cara kuliah di luar negeri
Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri
15 Januari 2020
kuliah di Jerman
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jerman
17 Januari 2020

Ingin Cepat Belajar TOEFL? Ikuti Cara Sederhana Ini!

cara cepat belajar toefl

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language yang dibuat oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Untuk kamu yang berada di sekolah menengah hingga kuliah pasti sudah tak asing lagi dengan tes yang satu ini. TOEFL sendiri diperlukan sebagai persyaratan masuk kuliah untuk hampir seluruh universitas di luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, maupun Australia.

Umumnya tes ini menghabiskan waktu sekitar tiga jam dan memiliki empat bagian, yaitu; grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, dan writing. Buat yang berniat mengambil tes ini sebagai persiapan masuk kuliah keluar negeri ataupun sekadar untuk mengetahui kemampuan, kamu dapat mengikuti beberapa cara cepat belajar TOEFL yang ada di bawah ini:


Meluangkan Waktu Belajar

Tes kemampuan Bahasa Inggris selalu memerlukan waktu belajar karena ia memiliki beberapa materi yang perlu kamu pahami. Jika kamu masih berstatus pelajar, cobalah untuk meluangkan waktu tersebut. Kamu bisa meluangkan waktu dalam sehari setidaknya satu setengah hingga dua jam. Jadwalkan waktu belajar sesuai dengan preferensi atau mood kamu⁠—pagi, sore, atau malam hari. 

Baca Juga : Daftar Universitas di Jerman dan Jurusannya

Coba untuk fokus dan sebisa mungkin jauh dari hal yang dapat mendistraksi proses belajarmu. Kamu bisa membuat jadwal belajar yang berpola seperti yang mana ingin dipelajari lebih awal. Contohnya, 1 atau 2 hari pertama belajar Listening, selanjutnya Structure, Reading, dan kemudian disusul dengan Writing. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi pada bagian yang perlu ditingkatkan lagi.


Menonton Film Berbahasa Inggris

Menonton film berbahasa Inggris merupakan cara ampuh untuk meningkatkan kemampuan listening mu! Kamu dapat mendengarkan percakapannya secara langsung dan hal tersebut justru juga dapat meningkatkan kemampuan vocab. Ketika kamu tidak memahami sebuah kata atau kalimat yang diucapkan, kamu bisa melihatnya dengan subtitle Bahasa Inggris dan cobalah untuk cari artinya melalui kamus.

Baca Juga : Tips Mudah dan Siap Mengerjakan TOEFL

Memahami Kelas Kata

Hal ini sebenarnya mudah untuk meningkatkan nilai structure dalam TOEFL mu. Kamu perlu mengetahui serta memahami pembagian kata yang ada dalam satu kalimat dalam soal structure, seperti subject atau verbnya. Kamu bisa mencari contoh soal belajar TOEFL gratis di internet atau melalui media lain. Jika sudah memahami kelas kata, kamu akan lebih mudah mengerjakan bagian structure nantinya. 


Meningkatkan Penguasaan Vocab

Agar berhasil menyelesaikan TOEFL dan mendapatkan score sesuai harapan, kamu perlu memperkaya kosa kata atau yang disebut dengan vocabulary. Kegiatan seperti membaca buku, majalah, atau bahkan konten sosial media berbahasa Inggris dapat membantu meningkatkan perbendaharaan katamu dengan cepat. Jika ingin mencoba cara lain, carilah contoh soal cara cepat belajar TOEFL yang ada di internet. Dengan cara tersebut, kamu bisa mencoba untuk menerjemahkan beberapa teks atau passage yang ada di soal latihan reading

Disamping itu, kamu perlu lebih rajin membaca karya ilmiah ataupun tulisan-tulisan lainnya yang dapat memperluas wawasan. Kamu bisa membaca mengenai sains, budaya, politik, maupun ekonomi. Hal ini dibutuhkan agar perbendaharaan yang kamu miliki lebih kontekstual dan luas. Apalagi saat TOEFL nanti, kamu akan sekaligus menemukan pengetahuan umum baru karena soal-soalnya sering membahas topik yang knowledgeable.

Baca Juga : Urutan 10 Universitas Terbaik di Dunia 2020

Maximize Yourself

Coba identifikasi sisi lemah yang kamu miliki. Misalnya, kamu merasa titik lemahmu adalah listening. Nah, kamu perlu bekerja lebih keras untuk memperbaikinya. Kamu bisa mencoba untuk lebih sering menonton berita, serial atau film berbahasa Inggris atau mendengarkan lagu dan podcast berbahasa Inggris. Jika kelemahanmu ada dalam reading, seperti ada yang diatas tadi⁠—kamu bisa meningkatkannya dengan cara memperkaya vocabulary

Sumber: Freepik

Nah itu dia beberapa cara cepat belajar TOEFL yang dapat kamu ikuti. Perlu diingat bahwa kamu perlu konsisten agar dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dan itu tidak ada yang instan. Semua butuh proses⁠—dan jangan terlalu mengkhawatirkannya! Jika kamu sulit berlatih sendiri, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dan dukungan. Kamu bisa meminta bantuan teman dan keluarga untuk belajar bersama atau melalui tenaga pengajar profesional. Tetap semangat saat mencoba dan semoga cara-cara sederhana diatas dapat membantumu ya!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!