universitas terbaik di australia versi times higher education
10 Universitas Terbaik Di Australia Yang Banyak Orang Indonesia, Berminat Masuk?
18 Februari 2023
Fakta University of Oxford yang Memikat Banyak Pelajar Internasional
19 Februari 2023

Hal yang Wajib Kamu Tau Soal Jurusan Manajemen Transportasi

jurusan manajemen transportasi

Sumber: Pexels

Apa itu Jurusan Manajemen Transportasi?

Jurusan manajemen transportasi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengatur transportasi dalam hal pergerakan barang dan orang dari satu tempat ke tempat lain.

Saat kuliah jurusan yang satu ini kamu akan belajar berbagai aspek seperti desain sistem transportasi, perencanaan transportasi, manajemen transportasi, teknologi transportasi, dan ekonomi transportasi.

Kamu juga akan belajar tentang berbagai mode transportasi seperti jalan raya, rel kereta api, udara, dan air. Kemudian cara merencanakan, mengelola, dan memperbaiki sistem transportasi. Sistem yang akan diperbaiki mencakup keamanan & regulasi, kebijakan publik terkait transportasi, serta dampak lingkungan dari transportasi.

 

BACA JUGA: Kerennya Jurusan Kriminologi, Intip Syarat, Mata Kuliah, & Prospek Kerja nya!

 

Alasan Memilih Jurusan Manajemen Transportasi

alasan memilih jurusan transportasi

Bagi kamu yang agak ragu untuk memilih jurusan transportasi, mungkin hal ini bisa menjadi pertimbanganmu. Selama tinggal di Indonesia kamu pasti sadar bahwa sistem transportasi di negara kita masih sangat membutuhkan perbaikan baik dari sisi teknologi, infrastruktur juga manajemennya.

Jika tidak ada kemajuan dalam sistem transportasi kita, maka proses distribusi untuk jasa dan barang akan sangat terganggu. Di sinilah butuh tangan-tangan dingin yang hendak melakukan inovasi untuk kemajuan sistem transportasi. 

Lewat jurusan manajemen transportasi ini kamu bisa mempelajari bagaimana sistem transportasi di Indonesia dan merumuskan cara-cara untuk memecahkannya. Apalagi di Indonesia masih jarang sekali, lho, ahli manajemen di bidang manajemen transportasi.

Bisa jadi kamu adalah ahli bidang manajemen transportasi yang akan memajukan transportasi Indonesia di masa depan!

 

BACA JUGA: Penting, Tahu Ini Sebelum Masuk Jurusan Electrical Engineering! Simak Disini Mata Kuliah & Prospek Kerja nya

 

Karakter yang Cocok Masuk Jurusan Manajemen Transportasi

 

mata kuliah jurusan manajemen transportasi

 

Karena setiap orang memiliki keunikan yang berbeda-beda, makanya belum tentu semua orang pasti cocok untuk masuk dan kuliah ilmu manajemen transportasi. Berikut ini ada beberapa karakter yang bisa membantu kamu dalam belajar dan bekerja di bidang transportasi, antara lain:

Kepribadian yang analitis dan logis

Dalam bidang transportasi, terdapat banyak data dan angka yang perlu dianalisis dan diolah oleh kamu. Makanya oleh karena itu, kamu harus memiliki kemampuan analitis dan logis dapat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat.

Kemampuan komunikasi yang baik

Seseorang yang masuk ke bidang transportasi perlu mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak seperti klien, rekan kerja, maupun pihak terkait lainnya. Sebagai seorang calon mahasiswa jurusan manajemen transport, kemampuan komunikasi yang baik akan kamu sangat perlukan.

Keterampilan interpersonal

Transportasi adalah bidang yang melibatkan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Hal ini menjadikan seorang mahasiswa jurusan transportasi harus punya keterampilan interpersonal yang baik. Contohnya seperti kemampuan bekerja sama, memimpin, dan menyelesaikan konflik dapat membantu dalam bekerja di bidang ini.

Ketelitian dan ketepatan

Dalam bidang transportasi, kesalahan kecil dapat berdampak besar pada keselamatan dan keamanan. Oleh karena itu, kamu yang nantinya akan kuliah ke bidang ini perlu memiliki kemampuan untuk bekerja secara teliti dan tepat.

Kemampuan mengambil keputusan

Bidang transportasi seringkali membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam situasi yang tidak terduga. Oleh karena itu, seseorang yang masuk ke bidang ini perlu memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Karakter di atas hanyalah sebagian kecil dari kemampuan yang dapat membantu kamu dalam belajar di jurusan transportasi. Selain itu, minat dan motivasi yang kuat untuk mempelajari bidang ini juga sangat penting.

Apa Aja Mata Kuliah yang Dipelajari?

syarat masuk jurusan transportasi

Sebelum memilih jurusan manajemen transportasi, kamu harus tau dulu apa aja yang akan kamu pelajari nanti. Dalam jurusan transportasi kamu akan belajar bagaimana menganalisa kebijakan tarif, menganalisa rute yang paling efisien dan efektif dari segi bahan bakar hingga waktu, fasilitas di jalan, hingga biaya operasional kendaraan dan sebagainya.

Kamu akan menganalisa permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam sistem transportasi kemudian mencari solusi terbaiknya. Jadi buat kamu yang memang memiliki minat di bidang transportasi, infrastruktur hingga logistik, boleh banget memilih jurusan manajemen satu ini, nih. Penasaran apa aja mata kuliah utamanya? Simak yang ada di bawah ini.

Perencanaan dan Analisis Transportasi

Dalam mata kuliah jurusan transportasi ini, kamu akan mempelajari tentang cara merencanakan sistem transportasi yang efisien dan berkelanjutan. Kamu juga akan mempelajari tentang analisis lalu lintas, pemodelan transportasi, dan evaluasi kinerja sistem transportasi.

Teknik Jalan Raya

Dalam matkul teknik jalan raya kamu nantinya akan mempelajari tentang prinsip-prinsip desain jalan raya, konstruksi jalan, dan teknik-teknik yang terkait dengan pengembangan jalan raya yang aman dan efisien.

 

BACA JUGA: Kenalan dengan Jurusan Bisnis Digital: Syarat, Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

 

Transportasi Publik

Sistem transportasi publik seperti bus, kereta api, dan trem adalah hal yang akan kamu pelajari di matkul yang satu ini. Nantinya kamu akan mempelajari tentang desain, operasi, manajemen, dan evaluasi dari sistem transportasi publik.

Sistem Logistik

Dalam mata kuliah ini jurusan manajemen transportasi ini kamu akan mempelajari tentang manajemen rantai pasok, penyimpanan dan distribusi, dan strategi logistik dalam konteks industri dan bisnis.

Teknologi Transportasi

manajemen transportasi

Sesuai namanya, dalam teknologi transportasi kamu akan belajar mengenai teknologi terbaru dalam transportasi seperti transportasi berbasis data, kecerdasan buatan, dan transportasi berbasis internet.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem transportasi.

Ekonomi Transportasi

Dalam matkul jurusan transportasi ini nantinya kamu akan mempelajari tentang aspek ekonomi, seperti biaya dan manfaat transportasi, analisis kelayakan ekonomi, dan perencanaan anggaran transportasi.

Keselamatan dan Keamanan Transportasi

Kamu akan belajar tentang aspek keselamatan dan keamanan dalam transportasi, seperti desain jalan raya yang aman, manajemen risiko, dan peraturan keselamatan dan keamanan dalam transportasi.

 

BACA JUGA: Jurusan Teknik Mesin: Syarat Masuk, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja

 

Transportasi Udara

Nantinya kamu akan belajar cukup banyak hal dalam mata kuliah jurusan transportasi ini, yaitu mencakup desain, operasi, manajemen, dan evaluasi dari sistem transportasi udara, termasuk aspek keselamatan dan keamanan.

Transportasi Air

Mata kuliah transportasi air hampir sama dengan yang sebelumnya. Nantinya kamu mempelajari tentang desain, operasi, manajemen, dan evaluasi dari sistem transportasi air, termasuk pelabuhan, kapal, dan kapal pesiar.

Hukum dan Regulasi Transportasi

Transportasi tidak boleh sembarangan dibuat ataupun beroperasi, ada sejumlah peraturan yang harus dijalankan. Makanya dalam mata kuliah ini kamu mempelajari tentang hukum dan regulasi yang terkait dengan industri transportasi.

Regulasi yang akan kamu pelajari dalam hukum transportasi ini adalah peraturan keselamatan dan keamanan, peraturan lingkungan, dan peraturan perdagangan internasional.

Transportasi dan Lingkungan

Mata kuliah ini mempelajari tentang dampak lingkungan dari transportasi dan strategi yang dapat diambil untuk mengurangi dampak tersebut, termasuk penggunaan kendaraan listrik dan energi terbarukan.

 

BACA JUGA: Yuk Kita Kenalan Dengan Jurusan Sastra Inggris Mulai Dari Mata Kuliah, Prospek Kerja Hingga Syarat Masuk nya

 

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Transportasi

Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Jurusan Manajemen Transportasi

Sumber: Pexels

Sepertinya nggak lengkap membahas jurusan kuliah tanpa membahas karir masa depannya. Kamu harus tahu jenjang karir di masa depan dari bidang ilmu yang kamu ambil, termasuk pada jurusan manajemen transportasi ini.

Nggak perlu takut, jenjang karir di bidang manajemen transportasi masih luas, kok. Kamu bisa bekerja di bidang transportasi baik di sektor pemerintah, swasta atau publik.

Lantas, apa saja opsi pekerjaan bagi para lulusan jurusan manajemen transportasi? Yuk, simak di bawah ini!

Manajer Transportasi

Salah satu pilihan utama bagi para lulusan jurusan manajemen transportasi, yaitu dapat bekerja sebagai manajer transportasi atau pengawas operasional dalam perusahaan transportasi. Perusahaan yang bisa kamu pilih termasuk transportasi darat, laut, udara, atau logistik.

Konsultan Transportasi

Salah satu opsi lainnya setelah lulus kuliah nanti, kamu bisa menjadi konsultan transportasi. Profesi ini merupakan seorang tenaga ahli yang membantu perusahaan atau pemerintah dalam merencanakan, merancang, dan mengoperasikan sistem transportasi yang efisien dan berkelanjutan.

Analis Transportasi

Lulusan jurusan transportasi juga bisa memeilih pekerjaan sebagai analis transportasi yang mempelajari dan mengevaluasi data transportasi. Hal yang perlu kamu analisis termasuk lalu lintas, pemodelan transportasi, dan evaluasi kinerja sistem transportasi.

Pengembang Infrastruktur Transportasi

jurusan transportasi

Lulusan jurusan manajemen transportasi dapat bekerja dalam pengembangan infrastruktur transportasi, termasuk desain jalan raya, perencanaan dan pengembangan pelabuhan, bandara, dan stasiun kereta api.

Manajer Logistik

Dalam pilihan pekerjaan yang satu ini kamu akan mengerjakan manajemen rantai pasok dan distribusi, termasuk manajemen persediaan, manajemen gudang, dan manajemen pengiriman suatu perusahaan.

Pembuat Regulasi Transportasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau suatu moda transportasi harus mengikuti peraturan. Makanya seorang lulusan manajemen transportasi bisa bekerja sebagai pembuat regulasi transportasi.

Peraturan yang kamu buat dalam pekerjaan ini termasuk, pengembangan kebijakan transportasi, pemantauan dan penegakan hukum, serta pembuatan peraturan keselamatan dan keamanan dalam transportasi.

Akademisi/Tenaga Pengajar

Lulusan jurusan manajemen transportasi juga dapat melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi dan menjadi dosen atau peneliti di perguruan tinggi atau institusi penelitian.

Prospek kerja lulusan jurusan transportasi akan terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan akan transportasi yang efisien dan berkelanjutan.

Sebagai contoh, dengan adanya tren transportasi ramah lingkungan dan teknologi transportasi baru seperti kendaraan otonom. Maka dari itu lulusan jurusan manajemen transportasi dapat memainkan peran penting dalam merancang dan mengoperasikan sistem transportasi masa depan yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Kuliah Jurusan Manajemen Transportasi di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri

Sumber Pexels

Di Indonesia sendiri, jurusan ini hadir baik di universitas swasta maupun universitas negeri. Tapi, kalau kamu mau memperluas ilmu kamu dalam bidang manajemen transportasi, kamu bisa memilih kuliah di luar negeri.

Namun, biasanya jurusan kuliah transportasi ini nggak berdiri sendiri, tapi tergabung dengan jurusan lain contohnya International Tourism Management with Transport, Transport Economic, atau Transport Management and Logistics. 

Kalau ingin kuliah manajemen transportasi di luar negeri, pastinya kamu sebaiknya awali dengan berkonsultasi dulu dengan konsultan pendidikan luar negeri seperti SUN Education. Nggak hanya konsultasi soal persyaratan masuk, kamu juga bisa konsultasi jenjang karir, kehidupan di universitas, bahkan urusan visa juga bisa dibantu! Tertarik kuliah jurusan manajemen transportasi di luar negeri? Mulai langkahmu dengan SUN Education!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Jika membutuhkan informasi terkini, follow media sosial SUN Education di Instagram, TikTok dan YouTube. Kamu juga bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Download SUN Education Mobile App atau baca SUN E-Guidebook untuk akses informasi lebih mudah dan GRATIS!

 

Tinggalkan Balasan