Kenalan dengan Program Baru di George Brown College, Yuk!
Kenalan dengan Program Baru di George Brown College, Yuk!
31 Mei 2022
Auckland University of Technology
5 Jurusan Top di Auckland University of Technology, Mana Incaranmu?
3 Juni 2022

Jurusan Aktuaria, Jurusan yang Lagi Diburu Calon Mahasiswa

Jurusan Aktuaria, Jurusan yang Lagi Diburu Calon Mahasiswa

Kamu sudah tahu masuk jurusan apa pas kuliah nanti? Yap, pasti bingung banget deh memutuskan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Selain itu, kamu juga harus melihat apakah jurusan tersebut memberikan masa depan yang cerah atau nggak. Nah, salah satu jurusan yang lagi Hot Topic karena memberikan masa depan yang cerah adalah jurusan aktuaria. Meski masih asing di telinga, jurusan ini makin diminati karena prospek kerja setelah lulusnya sangat menjanjikan. Bahkan kamu bisa mengambil jurusan ini di luar negeri, lho! Yuk, kenalan dengan jurusan aktuaria sampai prospek karir masa depannya!

 

BACA JUGA: Prospek Karir Jurusan Sosiologi, Apa Aja Sih?

Apa itu Jurusan Aktuaria?

Jurusan Aktuaria, Jurusan yang Lagi Diburu Calon Mahasiswa

Jurusan aktuaria merupakan rumpun saintek yang akan mempelajari matematika, keuangan, ekonomi, teori risiko algoritma, pemrograman, hingga analisis data yang memiliki keterkaitan dengan aktuaria. Intinya, di jurusan ini kamu akan mempelajari pengelolaan risiko, premi, portofolio keuangan, cadangan teknis sampai dampaknya pada kelestarian lingkungan. 

Kalau kamu masih bingung, jurusan ini sering banget disebut dengan sebutan “Matematika Asuransi”. Yap, jurusan aktuaria sebenarnya mempelajari pengelolaan risiko keuangan di masa depan. Dari sini kamu bisa menyimpulkan, setelah lulus kuliah kamu akan menjadi ahli madya asuransi yang punya skill praktikal dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria bahkan sampai profesi yang bergerak di bidang perencanaan keuangan personal!

Nantinya setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Aktuaria (S.Aktr). Meski sudah memiliki gelar, bukan berarti kamu bisa menjadi aktuaris. Masih ada ujian profesi aktuaris yang diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). 

 

Belajar Apa Saja, Sih?

Kamu pasti penasaran banget dengan apa yang akan dipelajari di dalam jurusan aktuaria ini. Aktuaria memang masih di dalam lingkup ilmu matematika, tetapi lulusan jurusan ini berbeda dari jurusan matematika lainnya. Kamu nggak hanya bermain dengan rumus-rumus saja, tapi dilatih menjadi orang yang bisa menghitung prediksi juga peluang dan menganalisis risiko dan dampak yang ada di masa depan.

That’s why, kamu akan belajar campuran bidang ilmu yang berhubungan dekat dengan matematika, hukum, dan asuransi. Mata kuliah yang umumnya akan kamu temukan antara lain Dasar-Dasar Kalkulus, Matematika Asuransi Jiwa, Pemrograman Aktuaria, Probabilita Statistika, SDM dalam Industri Asuransi, hingga Matematika Dana Pensiun.

 

Kenapa Memilih Jurusan Aktuaria?

Jurusan Aktuaria, Jurusan yang Lagi Diburu Calon Mahasiswa

Di Indonesia sendiri, jurusan aktuaria termasuk ke dalam jurusan yang passing gradenya tertinggi di bidang Saintek. Walau terdengar asing, jurusan ini memberikan prospek kerja yang menjanjikan yakni menjadi seorang Aktuaris. Profesi ini menjadi salah satu profesi elit yang banyak dicari karena gajinya yang besar. 

Bagi kamu yang suka matematika apalagi berhubungan dengan statistika dan probabilitas, kamu wajib memilih jurusan ilmu aktuaria ini. Apalagi kalau kamu memiliki sifat yang detail dan tak mudah menyerah, jurusan ini patut kamu pilih!

 

Syarat Masuk Jurusan Aktuaria di Luar Negeri

Pekerjaan aktuaris menduduki salah satu dari 10 profesi termahal di Amerika. Di Indonesia, jumlah aktuaris masih sedikit. Padahal, banyak sektor yang membutuhkan profesi ini, seperti perbankan, perusahaan investasi dan penanaman modal, asuransi, badan keuangan, konsultan keuangan, perumus kontrak, serta perencana keuangan. Makanya, jurusan ini justru bisa kamu temukan di kampus luar negeri.

Untuk bisa kuliah jurusan aktuaria di luar negeri, kamu harus memenuhi persyaratan akademis dan Bahasa Inggris. Untuk beberapa negara, persyaratan akademiknya harus memiliki nilai dari International Baccalaureate atau A-Level. Biasanya mata pelajaran yang menjadi persyaratan adalah Ekonomi, Matematika, Sains Komputer dan banyak lagi. Mata pelajaran ini tentunya tergantung dengan kampus yang kamu tuju. Bicara persyaratan bahasa Inggris, kampus-kampus akan meminta nilai TOEFL maupun IELTS. Untuk nilai IELTS yang diminta antara nilai 5,5 sampai 6.0.

Nah, persyaratan-persyaratan ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung dengan keputusan kampus. Makanya, kamu harus konsultasi GRATIS dengan SUN Education untuk mendapatkan berita terbaru mengenai persyaratan jurusan ini! Apalagi, sudah banyak lho kampus-kampus yang bekerja sama dengan SUN Education memiliki jurusan aktuaria terbaik yang bisa menjadi pilihan kamu. 

 

BACA JUGA: 8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

Perkuliahan Jurusan Aktuaria di Kampus Luar Negeri

Jurusan Aktuaria, Jurusan yang Lagi Diburu Calon Mahasiswa

Bagaimana dengan perkuliahan jurusan aktuaria di kampus luar negeri? Tentunya berbeda dengan perkuliahan di dalam negeri. Pertama, dari kelasnya saja lebih kecil sehingga perkuliahannya terasa lebih intimate. Kamu bisa dengan mudah berdiskusi mengenai mata kuliah dengan dosennya langsung! Di kampus luar negeri, kamu juga tetap mendapatkan bimbingan dari student advisor bahkan beberapa kampus juga memiliki career advisor yang akan membimbingmu menuju karir yang kamu impikan.

Yang paling penting saat kamu ingin berkuliah jurusan aktuaria adalah perhatikan Intake atau tahun pelajaran baru di kampus yang kamu tuju. Terkadang ada kampus yang Intakenya hanya 1 kali setahun, tetapi juga ada yang sampai 2-3 kali Intake juga. Nah, informasi-informasi penting ini nih yang sebaiknya kamu diskusikan dengan SUN Education supaya persiapan kamu lengkap semua, ya!

 

Prospek Kerja Peraih Gelar Jurusan Aktuaria

Penting banget buat kamu untuk tahu prospek kerja dari lulusan jurusan yang kamu tuju. Apalagi pekerjaan di bidang aktuaris di Indonesia sangat dibutuhkan dengan gaji yang menjulang! Biasanya, lulusan jurusan aktuaria ini biasanya dibutuhkan di industri asuransi dan bidang keuangan. Tapi, cakupan pekerjaannya juga cukup luas. Kamu bisa bekerja sebagai Aktuaris di bidang klaim asuransi jiwa, kesehatan, properti, penaksir asuransi kerusakan kendaraan, bahkan manajemen risiko.

Perlu kamu tahu nih, di Indonesia jurusan ini termasuk sedang krisis alias banyak yang mencari. Karena banyak yang belum tahu dan faham apa itu jurusan aktuaria. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kalau lulusan jurusan kenapa banyak peminatnya? Jadi nggak perlu ragu lagi mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa jurusan ini!

Itu dia serba-serbi jurusan aktuaria yang harus kamu tahu. Jurusan ini memang terdengar asing terutama di Indonesia tapi prospek kerjanya nggak main-main. So, jangan ragu untuk mendaftarkan diri ke jurusan ini, ya!

Buat kamu yang masih bingung mau masuk jurusan apa, jangan lupa akses SUN E-guide book! Di dalamnya banyak banget informasi tentang negara tujuan favorit, jurusan masa depan, bahkan informasi beasiswa di universitas-universitas terbaik! Kamu bisa akses SUN E-guide book secara GRATIS lewat gadget apapun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: pexels

Tinggalkan Balasan