Sebelum Memilih, Kamu Harus Tahu Materi Kuliah Sistem Informasi Berikut Ini!
Sebelum Memilih, Kamu Harus Tahu Materi Kuliah Sistem Informasi Berikut Ini!
1 Desember 2021
7 Alasan Kenapa Kamu Harus Apply ke Universitas di Australia
7 Alasan Kenapa Kamu Harus Apply ke University of Sydney!
3 Desember 2021

Ini Dia Pengalaman yang Bakal Kamu Hadapi Saat Kuliah Jurusan Hubungan Internasional!

pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional

Source: Unsplash

Saat transisi dari SMA ke kuliah, kamu pasti akan beradaptasi untuk memulai lembaran baru. Salah satu adaptasi yang kamu harus lakukan adalah adaptasi terkait pengalaman perkuliahan yang berbeda-beda. Contohnya, pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional pasti nggak akan sama dengan pengalaman kuliah bisnis.

Menurut ensiklopedia online, Britannica, jurusan hubungan internasional mempelajari bagaimana dunia bekerja dan seperti apa praktik politik, budaya, serta ekonomi mempengaruhi sistem tatanan global. Banyak dari program mengharuskan siswa untuk berspesialisasi dalam tema tertentu, mulai dari keamanan global hingga hak asasi manusia, serta di wilayah tertentu di dunia.

Saat lulus nantinya, mahasiswa hubungan internasional harus memiliki pemahaman lebih dalam soal faktor ekonomi, politik, budaya, sejarah, dan hukum yang mempengaruhi urusan internasional Mahasiswa juga harus memiliki keterampilan untuk menganalisis peristiwa internasional terkini dan mengkomunikasikan analisis mereka secara efektif.

Lantas bagaimana, sih, sebenarnya pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional? Hang tight and pay attention!

 

Pengalaman Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

1) Belajar Memahami Dunia
pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional

Source: Unsplash

Jurusan hubungan internasional menggabungkan antara bahasa asing, sejarah, ekonomi, dan politik. Akibatnya, pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional yang akan sering kalian hadapi adalah menekankan pentingnya memahami bagaimana kondisi dunia menjadi seperti sekarang ini.

Dengan dosen yang berwawasan dan menarik, jurusan ini merupakan pilihan yang sangat baik bagi calon mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam diskusi kelas yang melibatkan dan mengembangkan dasar yang menyeluruh dalam diplomasi, ekonomi internasional, dan bidang lainnya dalam hubungan internasional!

2) Perluas Keterampilan Komunikasi
pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional

Source: Unsplash

Jurusan hubungan internasional identik dengan diplomasi, dan diplomasi identik dengan komunikasi yang efektif. Dengan mempelajari jurusan ini, kamu akan memperluas keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah dalam konteks global.

Sebagai mahasiswa hubungan internasional, kamu nggak hanya bakal mempelajari politik global, tetapi juga memperkenalkanmu pada sejumlah bidang yang dapat kamu tempuh dalam karirmu nantinya.

3) Minat Khusus

Selanjutnya, pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional yang akan kamu temui adalah berbagai peminatan khusus. Karena hubungan internasional menarik dari berbagai bidang, banyak minat khusus yang ditawarkan seperti kebijakan ekonomi, hak asasi manusia, dan lainnya.

Hal ini mengarah pada lingkungan belajar yang kaya akan ilmu, di mana kamu dapat mengembangkan kemampuan untuk mengatasi masalah berlapis-lapis dan mempertanyakan bagaimana kita semua bisa menjadi warga dunia yang lebih baik.

4) Rasa Kepo yang Tinggi

Source: Unsplash

Pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional lainnya yang akan kamu hadapi adalah cara belajar mengasah agar kamu kepo terus dengan apa yang terjadi di dunia. Kamu harus menikmati mengikuti berita global dari sumber yang kredibel dan mendiskusikan serta menganalisisnya dengan sesama mahasiswa atau dosenmu. 

Banyak program gelar hubungan internasional mengharuskan atau sangat mendorong mahasiswanya untuk menghabiskan waktu di luar negeri. Memiliki ketertarikan pada bahasa juga membantu dalam jurusan ini, karena sebagian besar gelar hubungan internasional mengharuskan siswa untuk menyelesaikan kursus lanjutan dalam setidaknya satu bahasa. Mahasiswa jurusan ini akan mendapatkan campuran kursus yang mencakup politik, kebijakan dan sejarah, serta ekonomi, statistik, dan ilmu data.

Opsi Karier

Hubungan internasional tidak membatasi mahasiswa untuk berkarier hanya dalam bidang politik saja. Nah, ini dia beberapa pilihan pekerjaan yang paling populer di bidang ini.

1) Diplomat
pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional

Source: Unsplash

Tugas seorang diplomat adalah menjaga hubungan baik antarnegara. Diplomat mewakili dan melindungi kepentingan suatu negara di luar negeri dalam hal politik, perdagangan, dan jasa konsuler. Beberapa tanggung jawab adalah mengumpulkan dan melaporkan semua informasi yang akan mempengaruhi kepentingan bangsa, membahas dan merundingkan isu-isu seperti perdamaian, dan aspek sosial dan budaya.

2) Analis Intelijen

Seorang analis intelijen bekerja di militer, angkatan laut, kementerian keamanan nasional, atau hampir semua departemen negara bagian. Beberapa tugas utama termasuk mengumpulkan dan menganalisis data intelijen operasional, melakukan laporan misi, mengevaluasi hasil, dan memelihara database intelijen.

3) Analis Kebijakan

Lebih lanjut, analis kebijakan atau policy analyst dipekerjakan oleh pemerintah, tetapi peluang kerja juga dapat ditemukan di perusahaan media atau lembaga penelitian. Beberapa tugas yang mereka lakukan adalah menafsirkan perkembangan politik dan memberi nasihat kepada pejabat pemerintah, partai politik, atau media.

Itu dia tadi pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional hingga prospek karir populer bagi kamu yang berencana mendapatkan gelarnya. Definitely makes you wanna delve deeper to international relations, right?!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan