Kehidupan di New Zealand
Kehidupan di New Zealand: 5 Kota Terbaik Buat Siswa Internasional
2 Februari 2022
Cara Mengurus Visa ke Singapura
Cek di Sini Buat Tau Cara Mengurus Visa Pelajar ke Singapura!
3 Februari 2022

Yuk, Kenalan Sama Jurusan Manajemen Kuliner di Almamater Chef Renatta Moeloek!

Jurusan Manajemen Kuliner

Source: IDN Times

Tertarik menyelami dunia kuliner tapi mau belajar sisi bisnisnya juga? We got just the thing for you! Kamu bisa banget coba kuliah jurusan manajemen kuliner! Berbicara soal kuliner, universitas yang pasti terlintas di pikiran adalah tak lain dan tak bukan Le Cordon Bleu Paris.

Tau nggak sih kalau universitas ternama ini merupakan almamater dari Puti Renatta R. Moeloek atau Chef Renatta, seorang koki dan restaurateur asal Indonesia. Siapa yang nggak kenal dengan Chef Renatta? Namanya semakin melejit terutama setelah menjadi salah satu juri di acara televisi nasional, Master Chef.

Gimana, sih, kuliah jurusan Manajemen Kuliner di almamater chef kece satu ini? Cek selengkapnya di bawah!

 

Tentang Diploma in Culinary Management

Jurusan Manajemen Kuliner

Source: Facebook Le Cordon Bleu Paris

Jurusan Manajemen Kuliner di Le Cordon Bleu Paris akan membekali siswa dengan pelatihan operasional dan keterampilan manajerial yang diperlukan untuk memulai bisnis kuliner mereka sendiri.

Kamu sebagai mahasiswa akan mempelajari cara mengembangkan bisnis sendiri, konsep, hingga menu untuk jenis bisnis yang akan mereka kelola (restoran, katering di luar lokasi, food truck, dan lainnya). Selain itu, kamu bakal mendapatkan ilmu untuk mengelola dapur profesional.

Jurusan Manajemen Kuliner mengumpulkan semua elemen ini, dalam waktu tiga bulan, untuk membantu kamu menyesuaikan tujuan, resep, pengelolaan makan, biaya operasional, dan belajar bagaimana mengatur dapur dengan benar.

 

Siapa yang Bisa Daftar Jurusan Ini?

Jurusan Manajemen Kuliner

Source: Facebook Le Cordon Bleu Paris

Jurusan Manajemen Kuliner di Le Cordon Bleu Paris ditujukan bagi mahasiswa yang ingin berkarir di dapur profesional, seperti dapur di restoran atau hotel. Nggak hanya itu, koki atau pengusaha profesional yang mau menguasai teknik kuliner Perancis juga boleh banget masuk ke jurusan ini!

Pada dasarnya, siapa pun yang mau melakukan perubahan jalur karir dan mempelajari kuliner dengan cara terbaik bisa mengikuti jurusan Manajemen Kuliner.

 

Kenapa Belajar Jurusan Manajemen Kuliner?

Jurusan Manajemen Kuliner

Source: Facebook Le Cordon Bleu Paris

Sebelum mempelajari hal baru, apalagi menjadikannya sebagai jurusan pilihanmu di perguruan tinggi, kamu perlu tau tujuan pembelajarannya! Gunanya biar kamu bisa menetapkan target pribadi untuk mencapai tujuan itu. Set your mind to it!

Nah, selama belajar jurusan Manajemen Kuliner di Le Cordon Bleu Paris, kamu nantinya akan dapat pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan buat mendirikan atau mengelola restoranmu sendiri. Terus kamu juga bakal dibekali segudang ilmu terkait marketing & management untuk mengembangkan model bisnis.

Kamu juga bisa mengembangkan kemampuan buat membuat perencanaan, analisa, serta memproduksi produk atau resep dalam menu yang masih masuk dalam anggaran.

 

Prasyarat Jurusan

Source: Facebook Le Cordon Bleu Paris

Sama seperti jurusan di perguruan tinggi lainnya, jurusan Manajemen Kuliner di Le Cordon Bleu Paris pun punya beberapa prasyarat yang perlu kamu penuhi sebelum bisa menempuh studi di sana.

Syarat-syarat tersebut termasuk kamu perlu berusia 18 tahun atau lebih, memegang Le Cordon Bleu Grand Diplôme®, Diplôme de Cuisine atau Diplôme de Pâtisserie, atau gelar setara. Atau, kamu memiliki bukti pengalaman profesional yang signifikan dalam dunia kuliner dan pastry secara khusus.

Selain itu, pelamar jurusan ini harus memiliki gelar sarjana atau setara, membuat motivation letter sepanjang 500 kata dan mengikuti proses wawancara sesuai ketentuan pihak universitas.

 

Metode Pengajaran

Source: Facebook Le Cordon Bleu Paris

Biar makin akrab sama jurusannya, nih, kamu juga kudu cari tau detil-detil sampai metode pengajarannya!

Untuk jurusan Manajemen Kuliner di Le Cordon Bleu Paris, metode pengajaran yang diterapkan adalah demonstrasi, kelas praktik & teori. Ujiannya pun nanti ada praktik dan tertulis juga!

Courses will be taught in French and translated to English. So, knowing some basic French might help you in the long run!

 

Bakal Pelajarin Apa Aja?

Jurusan Manajemen Kuliner

Source: Facebook Le Cordon Bleu Paris

Selama mempelajari Manajemen Kuliner di Le Cordon Bleu, kamu bakal dapat banyak banget ilmu. Beberapa di antaranya adalah Culinary Innovation, Wines & Beverages, Gastronomy and Food Trends, hingga Food Hygiene and Safety.

Karena mempelajari sisi manajemennya juga, pastinya kamu bakal dapat mata kuliah soal Menu Concepts & Marketing. Dalam mata kuliah ini secara khusus kamu akan belajar cara mengembangkan konsep gastronomi, membuat rencana pemasaran dan pengembangan bisnis, menggunakan menu sebagai marketing tool, branding, sampai promosi media sosial. Lengkap nggak, tuh?

 

Details Before Applying!

Jurusan Manajemen Kuliner di Le Cordon Bleu Paris berdurasi selama tiga bulan aja guys! Mahasiswa baru perlu membayar tuition fee sebesar €8,500. Dengan biaya ini kamu termasuk mendapat peralatan dapur dan seragam. 

Sementara itu ada potongan harga buat alumni Le Cordon Bleu. Alumni yang mau lanjut ambil diploma ini akan dapat potongan harga dan cuma perlu bayar €7,300.

That’s all you need to know about jurusan Manajemen Kuliner di almamater Chef Renatta, Le Cordon Bleu Paris. We’ve laid it all out for you, all you need to do now is take the next step and plan your studies with SUN Education!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan