Catat, Ini Dia 5 Rekomendasi Les Online Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Ikuti Dari Rumah!
Catat, Ini Dia 5 Rekomendasi Les Online Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Ikuti Dari Rumah!
25 Oktober 2021
Ini 6 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi, Pantas Jadi Jurusan Favorit!
Ternyata Ini 6 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi, Pantas Jadi Jurusan Favorit!
27 Oktober 2021

Jangan Sampai Nggak Tahu, Ini Masa Berlaku Visa Kanada bagi Pelajar!

masa berlaku visa kanada

Source: Unsplash

Sebagai calon mahasiswa internasional, ada sejumlah hal yang harus kamu perhatikan mengenai keberangkatan dan ketibaan di negara tujuanmu. Hal yang sama berlaku kalau kamu ingin kuliah di Kanada, lho! Sebelum berangkat ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan untuk memperlancar studimu nanti.
Sebelum keberangkatan, kamu harus mengurus visa pelajar. Just as it’s called, visa pelajar adalah visa yang dibutuhkan seseorang saat akan melakukan studi berupa kuliah atau sekolah lainnya di luar negeri. Pada dasarnya fungsinya sama seperti visa biasa, yaitu izin tinggal di sebuah negara yang bukan negara asalmu. Namun, hanya berlaku untuk pelajar saat menjalankan kuliah atau sekolah dalam periode waktu tertentu. Tanpa visa ini, kamu nggak bisa melaksanakan kuliahmu di negara tujuan, meski sudah resmi terdaftar sebagai mahasiswa baru di universitas.
Sudah mengerti, kan, pentingnya mengurus visa pelajar saat kamu hendak kuliah di Kanada? Nah, sekarang coba simak yuk beberapa hal esensial lainnya mulai dari ketentuan hingga masa berlaku visa Kanada bagi pelajar!

Sebutan Visa Pelajar di Kanada

Penting dan perlu kamu catat: Di Kanada, semua visa, baik untuk pelajar atau pekerja asing, disebut visitor visa atau visa kunjungan. Bedanya, kamu perlu memiliki study permit untuk apply visitor visa sebagai pelajar internasional dan work permit jika memiliki tujuan kerja di Kanada. 

Visitor visa adalah dokumen resmi yang akan dicantumkan di paspormu. Visa ini menunjukkan bahwa kamu memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk masuk ke Kanada. Immigration, Refugees and Citizenship Canada (IRCC) menyatakan bahwa kamu bisa apply online untuk visitor visa baru. Baca cara-cara lengkapnya di sini!

Apa Itu Study Permit?

masa berlaku visa kanada

Source: Unsplash

Sebelum mengetahui masa berlaku visa Kanada, kamu harus mempelajari soal study permit terlebih dahulu. Study permit adalah dokumen pemerintah Kanada yang memungkinkan warga negara asing untuk belajar di lembaga pembelajaran tujuan atau designated learning institutions (DLIs) di dalam negeri. Sebagian besar warga negara asing membutuhkan study permit untuk belajar di Kanada. 

Pastikan kamu memiliki semua dokumen yang kamu butuhkan sebelum mendaftar. Kamu harus mendaftar sebelum bepergian ke Kanada! Seperti yang sudah dijelaskan di atas, study permit bukan visa. Hanya memiliki dokumen ini tidak memungkinkan kamu memasuki Kanada. 

Masa Berlaku Visa Kanada

Source: Unsplash

Masa berlaku visa Kanada bagi pelajar sesuai dengan periode studimu di negara itu. Misalnya, kamu kuliah selama empat tahun, maka setelah periode studi selesai, visamu nggak berlaku lagi dan kamu harus segera pulang. Kamu nggak bisa terus tinggal di sana menggunakan visa pelajar. Jika kamu ingin lanjut untuk bekerja atau berwisata, maka kamu harus memperbaharui izin tinggalmu.

Sama halnya seperti study permit yang masa berlakunya selama program studimu, plus 90 hari tambahan yang memungkinkanmu untuk bersiap meninggalkan Kanada atau mengajukan permohonan memperpanjang masa tinggalmu. Ada tiga kondisi yang memengaruhi masa berlaku study permit yang perlu kamu ketahui:

1. Jika Kamu Mengambil Mata Kuliah Prasyarat

Jika universitas tujuanmu meminta kamu untuk mengambil kursus tertentu sebelum masuk ke program utama, study permit milikmu akan berlaku selama kursus tersebut, ditambah satu tahun. Ketika kamu kemudian masuk ke program belajar utama, kamu harus mengajukan permohonan untuk memperpanjang masa tinggal sebagai mahasiswa internasional.

2. Jika Kamu Menyelesaikan Studi Setelah Study Permit Berakhir

Jika kamu tidak menyelesaikan kuliahmu sebelum tenggat study permit berakhir, kamu akan diminta untuk mengajukan permohonan untuk memperpanjang masa tinggal sebagai mahasiswa asing. Kalau tidak, kamu harus berhenti belajar dan angkat kaki dari Kanada.

3. Jika Kamu Menyelesaikan Studi Sebelum Study Permit Berakhir

Jika studimu selesai lebih awal, study permit-mu akan berhenti berlaku 90 hari setelah kamu menyelesaikan studi. Pemerintah Kanada menganggapmu telah menyelesaikan studi pada tanggal di mana universitasmu pertama kali memberi tahu kamu pengumuman kelulusan melalui surat penyelesaian, transkrip, gelar atau diploma.

Kamu harus memberikan bukti tanggal saat universitas memberitahumu, atau tanggal kamu mendapatkan gelar, diploma, atau sertifikat.

Hanya untuk Belajar

Source: Unsplash

Selain masa berlaku visa bagi pelajar, kamu juga perlu catat kegunaan visamu nanti. Karena hanya berlaku untuk belajar, maka kamu nggak memiliki izin untuk melakukan aktivitas lain seperti bekerja, membuka bisnis ataupun melakukan kegiatan politik resmi selama kamu mengantongi visa ini. Meskipun memang di beberapa negara, misalnya di Belanda, kamu bisa kerja paruh waktu, tetapi dengan jam kerja yang sangat terbatas.

Why Canada?

masa berlaku visa kanada

Source: Unsplash

Reputasi pendidikan di Kanada terkenal dengan kualitas dan pengakuan atas keunggulan yang tinggi! Selain itu, universitas-universitas di Kanada berada di jajaran terbaik di dunia. Menurut Kedutaan Besar Kanada di Indonesia, pada 2012, empat universitas di negara tersebut menempati ranking dalam Top 100 dari Shanghai ARWU Ranking dan 22 dalam Top 500; tiga tercantum dalam Top 50 Penetapan QS University Ranking dan 20 dalam Top 500; lima menempati Top 100 dari Times Higher Education Ranking, serta delapan universitas lainnya masuk ke dalam the Top 200.

Terlebih lagi, universitas di Kanada memiliki koneksi global dengan lebih dari 5.000  kesepakatan kerja sama aktif internasional dengan mitra-mitra di seluruh dunia. Jadi, kamu nggak usah ragu soal koneksi di dunia internasional setelah kuliah di Kanada!

Selain universitas, sekolah tinggi, politeknik, dan cégeps (Collège d’enseignement général et professionnel), Sekolah Tinggi Umum dan Kejuruan di Quebec menawarkan program yang sejalan dengan dunia industri, berfokus pada karier dengan tingkat pertumbuhan riset terapan yang berguna untuk menyelesaikan masalah industri. Lebih dari 90% lulusan sekolah tinggi Kanada bekerja sesuai bidang studi mereka dalam waktu enam bulan setelah kelulusan.

Nggak hanya itu, Kanada juga tujuan yang tepat kalau kamu mau belajar bahasa! Soalnya sekolah bahasa di Kanada terkenal di bidang pelatihan bahasa di semua tingkat, dengan menyajikan beragam program dalam bahasa Inggris dan Perancis untuk studi lanjutan, pengembangan pribadi atau persiapan usaha.

Apakah kamu makin tercerahkan soal visa pelajar ini? Kalau berencana kuliah di Kanada atau negara lainnya, jangan lupa meluangkan waktu yang cukup untuk mempelajari proses pembuatan visa, mencakup proses pembuatannya hingga masa berlaku visa Kanada. FYI, selain menyediakan jasa konsultasi pendidikan, SUN Education juga bisa membantumu dalam proses aplikasi studi, tidak terkecuali pendaftaran visa pelajar juga, lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan