fakta jurusan teknik informatika
Mahasiswa Wajib Tau! Ini Fakta Jurusan Teknik Informatika
28 April 2022
5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!
5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!
29 April 2022

Jangan Sampe Keliru, IELTS iBT Beneran Ada?

IELTS iBT

Pasti udah pada tau deh kalo dua tes persyaratan bahasa Inggris utama yang biasanya bakal diminta pas kamu mengajukan aplikasi ke universitas di luar negeri adalah Test of English as a Foreign Language (TOEFL)  dan International English Language Testing System (IELTS). Nah, TOEFL kan ada tuh bentuk internet-based test-nya (iBT), kalo IELTS iBT ada juga nggak ya?

Sebelumnya, yuk coba pelajari lebih dalam apa itu IELTS! 

 

Apa itu IELTS?

IELTS iBT

 

Sertifikasi IELTS bakal bantu kamu dalam bekerja, belajar, sampe bermigrasi ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Negara-negara ini termasuk beberapa tujuan studi top kayak Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat.

Kemampuanmu untuk mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Inggris akan dinilai selama tes dengan skala 1 hingga 9. 

 

BACA JUGA: Hal-Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang IELTS

 

Emang Perlu Ambil IELTS?

IELTS iBT

 

Seperti yang udah dijelaskan di atas, kalo kamu mau bekerja, tinggal, atau belajar di negara berbahasa Inggris, maka penting buat kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris tingkat tinggi.

The fact is, bahasa Inggris adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan di dunia, dengan 379 juta penutur yang tersebar di seluruh dunia.

Mampu berkomunikasi dalam bahasa asli negara tujuan studimu memiliki banyak banget manfaat! Hal ini juga penting dalam hal kesempatan kerja serta proses kamu menyesuaikan diri dengan masyarakat setempat.

Did you know, IELTS adalah tes paling populer bagi mereka yang mau imigrasi ke Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Inggris. Sertifikat tes ini diakui secara global oleh lebih dari 11.000 pemberi kerja, universitas, badan imigrasi termasuk 3.400 institusi lainnya di AS.

 

IELTS iBT, Bener Ada?

 

Masih banyak yang bingung soal IELTS iBT karena umum banget kamu denger istilah TOEFL iBT. The answer is no… and yes! Artinya, jawabannya “salah” dalam arti jenis tes ini nggak punya istilah IELTS iBT, tapi di sisi lain jawabannya juga “benar” karena IELTS sendiri pun punya tes berbasis komputer. Hanya aja, istilah yang bener adalah computer based IELTS guys!

IELTS dibagi dua metode pengerjaan jadi computer based dan paper based. Seperti namanya, computer based IELTS dikerjakan menggunakan komputer, sedangkan metode yang satu lagi menggunakan lembaran kertas jawaban.

Walaupun perbedaannya kedengeran sederhana, there’s more than meets the eye! Nggak kaget kalo banyak calon peserta IELTS kepo nih, mana sih yang lebih gampang? Metode mana yang paling cocok buat kamu? Baca terus!

 

Perbedaan IELTS Computer dan Paper Based

1. Sesi Listening

Pada IELTS berbasis komputer, kamu harus menggunakan earphone. Nah, poin ini nih salah satu faktor yang bikin metode pengerjaan komputer lebih disukai. Semua rekaman suara yang diputar bisa didengarkan dengan jelas karena minim gangguan dari luar.

Nggak cuma itu, IELTS berbasis komputer berjalan di ruangan kecil berisikan sekitar 25 peserta sehingga gangguan pun semakin sedikit.

Sementara pada IELTS berbasis kertas, peserta akan bergabung dengan puluhan bahkan ratusan peserta lainnya dalam satu ruangan besar. Ada kemungkinan banyak gangguan seperti ruangan yang bergema, suara batuk atau bersin, dan lainnya yang bisa mengganggu proses kamu mendengarkan soal saat dibacakan.

2. Sesi Reading

Saat mengerjakan IELTS dengan metode berbasis komputer, kamu bisa lihat berapa lama waktu yang tersisa untuk mengerjakan setiap bagian dari tes membaca IELTS. Hanaya aja, nggak ada time keeper yang mengingatkanmu berapa lama waktu yang tersisa, jadi kamu rajin cek-cek jam di layar komputer.

Pada metode berbasis kertas atau paper based, kamu nggak bisa tau betul berapa lama waktu yang tersisa. Soalnya, kamu cuma bisa melihat jam yang terletak di dinding.

Namun pada metode ini, time keeper akan mengingatkanmu tentang waktu yang tersisa untuk menyelesaikan tes. Pas menjawab pun, kamu harus menulis ulang jawaban, yang artinya ada memerlukan waktu tambahan.

3. Sesi Writing

Dalam tes writing IELTS, yang kamu perlu pertimbangkan ketika mau memilih antara computer atau paper based adalah kecepatanmu dalam menulis. Kalo kamu bisa menulis dengan tulisan tangan secara cepet, maka pilihlah paper based.

Tapi kalo kamu merasa lebih cepet dalam mengetik di keyboard, lebih baik mengambil metode computer based IELTS.

 

BACA JUGA: Kiat-Kiat Mengatasi Kesalahan Umum Saat Menyelesaikan Writing Task IELTS

 

4. Sesi Speaking

Untuk tes speaking IELTS, baik itu computer based maupun paper based, keduanya akan kamu jalani dengan sama.  Kamu akan berhadapan dengan penguji dan melakukan percakapan di sesi ini.

Perbedaannya cuma untuk hasil akhir dari tes, peserta yang mengambil computer based IELTS akan mendapatkan hasil lebih cepat. Butuh waktu sekitar 5-7 hari untuk pihak penyelenggara tes bahasa Inggris IELTS computer based mengeluarkan hasil tes, sementara butuh 13 hari untuk menunggu hasil ujian keluar bagi mereka yang ambil paper based.

Nah sekarang udah tau kan soal computer based IELTS? Jangan sampe salah sangka dan menyebutnya IELTS iBT ya guys!

Udah tau belum kalo kamu bisa melakukan persiapan tes IELTS di SUN English! Tim akademik dan tutor di SUN English akan memberikan fasilitas yang memadai, pengenalan materi ujian, saran dan rekomendasi, serta pengalaman langsung yang kamu butuhkan untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Daftarkan diri di SUN English secepatnya! 

Pingin ambil tes IELTS tapi masih bingung soal tempat tujuan studi? Tenang aja, kamu tinggal cari tau dari semua informasi yang tersedia dengan lengkap di SUN E-Guide Book, akses sekarang secara GRATIS dari gadget mana pun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan