Wajib Tahu Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di Universitas Luar Negeri Ini!
Wajib Tahu Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di Universitas Luar Negeri Ini!
4 April 2022
Syarat Masuk Jurusan Tata Boga yang Harus Kamu Persiapkan
10 Syarat Masuk Jurusan Tata Boga yang Harus Kamu Persiapkan
5 April 2022

Jangan Bingung! Ini 5 Alasan Kamu Harus Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

alasan memilih jurusan ilmu komunikasi

Apakah kamu senang berbicara dengan orang dan mencari tau apa yang mereka sukai? Atau mungkin kamu tertarik untuk merasa terhubung dengan beragam kelompok dan menyampaikan pesan secara efektif? If the answer is yes, a communication major is right for you! Nggak cuma ini, ada banyak alasan memilih jurusan ilmu komunikasi lainnya!

Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan paling populer di kalangan mahasiswa.US News menjelaskan bahwa jurusan ini dirancang untuk mengajarkanmu komunikasi yang efektif dan bagaimana menerapkannya ke bidang-bidang seperti media, hukum, hingga bisnis.

Mata kuliah yang bakal kamu pelajari masih terkait dengan hubungan masyarakat, periklanan, dan jurnalisme. Sebagai mahasiswa jurusan komunikasi, kamu akan mengambil berbagai kelas termasuk marketing, sosiologi, dan bisnis serta kelas komunikasi yang lebih tradisional seperti studi media dan jurnalisme.

Sebelum bahas lebih lanjut, kamu kudu tau beberapa alasan memilih jurusan ilmu komunikasi di bawah ini!

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

 

1. Perpaduan Antara Teori & Praktik

alasan memilih jurusan ilmu komunikasi

 

Pertama-tama, alasan memilih jurusan ilmu komunikasi ada hubungannya dengan metode pembelajaran yang ditawarkan. Sebagai lulusan ilmu komunikasi, kamu akan dibekali dengan latar belakang menyeluruh yang dibentuk oleh mata kuliah komunikasi umum dan mata kuliah yang khusus sesuai dengan konsentrasi pembelajaranmu.

Lebih lanjut, kamu akan mengembangkan bakat di bidang yang luas dan berkembang pesat, serta memperoleh keterampilan khusus dalam konsentrasi pilihan komunikasimu.

Selama belajar ilmu komunikasi, sama seperti banyak jurusan lainnya, metode pembelajaranmu akan menggabungkan antara teori dan praktek. Gunanya biar kamu nggak cuma menghafal materi aja, tapi juga turun ke lapangan dan mempraktikkan pelajaran yang sudah didapatkan.

 

2. Belajar Banyak Soal Diri Sendiri

alasan memilih jurusan ilmu komunikasi

 

Selanjutnya, alasan memilih jurusan ilmu komunikasi berhubungan dengan dirimu sendiri! Gelar dalam komunikasi mempersiapkanmu untuk sekolah pascasarjana dan terjun ke dunia kerja.

But on top of that, hal yang menarik dari belajar ilmu komunikasi adalah memahami lebih banyak soal diri sendiri, contohnya cara kita menyampaikan dan mencerna pesan, hingga cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Nggak cuma itu, selama jadi mahasiswa ilmu komunikasi kamu juga akan belajar hal-hal seru seperti film & teknologi. Ilmu komunikasi akan memperluas pandanganmu tentang budaya, sejarah, dan politik. Kamu bisa mengembangkan minat baru karena jurusanmu dan menyampaikan nilai-nilai yang kamu anut secara lebih baik.

 

3. Belajar Banyak Soal Dunia

 

Selain belajar soal diri sendiri, mempelajari ilmu komunikasi juga akan membuatmu melihat bagaimana media mempengaruhi hubunganmu dengan komunitas masyarakat. Kamu juga akan melihat bagaimana orang terhubung satu sama lain, baik secara individu atau kolektif lintas budaya.

Tertarik belajar soal nilai-nilai sosial modern? No worries! Sebagai mahasiswa ilmu komunikasi, kamu udah pasti akan ketemu sama mata kuliah yang membahas mengenai kesetaraan gender serta keragaman budaya. Sementara itu, evolusi masalah sosial politik dan penggambarannya di media juga akan dibahas di kelas seperti Media & Society dan Media Literacy.

Ilmu komunikasi tentunya nggak terlepas dari media. Maka dari itu, selama jadi mahasiswa ilmu komunikasi, kamu akan belajar cara memahami media, bagaimana media yang berbeda menangani perkembangan peristiwa terkini, hingga implikasi dari penanganan media.

 

4. Modern dan Aplikatif

 

Salah satu keterampilan yang perusahaan besar modern cari adalah kemampuan calon karyawan untuk beradaptasi dan menggunakan teknologi terbaru tanpa merasa kewalahan.

Skill ini juga bisa banget lho kamu pelajari saat jadi mahasiswa ilmu komunikasi! Pengetahuan tentang media sosial, cara layout halaman di InDesign, atau mengedit di Final Cut Pro akan jadi makanan sehari-hari kamu selama belajar komunikasi!

Hal-hal ini penting banget kamu pelajari karena sebagai mahasiswa ilmu komunikasi, kamu akan belajar cara memaksimalkan semua sarana penyampaian pesan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah design. Jaman sekarang, mana mungkin ada yang baca post di Instagram kalo designnya nggak bagus? That’s why it’s important!

Akibatnya secara otomatis kamu akan memiliki keterampilan yang dibutuhkan banyak perusahaan. Menguasai dasar-dasar teknologi modern seperti ini memberikanmu banyak sekali keuntungan saat di dunia kerja nantinya.

 

5. Asah Keterampilan Sosial

 

Mengasah keterampilan sosial jadi alasan memilih jurusan ilmu komunikasi berikutnya. Just like the name suggests, ilmu komunikasi adalah jurusan yang sangat terfokus pada berhubungan dengan orang lain.

Pada dasarnya, kamu akan mempelajari orang, menulis, mewawancarai, serta berinteraksi dengan orang lain. Nah, hal-hal ini nantinya akan mengembangkan keterampilan sosialmu, bersama dengan networking profesionalmu juga! Keduanya akan berkontribusi pada kesuksesan dalam karirmu.

Keterampilan sosialmu juga akan terasah dengan lingkungan yang multikultural. Belajar ilmu komunikasi di luar negeri bakal memberikanmu pengalaman untuk belajar di lingkungan multibudaya. Belajar dengan siswa asing dari banyak negara lainnya akan mendorongmu mempelajari perspektif baru, yang pada akhirnya akan membuatmu mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang dunia.

Apakah Jurusan ini Tepat Buatmu?

Okay! Setelah kamu udah tau alasan memilih jurusan ilmu komunikasi, we need to dig deeper and ask ourselves, “is this right for me?”. Caranya nggak ribet! Kamu nggak perlu kontemplasi lima hari lima malam, cuma butuh mencari tau minat dan ketertarikanmu aja!

Ada beberapa hal yang perlu kamu tanyakan ke diri sendiri seperti apakah kamu merasa percaya diri dengan kemampuan menulis dan komunikasimu? Lalu, apakah kamu suka mata kuliah yang berhubungan dengan sosiologi, psikologi, dan studi media?

Selain itu, sebagai mahasiswa ilmu komunikasi, kamu juga akan belajar cara multitasking dan mengerjakan banyak tugas dari beberapa mata kuliah berbeda. Nggak menutup kemungkinan, tugasmu nanti akan dibahas secara kelompok dan mendapatkan kritik serta masukan dari dosen. Untuk itu, kamu perlu menyukai apa yang kamu pelajari agar nggak merasa jenuh atau menyesal memilih jurusan ini.

Penasaran soal prospek kerja lulusan ilmu komunikasi? Opsinya segudang! Karena komunikasi adalah jurusan yang luas dan tumpang tindih yang signifikan dengan jurusan lain, pastinya banyak pilihan karir yang tersedia. Kamu bisa memilih menjadi humas, jurnalis, atau bahkan menyusuri opsi karir di bidang hukum, marketing, dan banyak lagi.

Itu dia alasan memilih jurusan ilmu komunikasi yang bisa banget jadi alasan kamu untuk terjun ke bidang studi ini! 

Udah yakin jurusan ini tepat buatmu? Konsultasi yuk sama SUN Education supaya kamu bisa mendapatkan rekomendasi universitas terbaik dunia untuk jurusan ilmu komunikasi. Dengan begitu, kamu bisa mengembangkan skill secara maksimal sembari menimba ilmu di universitas terbaik buatmu! 

Untuk tau lebih lengkap mengenai segala hal yang berhubungan dengan studi di luar negeri, temukan jawabannya dengan mengakses SUN E-Guide Book! Semua informasi terlengkap mengenai kuliah di luar negeri bisa kamu dapatkan secara GRATIS dan only a click away!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu untuk melakukan KONSULTASI GRATIS.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan