jurusan desain produk
Jurusan Desain Produk, Pilihan Karirnya Banyak!
23 September 2022
Jurusan Biomedical Adalah Jurusan Masa Depan yang Kaya Peminat
27 September 2022

Mengulik Benua Terkecil di Dunia: Iklim dan Musim di Australia

iklim dan musim benua australia

Jangan buru-buru berangkat kuliah ke Australia karena banyak hal penting yang harus kamu persiapkan berdasarkan sejumlah pertimbangan. Beberapa di antaranya menyangkut iklim dan musim Benua Australia yang tentunya beda dari Indonesia.

Kenapa sih hal ini penting? Soalnya kamu perlu menyesuaikan pakaian hingga mungkin obat-obatan dengan iklim dan musim Benua Australia agar tidak mengganggu proses studimu nantinya. Mau belajar lebih banyak soal benua ini? Baca terus!

 

Iklim dan Musim Benua Australia

iklim dan musim benua australia

 

Faktanya, Australia adalah Benua terkecil di dunia. Selain itu kondisi alam Benua Australia kedua terkering dan terdatar setelah antartika.

Berbicara soal iklim dan musim Benua Australia, umumnya iklim sejuk dan penuh sinar matahari. Gimana nggak? Sebagian besar negara ini mendapatkan lebih dari 3.000 jam sinar matahari dalam setahun!

Australia adalah bagian dari Southern Hemisphere, jadi salah satu ciri ciri Benua Australia adalah musimnya akan pasti akan berbeda dari musim yang kamu alami di Indonesia. Iklim di Australia juga bertolak belakang dengan iklim di Eropa dan Amerika Latin.

Ada empat musim di sebagian besar wilayah Australia, dengan wilayah utara yang tropis mengalami musim hujan dan kemarau. Musim panas berlangsung dari Desember hingga Maret dengan suhu rata-rata 29 derajat Celcius. Sementara itu musim gugur berjalan dari Maret hingga Mei, musim dingin dari Juni hingga Agustus dan musim semi dari September hingga November.

 

BACA JUGA: Anti-mainstream! 5 Destinasi Ikonik yang Jadi Ciri Khas Negara Australia

 

Iklim dan Musim di Kota Pelajar Populer

ciri ciri benua australia

 

Setelah tau iklim dan musim Benua Australia secara keseluruhan, penting bagimu untuk secara spesifik juga mencari tau iklim dan musim dari kota tujuan studimu nantinya. Soalnya nantinya kamu akan menetap di akomodasi pilihan di daerah tertentu di Australia, it’s important to know what it’s like out there!

Perth mengalami musim panas yang kering serta musim dingin yang sejuk. Biasanya jarang turun hujan saat musim panas, tetapi badai petir dan hujan deras umum terjadi selama musim yang lebih dingin.

Berbeda dengan Perth, Sydney, Melbourne, dan Brisbane yang terletak di wilayah pantai timur menikmati iklim yang nggak bikin ribet! Perairan laut di wilayah-wilayah ini memainkan peran besar dalam perubahan kondisi cuaca.

Melbourne biasa mengalami keempat musim dalam satu hari – satu menit bisa cerah sebelum berubah menjadi hujan dengan cepat. Sementara Sydney mengalami cuaca hangat namun ringan sepanjang tahun, sedangkan di Brisbane cenderung lebih panas dan kering.

Lebih lanjut, Darwin dan Cairns mengalami cuaca yang sama sepanjang tahun. Darwin mengalami musim hujan dari November hingga April, di mana suhu berkisar antara 25 derajat Celcius hingga 34 derajat Celcius. Musim ini ditandai dengan kelembaban tinggi, hujan monsun dan badai. 

Musim kemarau terjadi dari Mei hingga Oktober dan ditandai dengan hari-hari cerah yang hangat dan kering dengan malam yang lebih dingin. Meskipun suhunya tidak terlalu berbeda sepanjang tahun, kelembabannya tidak setinggi selama musim kemarau. Cairns mengalami hujan lebat selama bulan-bulan musim panas, ketika cuaca cukup lembab dan panas.

 

Ciri ciri Benua Australia

letak geologis australia

 

Salah satu ciri ciri Benua Australia adalah letaknya di antara Samudra Pasifik dan Hindia. Daratan Australia membentang dari barat ke timur sepanjang hampir 4.000 kilometer. 

Sementara kondisi alam Benua Australia meluas lebih jauh 500 kilometer ke ujung selatan pulau Tasmania, dan di utara meluas ke pantai selatan Papua Nugini. 

Ciri ciri Benua Australia lainnya adalah nama julukannya! Australia sempat disebut sebagai  “the Oldest Continent,” “the Last of Lands,” dan “the Last Frontier.” Deskripsi-deskripsi tersebut melambangkan daya tarik dunia terhadap Australia.

 

Letak Geologis Australia

kondisi penduduk australia

 

Setelah udah bahas mengenai iklim dan musim Benua Australia hingga ciri-ciri Benua Australia dan kondisi alam Benua Australia, yuk kita telaah lebih jauh soal letak geologis negara ini!

Australia adalah benua paling datar dan paling kering setelah Antartika. Dilihat dari udara, datarannya yang luas, Australia kelihatan kayak gurun yang luas banget.

 

BACA JUGA: 5 Wisata Australia yang Disebut “Best Hidden Gem”!

 

Meskipun kelihatannya kondisi alam Benua Australia sangat kerin, tetapi justru dataran tanah merah dan hitam di Queensland dan New South Wales sudah lama mendukung industri wol terbesar di dunia.

Fakta soal letak geologis Australia lainnya masih berhubungan dengan datarannya yang terbilang gersang. Kamu pasti nggak tau kalo beberapa daerah paling gersang di negara ini justru menyimpan kekayaan mineral yang besar!

 

Kondisi Penduduk Australia

kondisi alam benua australia

 

Abis udah tau soal letak geologisnya pasti kepo dong soal kondisi penduduk Australia?

Saat ini penduduk Australia terdiri dari lebih dari 270 kelompok etnis, keren banget kan? Artinya kamu juga akan melihat budaya yang beragam selama kuliah di sana.

Meskipun sekitar sembilan per sepuluh penduduk Australia adalah keturunan Eropa, lebih dari seperlima di antaranya merupakan kelahiran asing dan ada pula populasi Aborigin yang kecil.

Kalo bahas kondisi penduduk Australia, kita nggak mungkin nggak bahas bahasa! Walaupun bahasa Inggris bukan bahasa resmi Australia, bahasa ini secara efektif merupakan bahasa nasional de facto dan hampir digunakan secara universal. Namun, ada juga ratusan bahasa Aborigin, meskipun banyak yang telah punah sejak 1950, dan sebagian besar bahasa yang masih hidup hanya memiliki sedikit penutur.

There you have it! Lengkap dari iklim dan musim benua Australia hingga kondisi penduduk Australia udah kita bahas semua. Semakin kenal sama negara ini, semakin pingin studi di sana kan?

Selain iklim, letak geologis, dan kondisi alam Benua Australia, ada segudang hal lainnya yang perlu kamu ketahui untuk studi di Negara Kanguru! Buat tau selengkapnya, baca informasi paling update hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan