2019

Hal-Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang IELTS

IELTS

Sumber: google

Apa itu IELTS?

International English Language Testing System (IELTS) adalah tes bahasa Inggris standar yang dirancang untuk penutur asing yang ingin belajar, bekerja dan tinggal di lingkungan berbahasa Inggris. Sertifikat IELTS membukakan peluang akademik dan profesional secara internasional di banyak lembaga dan tempat di mana bahasa Inggris digunakan. IELTS telah menjadi salah satu sertifikat bahasa Inggris berisiko tinggi yang paling populer di dunia.

Lembaga mana yang menerima sertifikat IELTS?

Saat ini terdapat lebih dari 9.000 organisasi di seluruh dunia yang menerima sertifikat ini sebagai bukti kemahiran dalam bahasa Inggris.

Apa saja komponen ujiannya?

Tes ini terbagi atas empat modul yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Di samping itu, terdapat dua jenis IELTS: akademik dan umum. Sesi mendengarkan dan berbicara untuk kedua jenis tersebut adalah sama, tetapi terdapat berbeda pada bagian membaca dan menulis.

ielts

Sumber: istock

Bagaimana tes mendengarkan dilakukan?

Kamu akan mendengarkan empat rekaman dari penutur asli bahasa Inggris, dan kemudian menuliskan jawaban dari pertanyaannya. Rekaman tersebut hanya akan diputar SEKALI, sehingga kamu harus mendengarkannya dengan seksama. Isi dari masing-masing rekaman tersebut adalah:

Rekaman 1 – percakapan antara dua orang yang diatur dalam konteks sosial sehari-hari.

Rekaman 2 – monolog yang diatur dalam konteks sosial sehari-hari, mis. pidato tentang fasilitas lokal.

Rekaman 3 – percakapan antara hingga empat orang yang diatur dalam konteks pendidikan atau pelatihan, mis. seorang tutor universitas dan seorang siswa mendiskusikan tugas.

Rekaman 4 – sebuah monolog tentang subjek akademis, mis. kuliah di universitas.

Jenis pertanyaan yang akan muncul juga akan bervariasi: penyelesaian, pelabelan, pencocokan, pilihan ganda, dan pertanyaan jawaban singkat.

Bagaimana tes membaca dilakukan?

Membaca adalah bagian kedua dari tes IELTS, dan membutuhkan waktu 60 menit. Tes ini terdiri dari tiga tingkat kesulitan dimulai dari yang terendah, dengan total 40 pertanyaan. Ada beberapa jenis pertanyaan seperti penyelesaian diagram alur, pilihan ganda, benar/salah, pencocokan tema, penyelesaian kalimat, penyelesaian ringkasan, dan kategorisasi.

ielts writing

Sumber: istock

Bagaimana tes menulis dilakukan?

Tes tulisan terdiri dari dua bagian. Pada bagian pertama kamu diharuskan untuk menulis ringkasan setidaknya 150 kata sebagai respon terhadap grafik (grafik batang, garis atau lingkaran), tabel, atau proses (bagaimana sesuatu bekerja, atau bagaimana melakukan sesuatu). Bagian pertama ini menguji kemampuan kamu untuk memilih dan mengungkapkan fitur-fitur utama, untuk menggambarkan dan membandingkan data, mengidentifikasi signifikansi dan tren dalam informasi faktual, atau menggambarkan suatu proses.

Pada bagian kedua, kamu diharuskan untuk menulis setidaknya 250 kata. Kamu akan diberi topik dan akan diuji untuk memberi atau membenarkan pendapat, membahas topik, meringkas, menguraikan masalah, dan mengidentifikasi kemungkinan solusi. Kamu juga harus memperkuat apa yang kamu tulis dengan alasan, argumen, dan contoh yang relevan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadi. Apa yang kamu kerjakan pada bagian kedua ini akan lebih besar bobotnya daripada bagian pertama.

ielts-writing

Sumber: istock

Bagaimana tes berbicara dilakukan?

IELTS Speaking adalah ujian langsung tatap muka antar peserta dengan penguji. Penguji akan memandu peserta pada tiga bagian tes. Bagian pertama adalah pengantar dan wawancara, kemudian dilanjutkan dengan bagian kedua di mana kandidat berbicara tentang topik tertentu selama satu menit. Bagian ketiga merupakan diskusi dua arah secara tematis sesuai dengan giliran masing-masing. Waktu yang diberikan adalah sekitar 11-14 menit.

Manakah yang harus saya ambil: Akademik atau Umum?

IELTS Akademik ditujukan untuk orang yang ingin mengambil program studi di universitas atau institusi lainnya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Sementara itu, IELTS Umum adalah ujian yang harus kamu ambil jika ingin bermigrasi ke negara yang berbahasa Inggris. Baik untuk bekerja maupun jika kamu berencana mengikuti sekolah menengah di negara tersebut.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!