Kesempatan Berkarya Mahasiswa di Hunian Lassonde Studios
2 Juli 2019
hectors dolphin
Mengenal Hector’s Dolphin, Lumba-lumba Asli Selandia Baru yang Mulai Langka
5 Juli 2019

Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara Ternyata Ada di Malaysia!

second bridge penang

Sumber: Freepik

Tahukah kamu bahwa predikat jembatan terpanjang di Asia Tenggara dipegang oleh Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah di Malaysia?

Jembatan yang resmi dibuka pada tahun 2014 tersebut menghubungkan daratan utama Malaysia dengan pulau Penang. Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam atau yang disebut juga Jembatan Penang Kedua ini memilik panjang total 24 km dengan 16.9 km lintasannya berada di atas air. Jembatan dua jalur yang juga merupakan jalan tol ini berbentuk S dan dirancang untuk tahan gempa hingga 7.5 SR.

penang second bridge

Sumber: wikimedia.org

Jembatan Penang Kedua ini mulai dibangun pada tahun 2008 dan direncanakan selesai pada tahun 2012. Hanya saja, kendala biaya menyebabkan jembatan ini baru rampung dan resmi dibuka pada tahun 2014. Total dana yang dikeluarkan untuk membangun jembatan ini adalah RM4,5 miliar atau setara US$1,7miliar.

second bridge penang

Sumber: videoblock

Meningkatnya populasi di Pulau Penang yang juga menyebabkan peningkatan mobilitas masyarakatnya adalah hal yang melatarbelakangi dibangunnya jembatan kedua ini. Sebelumnya, pulau penang dan daratan Malaysia hanya dihubungkan oleh sebuah jembatan sepanjang 13.5km (Jembatan Penang Pertama). Saat ini, kedua jembatan tersebut sama-masa beroperasi sebagai penghubung daratan utama Malaysia dengan Pulau Penang.

second bridge penang

Sumber: wikipedia.org

Jika jembatan penang pertama cenderung lebih dekat dengan ibu kota Penang yaitu George Town, tidak demikian dengan jembatan kedua ini. Dengan jembatan kedua ini, masyarakat yang tidak menuju ke George Town tidak perlu memutar jalan lebih jauh. Selain itu, adanya jembatan kedua ini juga mengurangi kemacetan lalu lintas.

second bridge penang

Sumber: foodtravellover.wordpress.com

Jembatan Penang Kedua ini terpancang antara Batu Maung di Pulau Penang dan Batu Kawan di daratan Malaysia. Dibutuhkan waktu dua puluh menit untuk berkendara dari Batu Maung ke Batu Cawan atau sebaliknya. Kecepatan maksimal kendaraan bermotor di Jembatan Kedua Penang inia adalah 80km/jam.

Comments are closed.