peluang kerja teknik elektro
Peluang Kerja Teknik Elektro Tahun 2020, Tertarik Mencoba?
11 Mei 2020
INTO University Partnerships
16 Mei 2020

8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

jurusan untuk orang pendiam

Sumber: Freepik

Tidak semua orang nyaman dengan interaksi sosial atau selalu bertemu dengan banyak orang berbeda setiap waktunya. Sebagian di antara kamu mungkin ada yang lebih senang berdiam dan menyendiri dalam mengerjakan sesuatu. Hal tersebut mungkin sekilas tampak seperti kekurangan, tetapi sebenarnya kamu juga memiliki banyak kelebihan yang justru sangat bermanfaat jika diarahkan pada bidang yang tepat. Nah, kali ini SUN Education akan membahas mengenai jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam. 

8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

jurusan yang cocok untuk pendiam

Sumber: Freepik

Akuntansi

Jurusan akuntansi mempelajari metode pencatatan dan penyusunan transaksi keuangan sehingga akan membutuhkan ketelitian dibandingkan keterampilan komunikasi. Oleh karena itu, jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang cocok orang pendiam. Namun, jurusan ini akan sangat berkaitan dengan perhitungan dan angka, oleh karena itu pastikan kamu juga cukup baik dalam hal tersebut ya. 

Desain Grafis

Jika kamu mengambil jurusan desain grafis, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan berkonsentrasi. Ini akan cocok bagi kamu yang juga tidak ingin banyak berbicara dan fokus berkarya. Pernah dengar ungkapan your work speaks louder than yours kan? Jadi, jurusan grafis desain ini juga bisa kamu jadikan pilihan, terutama jika kamu memiliki bakat di bidang desain. 

Baca Juga : 5 Tips Sederhana Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Bahasa Asing

Jurusan bahasa Asing memang identik dengan komunikasi dan percakapan, namun tidak melulu demikian. Kamu juga akan banyak menghabiskan waktu dengan mempelajari teori, karena sesungguhnya yang dipelajari di jurusan bahasa Asing di tingkat S1 akan berfokus pada konsep dan teori. Setelah lulus, kamu dapat memilih pekerjaan sebagai penerjemah yang akan menghabiskan banyak waktu menerjemahkan teks-teks daripada berbicara. 

Radiologi

Apakah kamu pernah melakukan rontgen? Jika pernah, maka orang-orang yang mengoperasikan alat-alat di ruang periksa tersebut adalah orang-orang yang dulunya bersekolah di jurusan radiologi. Jurusan ini termasuk studi terapan yang umumnya berada di jenjang diploma. Nah, jika kamu mengambil jurusan ini kamu akan menghabiskan waktumu di laboratorium dan berinteraksi dengan alat-alat dibandingkan dengan orang lain, karenanya sifat pendiammu tidak akan menjadi kekurangan yang menonjol. 

Teknik Informatika

Jurusan yang cocok untuk orang pendiam selanjutnya adalah teknik informatika. Namun, meskipun tidak harus banyak bicara, kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk memahami pemrograman. Jurusan yang satu ini termasuk jurusan yang masih banyak dicari di Indonesia hingga saat ini. Jurusan ini umumnya diminati lebih banyak laki-laki, namun juga tidak ada salahnya jika perempuan tertarik untuk mempelajari mengenai teknik informatika. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan cocok untuk kamu yang suka membaca, teliti serta tidak masalah dengan mengurus pengarsipan. Jurusan ilmu perpustakaan mempelajari informasi teknologi, manajemen serta pengumpulan dan penyimpanan data (pengarsipan). Jika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan lebih banyak bekerja, namun kamu juga tetap harus dapat mengkomunikasikan informasi-informasinya dengan baik. Bagi kamu yang pendiam, namun ingin tetap dapat membangun komunikasi yang baik mengenai informasi, kamu bisa mengambil jurusan ilmu perpustakaan. 

Farmasi

Saat kuliah di jurusan farmasi, waktumu akan banyak dihabiskan dengan memperhatikan teori atau di laboratorium sehingga cocok untuk kamu yang pendiam. Kamu akan belajar bagaimana meracik, membuat formula, mencampur, mengidentifikasi, mengkombinasi, serta menganalisis obat-obatan. Meski demikian, untuk menjadi profesional di bidang ini, kamu akan melewati fase di mana harus menjadi front-liner dalam memberikan informasi mengenai pengobatan kepada pasien. 

MIPA

Jurusan-jurusan yang berada di fakultas MIPA juga termasuk jurusan yang cocok untuk orang pendiam. Jika kamu berkuliah di jurusan matematika, kemampuanmu membuat perhitungan serta mengurai perumusan adalah keahlian yang paling diutamakan. Demikian juga dengan fisika dan kimia, kemampuan analisamu akan jauh lebih berguna. Sementara jika kamu mengambil jurusan biologi, pemahaman dan hafalan akan menjadi teman-teman sehari-harimu. Jurusan-jurusan sains seperti fisika, biologi dan kimia juga akan menghabiskan banyak waktu di laboratorium. 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA 2020

Jurusan Apa yang Paling Membuatmu Tertarik?

Nah, itu dia jurusan-jurusan yang dapat kamu jadikan pilihan jika kamu adalah orang yang pendiam. Meskipun demikian, dalam setiap proses perkuliahan kamu ada kalanya kamu diminta untuk berpartisipasi di kelas, serta melakukan presentasi dan diskusi. Walaupun tidak terlalu suka bicara, kamu juga harus berusaha melakukan yang terbaik ya!

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan jurusan-jurusan di atas di luar negeri, kamu dapat mendiskusikannya dengan SUN Education, lho! Segera hubungi konselor kami ya!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!