4 Artis Ini Pernah Kuliah di University of Arizona!
4 Artis Ini Pernah Kuliah di University of Arizona!
16 Juni 2022
Gaji Lulusan Ilmu Komunikasi Sesuai Pekerjaannya
Gaji Lulusan Ilmu Komunikasi Sesuai Pekerjaannya
20 Juni 2022

Ini Syarat Umum Masuk Jurusan Pertanian buat Mahasiswa Asing!

Ini Syarat Umum Masuk Jurusan Pertanian buat Mahasiswa Asing!

Gelar terkait sains masih menjadi salah satu yang paling populer di kalangan mahasiswa internasional. Namun, saat membicarakan sains, kadang kita lupa bahwa jurusan pertanian termasuk di dalamnya. Mau tau lebih banyak soal syarat masuk jurusan pertanian buat mahasiswa internasional? Baca terus!

 

Biasanya ditawarkan sebagai gelar Bachelor of Science (BSc Agriculture), jurusan pertanian mengharuskan mahasiswanya memiliki pemahaman mendalam soal ilmu alam dan sosial, lingkungan, kimia, hingga bisnis.

 

Pertama-tama kamu akan belajar cara membangun landasan ilmiah yang kuat di bidang pertanian dengan mempelajari biologi, lingkungan alam, produksi pertanian, dan ilmu pertanian. Saat masa studi berlanjut, kamu biasanya bisa mempersonalisasi gelar dengan mata kuliah opsional untuk mencerminkan minatmu.

 

BACA JUGA: Apa Itu Agribisnis? Ini Pengalaman Kuliah Hingga Prospek Kerjanya!

 

Apa itu Jurusan Pertanian?

Ini Syarat Umum Masuk Jurusan Pertanian buat Mahasiswa Asing!

Sebelum kita bedah syarat masuk jurusan pertanian, lebih baik kamu menambah pengetahuan soal jurusan ini. Gelar sarjana di bidang pertanian mengeksplorasi masalah biologis dan ilmiah, politik dan hukum, lingkungan, ekonomi dan sosial yang berdampak pada bagaimana pangan sampai ke tangan rakyat.

 

Tergantung universitas tujuanmu, tapi biasanya beberapa program studi mengharuskan mahasiswa fokus pada bidang khusus dalam pertanian seperti ilmu hewan, ilmu kuda, produksi tanaman atau manajemen bisnis pertanian. Selain itu, mahasiswa juga bisa mengembangkan skill kepemimpinan melalui magang  dan program pertukaran pelajar ke negara lain.

 

Pasti penasaran kan lulus dari jurusan pertanian bisa kerja jadi apa? Nah, gelar sarjana dalam ilmu pertanian bisa mengarah ke karir di berbagai jenis agrikultur, bidang yang berhubungan dengan pangan atau ilmu lain yang terkait pertanian.

 

Syarat Masuk Jurusan Pertanian

Ini Syarat Umum Masuk Jurusan Pertanian buat Mahasiswa Asing!

Ini dia yang ditunggu-tunggu, syarat masuk jurusan pertanian! Walaupun ini hanya syarat umum, perlu kamu catat bahwa biasanya persyaratan buat mahasiswa asing berbeda-beda tergantung dari universitas tujuanmu.

 

Umumnya, masuk ke program sarjana pertanian membutuhkan ijazah SMA atau kualifikasi setara. Beberapa universitas di luar negeri menyarankan siswa mengambil kursus SMA dalam berbagai ilmu, seperti ilmu lingkungan atau biologi, sebagai persiapan ekstra untuk masuk ke jurusan pertanian nantinya.

 

Kamu juga mungkin perlu menunjukkan latar belakang pengetahuan yang kuat dalam sains. Selain itu, pengalaman kerja yang relevan juga akan membantu aplikasi kamu!

 

BACA JUGA: 8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

 

Nah, nanti pas kamu jadi mahasiswa pertanian, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah umum yang mencakup ilmu fisika dan kehidupan, serta dapat menggabungkan pilihan yang berfokus pada topik spesialisasi. Kamu juga bisa ambil mata kuliah yang berkaitan dengan bisnis, produksi pangan, atau pestisida.

 

Rentang dan kombinasi topik yang diajarkan akan bervariasi tergantung pada universitas yang kamu tuju. Beberapa jurusan pertanian berfokus pada mempersiapkan siswa untuk bekerja di tingkat internasional, mencakup topik-topik seperti ekonomi berbasis biologi, keberlanjutan dalam skala global, dan sistem pangan global.

 

Minat Mahasiswa Jurusan Pertanian

Ini Syarat Umum Masuk Jurusan Pertanian buat Mahasiswa Asing!

Mahasiswa jurusan pertanian berminat dalam melestarikan, mempelajari, dan mengelola berbagai bentuk sumber daya alam, khususnya yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan. Mereka juga akan menyelam lebih dalam untuk belajar soal teori-teori ilmiah atau melakukan penelitian.

 

Mereka pun harus mahir dalam pekerjaan seperti perbaikan, menggambar, dan/atau penggunaan berbagai jenis alat. Jurusan pertanian harus kuat dalam sains, terutama biologi. Jurusan pertanian menikmati kegiatan di luar ruangan dan olahraga.

 

Itu dia semuanya! Mulai dari introduction mengenai jurusan pertanian, hingga syarat masuk jurusan pertanian udah kita bahas tuntas! Jangan lupa kalo jurusan ini banyak ditawarkan oleh universitas luar negeri lho, don’t hesitate to study abroad!

 

Pingin tau lebih banyak lagi soal opsi universitas di luar negeri? Bisa dong! Ada banyak universitas terbaik yang cocok buat kamu, untuk tau lebih lanjut, baca dulu SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Pexels

Tinggalkan Balasan