britania raya adalah negara
Jangan Sampai Salah! Britania Raya dan Negara Inggris Raya, Ini Adalah Perbedaan Keduanya
22 September 2022
iklim dan musim benua australia
Mengulik Benua Terkecil di Dunia: Iklim dan Musim di Australia
26 September 2022

Jurusan Desain Produk, Pilihan Karirnya Banyak!

jurusan desain produk

Seiring perkembangan zaman, jurusan kuliah pun ikut berkembang. Contoh saja jurusan desain, yang tadinya hanya desain grafis saja, kini berkembang menjadi jurusan desain produk, desain komunikasi visual, arsitektur dan banyak lagi. Salah satu yang paling diminati adalah jurusan desain produk. Bagaimana pun juga industri yang menggunakan jasa lulusan jurusan desain produk nggak akan berhenti, justru bertahan. Bahkan, pilihan karir desain produk juga banyak. Yuk, kita kenalan dengan jurusan desain produk!

 

Apa itu Jurusan Desain Produk?

fakultas seni rupa dan desain

 

Sebelum membahas gaji, kita kenalan dulu dengan apa itu jurusan desain produk. Jurusan ini adalah salah satu cabang ilmu desain yang mendalami pembuatan casing atau bagian luar suatu benda atau objek supaya terlihat menarik. Secara global, jurusan ini dikenal dengan sebutan industrial design.

Belajar apa saja dalam jurusan ini? Tentunya kamu akan mempelajari bagaimana cara merancang barang dengan menggabungkan aspek-aspek seperti kenyamanan dan keamanan secara bersamaan. Nggak cuma itu, kamu juga harus mampu menggabungkannya dengan unsur estetika yang membuatnya lebih menarik. Terakhir, kamu juga harus mempertimbangkan target konsumen dan tujuan dari barang tersebut.

 

Prospek Kerja Jurusan Desain Produk

sarjana desain

 

Pilihan karir untuk lulusan jurusan ini ternyata banyak banget. Karir pertama tentunya menjadi industrial manager dimana kamu bertugas merancang konsep produk sesuai keinginan klien. Setelahnya pilihannya bisa menjadi product manager yang tugasnya merencanakan, mengembangkan, membuat strategi, roadmap hingga memutuskan fitur atau lini produk. 

Jika kamu tertarik dengan dunia otomotif, pilihan desainer otomotif juga cukup menjanjikan, lho. Gimana nggak, bahkan di USA seorang desainer otomotif senior bisa mendapatkan gaji sampai Rp 1 Miliar per tahunnya! Selain pekerjaan di atas, kamu bisa memilih menjadi konsultan desain. Di sini tugasnya tentunya memberikan saran dan kritik akan sebuah desain sebelum diberikan kepada klien. Sekarang, tinggal kamu pilih deh yang mana yang paling sesuai dengan minat kamu!

 

Bisakah Kuliah Jurusan Desain Produk di Luar Negeri?

gaji desain produk

 

Jurusan ini juga bisa kamu pelajari di universitas-universitas luar negeri. Nama jurusannya adalah Bachelor of Industrial Design (B.I.D) dengan waktu kuliah 3-4 tahun. Keuntungan kuliah jurusan desain produk di luar negeri tentunya banyak sekali. Dari sisi perkuliahan saja sudah sangat praktikan dan berbasis industri sehingga kamu akan lebih siap terjun ke dunia kerja. Selain itu, perkuliahan juga sudah didukung dengan segudang fasilitas berkelas internasional. Kebayang serunya, kan?

Nggak cuma perkuliahannya saja, setelah lulus pun kamu bisa bekerja di perusahaan multinasional karena pendidikanmu yang sudah bertaraf internasional. Bahkan kamu bisa apply Post-Study Work Visa untuk bekerja di negara tujuanmu. Pokoknya, prospek lulusan kuliah di luar negeri oke banget, deh!

Perlu bantuan mempersiapkan kuliah di luar negeri? Konsultasi GRATIS dengan SUN Education untuk persiapan kamu. Mulai dari persyaratan akademis, persiapan bahasa Inggris hingga akomodasi luar negeri bisa dibantu! Dapatkan juga informasi kuliah di luar negeri terkini di SUN Education Mobile App. Sudah bisa kamu download GRATIS di App Store dan Play Store!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan