sistem pendidikan di amerika
Menilik Karakteristik Sistem Pendidikan Tinggi di Amerika
24 Januari 2020
Teknologi Konstruksi
Construction Technology/Teknologi Konstruksi
26 Januari 2020

Harga Makanan di Jepang Termurah Hingga Termahal

harga makanan di jepang

Jepang adalah salah satu negara Asia yang kerap dijadikan destinasi studi dan wisata oleh masyarakat Indonesia. Sebagai pertimbangan untuk menentukan budget, kamu tentu saja butuh gambaran mengenai harga makanan di Jepang. Secara umum, karena perbedaan kurs mata uang, harga makanan di Jepang akan relatif lebih mahal dibandingkan dengan di Indonesia. 

Yuk intip harga berbagai makanan Jepang!

Untuk mendapatkan makanan di Jepang, kamu dapat mencarinya di swalayan maupun berbagai jenis restoran. Jenisnya pun sangat beragam mulai dari makanan yang tidak terlalu berat seperti roti dan onigiri (nasi kepal) hingga makanan yang khas seperti sushi dan sashimi. Harganya pun akan sangat variatif tergantung porsi dan juga jenis restorannya.

Convenience Store

Seven eleven

Swalayan atau convenience store di Jepang disebut dengan konbini. Selain menjual berbagai macam barang, di konbini kita juga dapat melakukan layanan pengiriman, penarikan tunai dan juga menyediakan makanan yang bisa dihangatkan. Makanan yang disediakan antara lain adalah onigiri, roti, sandwich, salad dengan kisaran harga 100-300 yen. Sementara untuk makanan yang lebih komplet seperti bento (nasi dan lauk) berkisar antara 200-500 yen. 

Baca Juga : 5 Fakta Tentang Gaya Hidup Orang Jepang

Beberapa swalayan yang terkenal dan memiliki banyak jaringan adalah Family Mart, Lawson dan Seven Eleven. 

Restoran Gyudon

Beberapa restoran cepat saji yang menjual makanan Jepang antara lain Yoshinoya dan Sukiya dengan menu utama gyudon (beef bowl). Menu yang disediakan oleh restoran cepat saji seperti ini adalah beef bowl dan sup miso. Restoran ini biasa menyediakan dalam jenis porsi berdasarkan ukuran mangkuk yang digunakan yaitu kecil, sedang dan besar. 

Kisaran harga: 300-500 yen

Restoran udon

restoran keluarga

Marugame Udon adalah salah satu jaringan restoran yang menyediakan udon dan tenpura sebagai menu utamanya. Udon adalah mi khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu dengan ukuran yang tebal dan agak lebar. Sementara tenpura adalah sayuran dan boga bahari seperti udang dan cumi yang dibalut tepung dan digoreng.

Restoran seperti ini cukup terjangkau dengan pilihan menu yang berkisar seharga 300-500 yen.

Restoran cepat saji

Restoran cepat saji seperti McD, KFC, dan lain-lain juga dapat dengan mudah ditemui di Jepang. Pilihan makanan seperti ini biasanya akan dipilih oleh sebagian orang yang tidak ingin mengambil risiko tidak cocok dengan makanan lokal. Selain itu, beberapa orang juga mengunjungi restoran cepat saji untuk membandingkan menu, rasa serta pelayanannya dengan cabang restoran di negara sendiri. 

Makanan cepat saji dapat kamu beli dalam kisaran harga 500-600 yen saja. 

Restoran keluarga

Restoran keluarga umumnya menyediakan menu-menu dengan harga yang relatif lebih murah. Menu-menu yang disediakan seperti pizza, karaage (masakan yang digoreng dengan teknik yang khas), hingga ramen. 

Harga makanan di restoran keluarga berkisar antara 500-1000 yen. 

Baca Juga : Kuliah Murah di Inggris? Cek 5 Kota Ini!

Kaitenzushi

kaitenzushi

Kaitenzushi adalah restoran sushi cepat saji di mana piring-piring berisi menu diedarkan dengan bantuan ban berjalan. Selain sushi, restoran ini juga menyediakan tenpura, furai (gorengan dengan balutan tepung roti), serta makanan penutup seperti bolu. Minuman dan sup miso juga dapat dipesan di Kaitenzushi. Pemesanan di Kaitenzushi saat ini sudah banyak dengan memanfaatkan teknologi seperti pemesanan menggunakan layar sentuh hingga penghitungan harga dengan mengumpulkan piring kosong. 

Harga makanan di Kaitenzushi juga cukup terjangkau yaitu dalam kisaran 150-500 yen. 

Restoran tradisional Jepang

Jika kamu ingin mencoba masakan tradisional dalam penyajian yang lebih autentik, kamu dapat mengunjungi restoran khusus yang menjual makanan tradisional. Kamu bisa menikmati beraneka ragam sushi yang biasanya disediakan dalam satu paket. 

Baca Juga : Kota Dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Harga satu paket di restoran jenis ini adalah sekitar 1000-5000 yen. 

Selain yang disebutkan di atas, kamu juga mungkin akan menemukan berbagai restoran lainnya yang khusus menjual makanan tertentu seperti restoran ramen, restoran omelet, dan beberapa jenis makanan rumahan. 

Selain itu, kamu juga dapat memasak makanan sendiri dengan mencari bahan-bahan makanan di supermarket. Sebagai contoh, harga dada ayam di supermarket adalah sekitar 400 yen, aneka bumbu sekitar 100 yen, dan sayuran sekitar 200 yen. 

Siap berpetualangan ke negeri Sakura?

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu tentu sudah mendapat gambaran mengenai harga makanan di Jepang. Dengan demikian, kamu sudah bisa menyiapkan budget untuk makan selama kamu di Jepang nanti baik untuk keperluan studi maupun berlibur.

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!