Jurusan di UCLA
Yuk Kenalan Sama 5 Jurusan Paling Populer di UCLA!
4 Maret 2022
Siap dan Mantap Kuliah di Luar Negeri dengan Uniprep
Siap dan Mantap Kuliah di Luar Negeri dengan Uniprep
4 Maret 2022

Intip Tips Berpakaian Buat Survive Iklim Dingin di Belanda!

Iklim di Belanda

Source: Unsplash

Mengetahui cara untuk mempersiapkan diri menghadapi musim dingin sebagai salah satu jenis iklim di Belanda adalah hal yang penting dilakukan, terutama kalo kamu berasal dari negara beriklim tropis kayak Indonesia. Jangan takut teman-teman! SUN Education udah menyiapkan beberapa tips berpakaian yang bakal bantu kamu menyesuaikan diri dengan iklim baru ini!

Musim dingin pertama pasti nggak gampang, selama beberapa bulan, suhu di Belanda bakalan turun drastis dan matahari juga akan sembunyi untuk sementara. Biar siap menghadapi dinginnya iklim di Belanda saat belajar di sana nanti, baca beberapa tips berpakaian di bawah ini!

 

Seperti Apa Dutch Winter?

Iklim di Belanda

Source: Unsplash

 

Iklim di Belanda agak sporadis dan nggak bisa diprediksi, tapi satu hal yang pasti adalah pasti akan banyak hujan. Kamu bakal sadar kalau musim dingin udah dekat ketika siang hari terasa lebih pendek, awan mulai mendung, dan cuaca terasa lebih dingin.

Pada saat puncaknya musim dingin, matahari akan terbit sekitar jam 9 pagi dan terbenam sekitar jam 4 sore waktu setempat. Sementara itu, suhu rata-rata akan sekitar 3 derajat Celcius hingga 0 derajat Celcius di malam hari. Cuaca paling hangat hanya 6 derajat Celcius di siang hari.

Tips Hadapi Musim Dingin di Belanda

 

1. Gunakan Pakaian Berlapis
Iklim di Belanda

Source: Unsplash

 

Punya pakaian yang tepat untuk musim dingin bisa dibilang hal terpenting yang perlu kamu persiapkan. Tips yang nggak kalah penting adalah untuk membeli pakaian hangat saat sudah tiba di Belanda. Karena apa yang menurutmu hangat di Indonesia mungkin nggak akan mempan saat sudah kena iklim di Belanda yang dingin.

You have to layer! Kamu perlu layering pakaian dengan menggunakan mantel, sweater, kemeja, dan bahkan kaus dalam. Memiliki sweater dan kardigan dengan ketebalan yang berbeda juga penting tergantung seberapa lama musim dingin akan berlangsung nantinya.

Kalau kamu termasuk sensitif terhadap dingin, kamu bisa banget layering dengan thermal layers yang biasanya bakal buat badan kamu tetap hangat.

 

2. Rain & Snow Proof
Iklim di Belanda

Source: Unsplash

 

Pastikan mantel yang kamu beli waterproof dan bukan hanya water-resistant! This is important! Karena saat nanti hujan di musim dingin, mantel yang water-resistant nggak akan cukup. Kamu malah bisa jadi lebih kedinginan karena memakai mantel basah di tengah cuaca yang membekukan. 

Mantel yang waterproof nantinya akan mencegah kamu basah saat kena salju, because however we look at it, snow is crystalized water afterall.

 

3. Cari Sepatu yang Tepat

Source: Unsplash

 

Menjelang musim dingin, kamu akan membutuhkan sepatu ringan dan tahan air seperti sepatu kets atau sepatu boots kulit. Tetapi untuk musim dingin, belilah sepatu boots yang lebih tebal yang lagi-lagi harus tahan air. Sol tebal dengan cengkeraman yang baik adalah penting, jadi jika ada es, kamu nggak akan terpeleset dan jatuh.

 

4. Aksesoris yang Hangat

Source: Unsplash

 

Udara dingin punya cara buat merayap ke setiap celah yang bisa ditemukan dan setiap bagian kulit yang terekspos. Untuk itu, kamu mungkin memerlukan beberapa aksesoris yang membuatmu bisa bertahan hidup saat iklim di Belanda sedang dingin-dinginnya.

Beberapa aksesoris seperti kaos kaki tebal atau wol, beanie untuk menghangatkan kepala dan kuping, sarung tangan, dan scarf menjadi beberapa perlengkapan esensial menghadapi musim dingin.

That’s it! Itu dia beberapa tips berpakaian yang bisa kamu terapkan saat iklim di Belanda sedang dingin. Dijamin kamu bakal lebih hangat dan nggak terganggu beraktivitas maupun belajar saat sedang musim dingin nanti!

Info soal iklim di Belanda juga tersedia di SUN E-Guide Book lho! Nggak hanya info iklim, pengetahuan umum soal sistem pendidikan, informasi beasiswa, hingga opsi universitas terbaik Belanda juga ada! Makanya buruan baca E-Book yang bisa diakses secara GRATIS ini!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan