PTE Academic Test
4 Keunggulan PTE Academic Test Buat yang Mau Tes Bahasa Inggris
14 Juli 2022
Logo Duolingo App
Belajar Bahasa Asing di Duolingo App Serasa Main Game!
16 Juli 2022

Inilah Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika; Gajinya Selangit!

Bahasa pemrograman di teknik informatika

Seiring kebutuhan industri yang serba terkomputerisasi, menjadi salah satu alasan memilih jurusan teknik informatika menjadi keputusan tepat di jenjang perkuliahan. Namun bukan itu saja, pilihan karir yang luas dengan standar gaji yang di atas rata-rata juga menjadi pertimbangan untuk melanjutkan studi di jurusan yang erat dengan komputer ini.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita simak dulu apa sih jurusan teknik informatika dan apa saja lingkup pekerjaannya. Jangan kamu kira cuma belajar install software aja ya!

Sekilas tentang Jurusan Teknik Informatika

Sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika kamu akan mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan menjalankan analisis secara logis dan matematis selama tahap perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, software, dan kinerja komputer.

alasan memilih jurusan teknik informatika

Nantinya, kamu akan sering mengolah data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang berjalan secara prinsip dan dasar-dasar logika. Nah, untuk melatih kemampuan logika, kamu juga harus mendalami dasar-dasar dari matematika nih! Karena, selama menjalani perkuliahan kamu akan sering menggunakan bahasa pemrograman yang menggunakan algoritma. Algoritma sendiri berasal dari persilangan antara matematika dan logika. Sudah siap hitung-hitungan belum nih?

 

BACA JUGA: Apakah Jurusan Informatika itu Susah? Cek Jawabannya di Sini!

 

Alasan Masuk ke Jurusan Teknik Informatika

1. Pilihan Bidang Pekerjaan yang Luas

Kehadiran internet dan smartphone akhirnya mampu mengubah arah industri dan kebutuhan manusia. Seluruh bidang, mulai dari manufaktur, restoran, kesehatan, dan terutama aplikasi membutuhkan sarjana teknik informatika untuk mengembangkan produk mereka agar bisa masuk ke industri 4.0.

alasan memilih jurusan teknik informatika

Karena setiap industri membutuhkan jasa pemrograman komputer, kamu bisa pilih bidang pekerjaan yang luas. Mulai dari di BUMN, instansi pemerintah, hingga perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook loh! Seru banget ya?

2. Jenjang Karir dengan Gaji Selangit

Di sejumlah perusahaan berbasis teknologi, akan selalu membutuhkan sarjana teknik informatika. Kamu bisa bertanggung jawab untuk mengembangkan aplikasi, menganalisa error pada sistem server, hingga mengamankan data perusahaan melalui cyber security.

alasan memilih jurusan teknik informatika

Dari segi gaji pun lulusan ini memiliki rentang gaji di atas rata-rata, dibandingkan jabatan lainnya berdasarkan keahlian, pengalaman, dan spesialisasi skill yang kamu miliki. Bahkan seorang Chief Technology Officer (CTO) bisa mendapatkan gaji hingga 3 digit dalam sebulan loh. Wow! Siapa yang nggak minat nih.

3. Berpeluang Kerja di Perusahaan Global

Salah satu keuntungan berkarir di bidang teknologi adalah kamu akan menggunakan bahasa dan istilah pemrograman yang sama di seluruh dunia. Artinya, entah kamu akan mengembangkan aplikasi untuk pasar di Indonesia maupun di Eropa, kamu akan menggunakan algoritma komputer yang serupa.

alasan memilih jurusan teknik informatika

Dengan bekerja di perusahaan internasional, selain bergengsi, kamu juga berpotensi mendapatkan gaji yang lebih tinggi loh, apalagi jika kamu lulusan universitas top dunia.  Nah, kalo kamu berencana masuk ke universitas terbaik di luar negeri, konsultasikan pilihan kamu bersama SUN Education yuk!

4. Mampu Mengembangkan Aplikasi Sendiri

Jika kamu punya segudang ide-ide liar yang mau kembangkan dan realisasikan menjadi sebuah aplikasi, kamu bisa banget buat sendiri loh! Dengan keahlian yang kamu pelajari selama kuliah, kamu bisa mulai dengan aplikasi sederhana. Lalu, dengan bantuan internet dan media sosial kamu bisa dengan mudah memperkenalkan aplikasi dan menarik banyak orang untuk ikut serta dalam tahap pengembangan.

alasan memilih jurusan teknik informatika

Bila mampu menarik minat banyak orang, bukan tidak mungkin jika kamu bisa membangun agensi pengembangan aplikasi dan menjualnya ke perusahaan lain yang berniat bergabung ke industri 4.0. Dan ingat, bahasa pemrograman dan komputer bersifat universal. Bisa saja kamu mengembangkan sayap hingga ke ranah global nih!

 

BACA JUGA: Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika di Tahun Pertama di Singapura

 

Pilihan Universtias Jurusan Teknik Informatika

Di Indonesia, sudah banyak universitas yang menyediakan jurusan Teknik Informatika. ITB dan ITS merupakan beberapa di antara universitas PTN dengan jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia. Jika memilih swasta, Universitas Telkom dan Binus bisa menjadi pilihan. 

Jika berencana melanjutkan kuliah ke luar negeri, MIT sudah menjadi langgangan dengan lulusan Teknik Informatika terbaik di dunia. Kalau kamu mencari universitas lainnya, kamu bisa pilih Nanyang University dan National University of Singapore yang berlokasi dekat dengan Indonesia. 

alasan memilih jurusan teknik informatika

Gaji selangit dan prospek kerja yang menjanjikan sepertinya jadi alasan memilih jurusan teknik informatika yang menjadi pertimbangan utama. Nah, kalo kamu masih bingung memilih universitas mana yang menawarkan Jurusan Teknik Informatika terbaik, terutama universitas di luar negeri, kamu bisa nih konsultasi bersama SUN Education. 

Berbagai informasi seputar program studi, program beasiswa, akomodasi mahasiswa, dan info menarik lainnya bisa kamu dapatkan. Soal biaya, tenang aja karena kamu bisa konsultasi secara GRATIS! Cek juga SUN E-Guide Book untuk mencari tahu lebih jauh tentang informasi program beasiswa di universitas luar negeri. Kamu bisa akses langsung dari gadget kamu, kapan pun dan di manapun! Tambah seru lagi karena ini semua dijamin GRATIS! 

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotam

Tinggalkan Balasan