6 Cara Belajar Conversation Bahasa Inggris yang Paling Mudah
6 Cara Belajar Conversation Bahasa Inggris yang Paling Mudah
1 April 2022
Aktivitas Asik Sambil Kuliah di Lancaster University
Aktivitas Asik Sambil Kuliah di Lancaster University
1 April 2022

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Preparation untuk SAT!

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Preparation untuk SAT!

SAT adalah ujian masuk yang digunakan oleh sebagian besar universitas dan perguruan tinggi di Amerika Serikat. Ujian ini biasanya dipakai sebagai bagian dari keputusan penerimaan. Demi mencapai skor maksimal, hindari 5 kesalahan ini saat melakukan SAT preparation!

Kamu udah siapin buku persiapan SAT, udah mengasah pensil, bahkan udah menyiapkan minuman kafein favoritmu. Saatnya untuk SAT preparation! Eits tunggu dulu, sebelum melompat ke persiapan tes kamu, pastikan untuk menghindari beberapa kesalahan umum ini ya!

 

1. Menunda-Nunda

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Preparation untuk SAT!

Pada dasarnya menunda-nunda nggak akan membantumu menyelesaikan apa pun, sama halnya untuk SAT preparation. Persiapan SAT yang menyeluruh dan maksimal mengharuskanmu menguasai pengetahuan dan keterampilan dasar utama yakni pemahaman membaca, kecepatan, dan analisis, hingga pemahaman tentang nuansa bahasa.

Nggak satu pun dari keterampilan di atas bisa kamu pelajari hanya dalam waktu satu atau dua minggu aja! SAT preparation yang baik dan benar membutuhkan waktu berbulan-bulan, bukan berhari-hari.

Untuk itu, kamu harus ingat jika mau mendapatkan skor yang memuaskan, stop menunda-nunda! Get up and study right away. Seperti kata pepatah, hasil tidak akan mengkhianati usahamu.

 

2. Drill and Kill

Nope, ungkapan drill and kill bukan frasa yang dipakai dari game first-person shooter. Persiapan ujian menggunakan metode ini artinya kamu terus-menerus melakukan latihan ujian. Dalam konteks pendidikan, ungkapan ini artinya dengan “drilling” siswa, hal itu hanya akan membunuh motivasinya untuk belajar.

Sama seperti banyak hal lainnya, kamu pasti berpikir bahwa cara untuk menguasai SAT adalah dengan melakukan banyak latihan SAT. You couldn’t be more wrong.

Ada dua masalah dengan pendekatan SAT preparation ini: pertama, pendekatan ini nggak efektif dalam memaksimalkan skor, dan kedua, pendekatan ini nggak akan berguna bagimu setelah ujian SAT selesai.

Terdapat banyak variabel yang berperan dalam SAT. Daripada hanya melakukan latihan tes demi latihan tes, kamu harus berpikir cara untuk benar-benar menguasai keterampilan dasar untuk ujian. Drill and kill nggak akan membantu kamu menguasai apa pun selain bagaimana cara menjawab pertanyaan pilihan ganda yang disajikan saat ujian nanti.

Kenapa? Karena pendekatan SAT preparation ini sebenarnya nggak mengarah pada penguasaan keterampilan dan pengertian dasarmu. It won’t help you beyond the test day. Tentu, latihan SAT dimaksudkan untuk meningkatkan skor SAT kamu, tapi bukannya lebih baik kalo semua waktu dan upayamu itu juga membantumu unggul di universitas nanti?

 

3. Nggak Fokus pada Kekuatan

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Preparation untuk SAT!

Banyak siswa yang memfokuskan SAT preparation pada kelemahan mereka. Makes sense, right? Wrong!

Kalo kamu hanya berlatih di area yang merupakan kelemahanmu, kamu berisiko kehilangan nilai di area yang sudah kamu kuasai. Meningkatkan skormu di satu area tidak akan membantu jika skormu justru turun di area lain. Maka itu, penting juga untuk melatih kekuatanmu, di area di mana kamu udah pasti bisa melakukan peningkatan. Maximize your strengths!

 

4. Menjejalkan Materi Menjelang Ujian

Cramming atau menjejalkan materi itu bukan hal baik. Nggak ada situasi di mana cramming akan membantu tes kamu nanti.

Kenapa? Cramming hanya meningkatkan stres, and stress in the end only decreases performance on tests. Cramming adalah cara yang nggak efektif untuk memasukkan informasi ke dalam memori. Otakmu nggak memiliki cukup waktu untuk memproses dan menyimpan informasi penting.

Selain itu, cramming biasanya akan mengganggu waktu tidurmu dan tidur adalah kunci penting untuk kinerja mental maksimal. 

 

5. Menolak Bantuan

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Preparation untuk SAT!

Apakah kamu mengabaikan pemberitahuan bahwa sekolahmu memberikan SAT preparation gratis? Kamu sama sekali nggak mau memiliki tutor?

Listen here, menerima bantuan untuk SAT preparation bukanlah tindakan untuk mereka yang lemah. Siswa yang bisa mendapatkan skor tinggi adalah mereka yang memanfaatkan setiap sumber daya yang tersedia. Mulai dari sumber online gratis sampai program tutor berbayar. 

While we’re on this topic, kamu bisa banget melakukan persiapan SAT dengan SUN English lho! Dengan tutor berpengalaman, kamu pasti bisa menguasai keterampilan baru dan meningkatkan skor SAT kamu!

Udah tau kan 5 kesalahan umum yang kudu banget kamu hindari saat melakukan SAT preparation? Now that you know, make sure to do the right thing OK!

Mau tau informasi terlengkap dan teraktual soal studi di luar negeri? Kamu hanya perlu akses SUN E-Guide Book! Buruan, akses E-Guide Book secara GRATIS dimanapun dan kapanpun kamu berada!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu untuk melakukan KONSULTASI GRATIS.

Sumber gambar: Pexels

Tinggalkan Balasan