Piala Dunia 2022
Piala Dunia 2022 Qatar Udah Tau Fakta Menariknya?
2 Desember 2022
harga makanan di jepang
Harga Makanan di Jepang Termurah Hingga Termahal
3 Desember 2022

Hari Disabilitas Internasional: Sejarah, Universitas Ramah Difabel & Beasiswa

Hari Disabilitas Internasional selalu di peringati pada 3 Desember. Mungkin banyak orang yang masih asing dengan peringatan yang jatuh di tanggal ini. Namun, pada dasarnya peringatan ini di tujukan untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan para penyandang cacat di seluruh dunia dalam segala bidang. Setiap tahunnya, Hari penyandang cacat Internasional dirayakan dengan tema tertentu. Contohnya pada 2021 lalu, Hari difabel Internasional mengusung tema “Not All Disabilities are Visible” dengan tujuan meningkatkan kesadaran terhadap penyandang cacat. Biar kamu nggak bingung, simak penjelasan tentang Hari Disabilitas Internasional berikut ini! 

Sejarah Hari Disabilitas Internasional

hari disabilitas internasional

Sejarah Hari Disabilitas Internasional atau International Day of Disabled Persons di mulai pada 1970. Pada tahun ini Inggris mengesahkan Undang-Undang Sakit Kronis dan Penyandang Cacat. UU ini berisi pengakuan atas hak-hak para penyandang difabel mulai dari penyediaan bantuan, kesejahteraan, perumahaan juga hak yang sama pada fasilitas rekreasi dan pendidikan. 

Akhirnya pada Oktober 1992, Hari Disabilitas Internasional di tetapkan oleh PBB. Tujuannya adalah memobilisasi dukungan untuk isu-isu kritis yang berkaitan dengan para penyandang cacat dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu difabel. Pada akhirnya, di canangkanlah 3 Desember sebagai Hari Difabel Internasional.

BACA JUGA: Spill Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Nasib penyandang disabilitas sekarang

Hari Disabilitas Internasional

Kini kehadiran penyandang cacat semakin di akui. Hal ini bisa di lihat dari banyaknya event internasional seperti Paralympic yang merupakan event olahraga untuk penyandang cacat. Selain itu, makin banyak fasilitas umum hingga pendidikan yang di bangun khusus untuk mereka. Ini menjadi bukti bahwa penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan orang biasa. 

BACA JUGA: Tips Dapat Letter of Acceptance dari Universitas Impian

Universitas ramah disabilitas

hari cacat internasional

Dalam memberikan hak yang sama pada penyandang disabilitas, kini di dunia pendidikan khususnya universitas semakin ramah untuk mereka. Bagaimana dengan di Indonesia? Di negara kita, universitas yang ramah bagi para difabel di sebut sebagai perguruan tinggi inklusi. Tujuan dari universitas ini adalah pemenuhan pendidikan bagi penyandang disabilitas.  

Di luar negeri, sudah banyak universitas yang meramahkan dirinya untuk mahasiswa penyandang disabilitas. Buktinya bisa di lihat dari banyaknya sarana penyandang disabilitas yang di sediakan di penjuru kampus. Salah satu contohnya adalah Murdoch University di Australia. Kampus ini bahkan menyediakan professional accessibility advisors untuk mendampingi mahasiswa penyandang disabilitas. Sebelum masuk pun mahasiswa di bekali dengan NDIS pre-planning toolkit, lho.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Terbaik di Negara-negara ASEAN

Beasiswa penyandang disabilitas

hari disabilitas internasional

Percaya nggak, di dunia ini ternyata sudah banyak banget beasiswa untuk mahasiswa disabilitas, lho! Beasiswa ini di berikan untuk para siswa penyandang disabilitas yang berprestasi. Contohnya saja di US dan Canada terdapat Microsoft DisAbility Scholarship yang di berikan untuk siswa SMA dari negara manapun untuk menempuh pendidikan di universitas atau universitas berbasis teknologi di US. Syaratnya adalah siswa harus mengambil jurusan Engineering, Computer Science, Law, Business atau jurusan dengan mata kuliah terkait.

Masih banyak lagi beasiswa penyandang disabilitas di seluruh dunia. Namun, kamu harus lebih giat untuk menemukannya. No need to worry, untuk keperluan studi ke luar negeri bisa di serahkan pada SUN Education! Kami siap membantu keperluanmu mulai dari konsultasi jurusan masa depan, persyaratan akademis, persiapan bahasa Inggris, permohonan visa, pembayaran tuition fee hingga akomodasi selama kuliah di luar negeri bisa di bantu! 

Sebelum berangkat kuliah di luar negeri, kamu juga bisa mendownload SUN Education Mobile App untuk mendapatkan informasi terbaru terkait perkuliahan di luar negeri. App ini GRATIS dan bisa kamu download di Play Store maupun App Store. Download sekarang untuk keep you updated!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan