Intip Cara Kuliah Kedokteran di Luar Negeri Paling Esensial Disini!
18 Agustus 2020
fakultas sastra inggris
Keunggulan Menjadi Mahasiswa Jurusan dan Fakultas Sastra Inggris
20 Agustus 2020

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jurusan Ilmu Komunikasi

jurusan ilmu komunikasi

Sumber: Freepik

Ilmu komunikasi adalah jurusan yang cukup populer di Indonesia dan juga di luar negeri. Hal ini disebabkan karena komunikasi sendiri adalah bidang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga selalu dibutuhkan dan sangat berkembang. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan ilmu komunikasi, berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu ketahui. 

Apa itu ilmu komunikasi?

ilmu komunikasi

Sumber: Freepik

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi baik berupa pesan, ide, atau gagasan dari yang terjadi antara dua pihak. Komunikasi memiliki banyak tingkatan, mulai dari komunikasi individu, antar individu, komunitas hingga antar komunitas. Ada banyak bidang yang juga memiliki hubungan erat dengan komunikasi seperti media, seni, politik, dan lain-lain.  

Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan. Mahasiswa ilmu komunikasi akan mempelajari tentang bagaimana proses komunikasi lebih efektif dalam menyampaikan pesan sehingga dapat dengan tepat mencapai sasaran. Hal ini akan membuat perkuliahan di jurusan ini memiliki banyak kegiatan praktik. 

Hal-hal yang akan kamu pelajari

komunikasi

Sumber: Freepik

Pada tahun awal perkuliahan di jurusan ilmu komunikasi, kamu akan mempelajari mata kuliah komunikasi yang lebih general. Misalnya, Pengantar Ilmu Komunikasi, Psikologi Komunitas, Sosiologi Komunikasi dan sebagainya. Semua mata kuliah tersebut akan menjadi dasar pemahamanmu untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya. 

Selanjutnya, kamu akan mempelajari pembahasan yang lebih khusus dan menjurus pada tingkat selanjutnya yaitu tahun kedua. Kamu biasanya sudah harus memilih fokus studi terhadap beberapa bidang-bidang turunan ilmu komunikasi. Seperti Penyiaran (Broadcasting), Jurnalistik, Periklanan (advertising), Hubungan Masyarakat (Public Relation) dan lain-lain. Fokus studi yang bisa kamu pilih ini biasanya akan sangat berbeda-beda tergantung universitas. 

Karakter dan skill yang sesuai

interview

Sumber: Freepik

Jurusan ilmu komunikasi berkaitan dengan interaksi serta penyampaian informasi, maka hal kamu yang berkaitan dengan komunikasi harus bisa kamu kuasai. Pelajar yang memiliki karakter ramah dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik cocok untuk jurusan ini. Selanjutnya, wawasan yang luas serta keterampilan interpersonal yang juga sangat dibutuhkan untuk menjadi mahasiswa ilmu komunikasi. 

Selain itu, sebagai mahasiswa ilmu komunikasi kamu akan berhubungan dengan banyak pihak dan terlibat dalam banyak hal. Oleh karena itu, keterampilan khusus seperti public speaking juga merupakan poin pendukung yang akan sangat berguna. Selanjutnya, keterampilan berbahasa Inggris dan mampu menggunakannya dengan baik juga akan memberikan manfaat bagimu selama studi. 

Berbagai tugas dan proyek yang akan kamu garap

media project

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang senang bertemu orang banyak dan cenderung aktif, kuliah di jurusan ilmu komunikasi akan sangat menyenangkan buatmu. Bidang ini sangat berorientasi pada praktik sehingga perkuliahan dan tugas-tugas yang kamu hadapi akan banyak bersifat praktik daripada teori. Kamu akan terlibat dalam berbagai produksi siaran seperti tim kreatif, menjadi kru berita dan sebagainya. 

Dengan pengerjaan berbagai proyek dan inilah kemampuanmu dalam bidang komunikasi akan diasah dan dikembangkan. Pemahaman teorimu akan dibuktikan dengan praktik di lapangan dengan langsung mengalami prosesnya. Menarik sekali, bukan?

Prospek kerja

prospek kerja olkom

Sumber: Freepik

Ilmu komunikasi adalah jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas dan selalu dibutuhkan. Apalagi dengan semakin berkembang pesatnya media informas, baik di Indonesia maupun di dunia. Bisa dikatakan bahwa media adalah peluang terbesar untuk lulusan ilmu komunikasi, baik itu media cetak, penyiaran maupun media online. 

Baik perusahaan swasta, maupun perusahaan pemerintah pasti membutuhkan lulusan ilmu komunikasi. Selain itu, kamu juga dapat bekerja di berbagai bidang bisnis untuk mengisi bagian humas (hubungan masyarakat), karena memang selalu dibutuhkan. Jika kamu mahir berbahasa Inggris, kesempatanmu untuk berkarir di perusahaan multinasional juga terbuka lebar. 

Studi Ilmu Komunikasi di Luar Negeri? Kenapa tidak?

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bidang komunikasi ini adalah bidang yang sangat berkembang dan selalu dibutuhkan. Studi mengenai ilmu komunikasi juga populer di luar negeri dan beberapa universitas bahkan terkenal sangat progresif. Pendidikan ilmu komunikasi di luar negeri juga biasanya lebih up to date yang sesuai dengan perkembangan. 

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ilmu komunikasi ke luar negeri, kamu dapat menghubungi SUN education ya!

Comments are closed.