8 Universitas Australia dengan Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik!
23 September 2020
Kuliah di Malaysia Tanpa Beasiswa? Coba Cek Universitas Swasta Ini!
24 September 2020

10 Jurusan Kuliah Tanpa Pelajaran Matematika

jurusan kuliah tanpa matematika

Sumber: Freepik

Salah satu hal yang kerap dijadikan resolusi oleh pelajar yang akan menduduki bangku kuliah adalah terhindar dari pelajaran matematika. Pelajaran yang merupakan ilmu hitung tersebut selalu menjadi momok bagi banyak pelajar Indonesia di setiap tingkat pendidikan. Meski tidak suka dengan mata pelajaran tersebut, nyatanya matematika adalah mata pelajaran wajib selama 12 tahun pendidikan formal di Indonesia. 

Salah satu alasan yang kerap dijadikan alasan untuk menghindari matematika adalah karena kerumitannya. Semakin tinggi tingkatannya, semakin banyak rumus yang harus digunakan untuk menyelesaikan setiap persoalannya. Tidak semua pelajar mahir dan benar-benar menguasai mata pelajaran ini. Oleh sebab itu, tidak heran banyak yang membuat resolusi yang tidak ingin ‘bertemu’ dengan matematika lagi di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Jika kamu termasuk salah satunya, maka kamu pasti tertarik untuk mencari jurusan kuliah tanpa pelajaran matematika yang bisa dijadikan pilihan, bukan?

10 Jurusan Kuliah Tanpa Pelajaran Matematika

Sebenarnya ada banyak jurusan yang dapat kamu pilih jika ingin menghindari pelajaran matematika di bangku kuliah. Sebagian besar jurusan di bidang sosial dan humaniora tidak memasukkan matematika sebagai mata kuliah yang harus diambil. Nah, bagi kamu salah satu yang tidak ingin bertemu hitung menghitung di bangku kuliah, maka 10 jurusan kuliah tanpa matematika berikut ini wajib kamu pertimbangkan! 

Bahasa, Sastra, dan Budaya

Banyak universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan yang mempelajari mengenai bahasa, sastra, dan budaya. Ketiga pembelajaran ini biasanya satu paket dalam satu jurusan seperti sastra Indonesia, Sastra Daerah atau bahasa asing seperti Sastra Inggris, Sastra Korea, Sastra Jerman dan lain-lain. Nah, jika kamu tidak menyukai matematika, jurusan terkait bahasa, sastra dan budaya dapat kamu pertimbangkan karena sama sekali tidak berkaitan. 

Seni

Jurusan terkait bidang seni seperti sendratasik (seni drama, tari dan musik) atau yang di luar negeri disebut performing arts termasuk jurusan yang bebas pelajaran matematika. Hal ini juga berlaku untuk jurusan seni lainnya seperti seni rupa atau program yang lebih spesifik seperti jurusan musik atau teater. Dalam jurusan ini, kamu hanya akan lebih fokus untuk berlatih, menghasilkan karya atau membuat pertunjukan seni. Matematika tentu saja tidak termasuk salah satu mata kuliah yang dibutuhkan dalam bidang ini. 

Desain

Jika jurusan seni identik dengan ekspresi diri, jurusan desain adalah seni untuk membuat sesuatu yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jurusan desain termasuk desain grafis, desain produk, desain interior, dan sebagainya tidak membutuhkan hitung menghitung seperti matematika. Kamu hanya akan berfokus untuk mengasah keterampilan dan menghasilkan karya desain untuk berbagai kebutuhan seperti untuk promosi, kemasan produk, gaya interior dan sebagainya. 

Hukum

Jurusan kuliah tanpa matematika yang selanjutnya adalah ilmu hukum. Pada jurusan ini kamu akan belajar banyak tentang hukum dan perundang-undangan dalam berbagai skala. Mulai dari hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, hukum internasional, hukum perdagangan dan sebagainya. Kamu akan lebih sering berhubungan dengan pasal-pasal dalam berbagai undang-undang. Matematika tentunya bukanlah hal yang perlu kamu khawatirkan jika mengambil kuliah di jurusan ini. 

Filsafat

Filsafat adalah ilmu yang mempelajari cara berpikir yang disebut-sebut sebagai induk ilmu pengetahuan. Ilmu ini sangat identik dengan berbagai penemuan dan pemikiran klasik di mana manusia mempertanyakan segala sesuatu untuk menemukan jawabannya. Menariknya, banyak ilmuwan, termasuk di bidang matematika, yang juga merangkap sebagai filsuf pada masanya. Meski demikian, berkuliah di jurusan ini juga tidak akan serta merta membuatmu harus mempelajari matematika karena memang tidak ada dalam kurikulumnya. 

Ilmu Sejarah

Secara umum, jurusan ilmu sejarah adalah jurusan yang mempelajari berbagai peristiwa di masa lalu mulai dari zaman mesir, romawi dan yunani kuno hingga zaman modern. Cakupan ilmu sejarah sifatnya menyeluruh dan mengkaji berbagai aspek, seperti sosial, budaya, politik, agama, ekonomi dan lain-lain. Mendalami ilmu sejarah akan membuatmu mengerti bagaimana hal-hal yang terjadi di masa lalu mempengaruhi kondisi yang terjadi pada saat ini. Jurusan ini juga sama sekali tidak ada hubungannya dengan matematika dan ilmu hitung. 

Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan. Kamu akan mempelajari bagaimana caranya mengkomunikasikan suatu gagasan dengan menggunakan berbagai media. Setelah lulus dari jurusan ini kamu akan mampu untuk  Hal-hal yang akan kamu pelajari antara lain seperti media, periklanan, penyiaran dan hal-hal terkait lainnya. Jurusan ini lebih berkenaan dengan bahasa dan kamu tidak akan menemukan matematika sebagai mata kuliah yang harus diambil di jurusan ini. 

Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional (HI) mempelajari bagaimana upaya suatu negara berinteraksi secara global baik itu melibatkan suatu negara, instansi atau organisasi pemerintah maupun swasta. Kamu akan belajar mengenai diplomasi, hukum dan kebijakan luar negeri, keamanan dan strategis, institusi internasional, ekonomi-politik, sosial-budaya dan lain-lain dalam lingkup global. Penguasaan bahasa asing memang sangat penting untuk jurusan ini, tetapi kamu tidak dibutuhkan untuk menguasai matematika. 

Antropologi

Antropologi adalah program studi atau jurusan yang mempelajari mengenai seluk-beluk kebudayaan dan unsur-unsurnya dalam kehidupan manusia. Kamu tidak akan menemukan pelajaran matematika di jurusan ini karena hanya akan fokus pada manusia dan kebudayaannya. Perkuliahanmu akan berfokus mempelajari bagaimana sekelompok masyarakat tertentu melestarikan budaya mereka, menjaga hubungan dengan lingkungan dan alam serta bagaimana mereka beradaptasi. Antropologi sangat menarik untuk dipelajari, terutama karena Indonesia memiliki banyak sekali suku bangsa dan budaya. 

Sosiologi

Jurusan selanjutnya yang cocok bagi kamu yang ingin menghindari pelajaran matematika adalah sosiologi. Jika antropologi membahas hubungan manusia dengan kebudayaan, sosiologi adalah ilmu yang membahas manusia dan perilakunya sebagai makhluk sosial. Secara umum, sosiologi akan membuatmu mempelajari dan mendalami tentang masyarakat mulai dari struktur, karakter, permasalahan dan fenomena sosial, hingga pergerakan masyarakat dan lain-lain. 

Meskipun tidak ada pelajaran matematika, tetapi…

Ada hal yang sebaiknya kamu ketahui jika kamu berencana untuk melanjutkan studi di dalam negeri dengan kurikulum nasional. Meskipun tidak ada pelajaran matematika, kamu mungkin akan berhubungan dengan kerabat karibnya yaitu statistika, meskipun seringkali hanya mata kuliah pilihan. Hal ini tentu saja hanya berlaku di sebagian universitas dengan program yang memiliki modul penelitian yang membutuhkan metode statistika tertentu. 

Sementara di jika kamu memutuskan mengambil jurusan-jurusan di atas di luar negeri, umumnya program yang ditawarkan sudah benar-benar fokus pada bidang studinya. Misalnya jika kamu mengambil jurusan hukum, maka kamu benar-benar hanya mempelajari mengenai hukum saja. Mata pelajaran wajib yang harus kamu ambil juga hanya berkaitan dengan jurusan yang kami pelajari. Oleh sebab itu, pertimbangkan dengan baik sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di dalam atau luar negeri ya!

Comments are closed.