kanada
Kanada: Negara Yang Ramah Imigran
24 Juni 2019
swedia waste management
Pengelolaan Sampah Terbaik di Dunia dari Swedia
24 Juni 2019

Intan & Amritha: Momen Menyenangkan Berkuliah di UoW College Australia

Berkuliah di luar negeri akan membuatmu berada jauh dari rumah. Namun bagaimana jika kampus memberikan lingkungan nyaman dan fasilitas yang menunjang?

Sumber: UoW Australia Youtube (Intan [left] – Amritha [right])

Intan dan Amritha adalah dua mahasiswi University of Wollongong (UoW) College Australia. Sama-sama berasal dari Bali, mereka merantau dari Indonesia ke negeri kanguru untuk menempuh studi sesuai bidang yang diminati. Intan merupakan mahasiswi diploma Teknologi Informasi, sedangkan Amritha merupakan mahasiswi yang menempuh program Bisnis.

Sumber: Freepik

Intan, memilih untuk berkecimpung dalam Teknologi Informasi karena ia memiliki ketertarikan dengan bidang tersebut. “Sekarang kita hidup di era globalisasi. Karena itu, aku ingin memahami lebih mengenai teknologi,” ujarnya. Globalisasi memang memiliki keterkaitan dengan teknologi. Globalisasi dapat menjalar keseluruh pelosok negeri dengan adanya teknologi dan sebaliknya, teknologi dapat berkembang pesat karena adanya bantuan informasi dari globalisasi.

Sumber: Freepik

Disisi lain, ada Amritha yang merupakan mahasiswi Bisnis program diploma UoW. Ia yang memiliki minat besar dalam bidang tersebut berencana ingin membangun bisnis sendiri di Indonesia. Bercerita tentang pengalaman studi luar negerinya, Amritha merasa bahwa kemampuan berbahasa Inggrisnya mulai meningkat. Hal itu dikarenakan ia yang sering menggunakan bahasa tersebut setiap hari ketika berkomunikasi dengan siswa lokal serta internasional.

Sumber: Freepik

Ketika membahas kehidupan perkuliahan di University of Wollongong College, Amritha yang bertempat tinggal di residen kampus merasa bahwa Wollongong seperti rumah keduanya setelah Bali. Baiknya, hal tersebut juga serupa dengan yang dirasakan oleh Intan. Intan pun menuturkan kesannya bahwa ia mendapatkan pengalaman menyenangkan—lingkungan kampus yang nyaman serta bertemu dengan siswa dari seluruh dunia dengan latar belakang budaya yang berbeda.

Sumber: University of Wollongong

Selain itu, tak hanya lingkungan nyaman saja. UoW College menyediakan fasilitas menunjang seperti konsultasi karir yang dapat membantunya mengatur dan mencapai target karir yang diinginkan serta konseling yang membantu menyelesaikan masalah personal maupun studinya. Di akhir cerita pengalaman studi UoW, Intan mengatakan bahwa ia akan kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi dan berpartisipasi dalam proyek pemerintah untuk mengaplikasikan apa yang telah dipelajarinya selama ini.

Sumber: UoW Global Enterprises

Nah, melihat dari cerita pengalaman mereka, kamu tidak perlu takut untuk berkuliah di luar negeri. Jika kampusnya memang terbukti aman dan memiliki deretan fasilitas kontributif, pasti hal tersebut akan memudahkan proses belajar dan adaptasimu. Karena itu, jika ingin berkuliah di Australia namun status pendidikan terakhirmu berkurikulum nasional, kamu bisa mencoba program pathway di UoW College seperti halnya Intan dan Amritha.

Sumber: Freepik

Nantinya, kamu hanya perlu menyelesaikan tahun pertama dan dilanjutkan dengan tiga tahun studi untuk undergraduate di University of Wollongong. Kamu pun bisa mendaftar untuk beasiswa jika memerlukan dana lebih. UoW menawarkan berbagai jenis beasiswa yang salah satunya diperuntukkan bagi siswa internasional. Mulai dari yang tidak memerlukan pendaftaran hingga beasiswa UoW College Australia Study Tours sejumlah $3,000 AUD yang tentunya memerlukan persyaratan tertentu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!