Ini Dia 5 Jurusan Favorit di Western Sydney University!
Ini Dia 5 Jurusan Favorit di Western Sydney University!
14 Februari 2022
Apa Saja sih Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi?
Apa Saja sih Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi?
16 Februari 2022

Ini Dia Alternatif Tes TOEFL iBT yang Bisa ONLINE!

tes TOEFL iBT online

Source: Unsplash

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah sertifikasi yang menilai kemampuan berbahasa Inggris. Tes ini diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS), lembaga yang berbasis di Amerika Serikat. But did you know bahwa ada alternatif lainnya dari tes TOEFL iBT online? Yuk baca lebih lanjut buat tau!

TOEFL seringkali jadi salah satu jenis sertifikasi bahasa Inggris yang kamu butuhkan untuk keperluan belajar di luar negeri atau diperlukan untuk kelengkapan berkas pendaftaran lainnya.

Mungkin kamu bingung dengan sebutan TOEFL iBT di atas, untuk itu kamu perlu tau kalau secara umum TOEFL dibagi menjadi dua yaitu TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL iBT (Internet Based Test). Perbedaan keduanya berdasarkan skor maksimalnya dengan 500-600 untuk TOEFL ITP dan 120 untuk TOEFL iBT.

Apa itu TOEFL iBT?

Kali ini, sebelum membahas soal tes TOEFL iBT online, kita akan berkenalan lebih jauh dengan TOEFL iBT itu sendiri!

Saat mengerjakan TOEFL iBT kamu akan menghadapi empat bagian soal yaitu reading, listening, speaking, dan writing yang masing-masing memiliki skor maksimum 30. 

Perlu ingat bahwa masa berlaku skornya hanya selama dua tahun saja ya! Jadi, kalau misalnya kamu butuh sertifikat tersebut untuk mendaftar perkuliahan atau beasiswa dan masa berlakunya sudah kedaluwarsa, kamu harus ambil tes ulang kembali.

 

BACA JUGA: Mau Unggul Tes TOEFL iBT Speaking? Catat Tips Ini! 

 

Alternatif Tes TOEFL iBT Online

tes TOEFL iBT online

Source: Unsplash

Tes-tes TOEFL wajib kamu ikuti di tempat-tempat resmi yang udah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Nah, hal ini bisa aja jadi masalah tersendiri apalagi di tengah pandemi Covid-19 di mana pemerintah menyarankan kita untuk tetap di rumah dan mengurangi mobilitas demi menekan laju penyebaran virus. 

Keharusan datang ke tempat ujian mungkin jadi problema bagi kamu yang tinggal di lokasi terpencil atau ada kendala soal mobilitas. Nggak usah pusing! Udah ada alternatif dari tes TOEFL iBT online alias tes ini bisa kamu akses dari mana aja asal punya gadget, nggak perlu datang ke tempat tertentu!

Alternatifnya adalah… drum rolls please, Duolingo English Test! Sekarang, udah semakin banyak universitas internasional yang mengumumkan kalau mereka menerima hasil tes ini sebagai bagian berkas pendaftaran masuk.

Dalam periode di mana kita semua dianjurkan untuk stay at home, Duolingo English Test jadi pilihan alternatif terbaik dari tes TOEFL iBT online.

Apa itu Duolingo English Test?

Duolingo English Test akan berbasis online sepenuhnya, jadi kamu nggak perlu repot-repot datang ke tempat tertentu buat ambil tes ini. Tes ini adalah sejenis tes kecakapan bahasa Inggris yang nantinya menentukan pemahamanmu terhadap bahasa tersebut. Banyak yang menilai tes ini sebagai cara terbaik untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris karena menggunakan sistem yang sangat adaptif.

Apa itu sistem adaptif? Intinya, kalau kamu jawab satu pertanyaan dengan benar, pertanyaan selanjutnya secara bertahap akan menjadi lebih sulit. Tapi kalau kamu memilih jawaban yang salah, secara sistem, tes ini akan memberikan pertanyaan yang lebih mudah. Dengan metode seperti ini, sistem bisa menentukan level berbahasa Inggris-mu dengan akurasi yang tinggi.

 

Mana yang Lebih Mudah?

Source: Unsplash

Secara teori, setiap tes sama-sama mengukur kemampuan bahasa Inggris kamu. Meskipun skor kamu di beberapa tes akan mencerminkan tingkat kemahiran bahasa Inggris yang sama, ada beberapa aspek dari Duolingo English Test yang membuatnya menjadi pengalaman yang tidak terlalu menegangkan dibandingkan TOEFL iBT.

1. Bagian reading yang lebih pendek

Hanya ada satu jenis pertanyaan pada Duolingo English Tes yang mencakup bagian bacaan: jenis Read and Complete Question. Paling-paling, bagian-bagian ini nggak akan lebih dari 150 kata. Bandingkan ini dengan TOEFL yang mengharuskan kamu membaca tiga bacaan akademik yang panjang, masing-masing mencatat sekitar 700 kata.

2. Tes yang lebih singkat

Versi terbaru dari TOEFL iBT berlangsung sedikit lebih dari tiga jam, sementara Duolingo English Test hanya membutuhkan waktu satu jam.

Sebenernya, baik TOEFL iBT maupun Duolingo English Test nggak lebih mudah dari yang lain, tetapi jenis test Duolingo menawarkan pengalaman tes yang lebih sederhana. 

 

Perbedaan Duolingo English Test dengan Tes TOEFL iBT Online

Source: Unsplash

Perbedaan utama dari kedua jenis tes ini adalah peserta tidak perlu mendengarkan, membaca atau menulis teks yang panjang. Selain itu, Duolingo English Test nggak membagi ujiannya dalam 4 bagian spesifik (Reading, Listening, Speaking dan Writing) seperti IELTS atau TOEFL. 

Jadi saat mengerjakan Duolingo English Test, setelah kamu menjawab 1 soal reading, kamu bisa aja langsung mendapatkan soal writing. Lalu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya di atas, Duolingo English Test adalah tes yang adaptif. Hal ini tentunya berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang tidak beradaptasi dengan tingkat kemahiran yang ditunjukkan peserta saat mengikuti ujian.

Kenapa Pilih Duolingo English Test Sebagai Alternatif?

Jenis tes ini semakin populer karena memang banyak keuntungannya. For example, Duolingo English Test sangat nyaman dan terjangkau dibanding TOEFL atau IELTS.

Kamu bisa ikut tes ini kapan saja, dari kenyamanan rumahmu sendiri. Ujian selesai dalam 45 menit dan hasilnya bakal tersedia dalam maksimal 48 jam setelah kamu mengikuti tes.

Dengan Duolingo English Test, kamu nggak perlu lagi menunggu! You can take it whenever you feel ready to do so.

On top of that, tes ini sangat terjangkau dibandingkan dengan sertifikasi lainnya. Kamu cuma perlu bayar biaya sebesar US$49! Mereka juga nggak membebankan biaya untuk pengiriman nilai ke universitas pilihanmu.

Hal yang harus kamu persiapkan sebelum mengikuti tes ini pun minim, kamu hanya butuh komputer dengan mikrofon, speaker, dan kamera yang berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan kamu punya browser dengan versi terbaru dan koneksi internet yang stabil, ya! 

Pihak Duolingo menginformasikan bahwa koneksi internetmu minimal memiliki kecepatan unduh  2 Mbps dan kecepatan unggah 1 Mbps. Selain itu, kamu juga harus menunjukkan tanda pengenal (paspor atau KTP) sebagai verifikasi saat mengambil tes.

Persiapan mudah di SUN English

Udah tau kan soal alternatif tes TOEFL iBT online? Jangan skip ya, walaupun Duolingo English Test nantinya diikuti secara online, kamu tetap perlu persiapan yang mencakup latihan dan belajar yang banyak!

Bingung mulai belajar dari mana dan metode terbaiknya apa? Don’t sweat it! Belajar aja dengan ikut serta dalam preparation program langsung dari lembaga profesional seperti SUN English

SUN English menyediakan Duolingo Preparation Class untuk membantu dalam mempersiapkan Duolingo English Test!

Program eksklusif ini menawarkan metode belajar yang lebih personal, efektif, maksimal, dan interaktif! SUN English juga meng-update kurikulum secara berkala agar materi belajar tetap relevan dengan perkembangan pendidikan di era digital ini. Jadi, melalui program mereka kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki!

Tutor profesional bahasa Inggris di SUN English siap sedia dan bisa lebih dari membantumu dalam mempersiapkan diri! Ayo, daftarkan diri di SUN English secepatnya!

Mau informasi lebih lanjut soal belajar bahasa Inggris di SUN English dan kepentingan menguasai bahasa Inggris untuk studi di luar negeri? Cek SUN E-Guide Book dari SUN Education aja! E-Guide Book yang bisa diakses secara online dan gratis ini akan jadi bekal kamu sebelum jadi mahasiswa internasional!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan