Advertising / Periklanan
26 September 2020
Universitas di Mesir Sebagai Destinasi Pendidikan Tinggi: Yes or No?
26 September 2020

10 Jurusan Terbaik di National University of Singapore

jurusan di national university of singapore

National University of Singapore (NUS) merupakan universitas terbaik di Singapura yang juga terbaik di Asia serta berada di peringkat yang tinggi secara global. Dari tahun ke tahun, NUS selalu mempertahankan posisinya sebagai institusi pendidikan terbaik di Asia. Berdasarkan QS World University terbaru tahun 2021, NUS berada di peringkat ke-11 di dunia yang secara otomatis menjadikannya peringkat pertama baik di Asia maupun di Singapura. 

Selain memiliki ranking yang tinggi dalam skala institusi, NUS juga menawarkan program studi atau jurusan yang juga terdepan, tidak hanya di Asia, namun juga di dunia. Nah, berikut adalah 10 jurusan terbaik di National University of Singapore:

10 Jurusan Terbaik di National University of Singapore

Berdasarkan QS World University Rankings by Subject, berikut adalah jurusan terbaik di National University of Singapore yang mendapat peringkat teratas. 

Engineering – Petroleum

Secara umum, pendidikan di bidang teknik di NUS bisa dikatakan yang terbaik di dunia karena semuanya berada dalam dalam peringkat 20 besar terbaik di dunia. Sementara jurusan teknik perminyakan atau Petroleum berada di bawah Centre for Offshore Research & Engineering. Program gelar yang ditawarkan adalah MSc, PhD dan Eng.D. 

Engineering – Chemical

Jurusan teknik kimia di NUS berada di bawah Department of Chemical and Biomolecular Engineering (ChBE). Ada delapan program yang ditawarkan mulai dari undergraduate, graduate certificate, maupun program graduate baik yang coursework maupun research. 

Geography

NUS juga terbaik dalam bidang geografi dengan aneka program yang ditawarkan oleh Department of Geography. Departemen ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia dan yang terbaik pertama di Asia. Program geografi yang ditawarkan tersedia dalam level undergraduate, master, hingga PhD. 

Engineering – Civil and Structural

Department of Civil and Environmental Engineering adalah departemen yang mengelola berbagai program jurusan teknik sipil dan lingkungan di NUS. Program gelar yang ditawarkan di sini cukup beragam dari tingkat undergraduate, certificate, hingga coursework dan research based program. 

Chemistry

Jurusan terbaik dari National University of Singapore yang selanjutnya adalah jurusan kimia yang berada dalam Department of Chemistry, Faculty of Sciences. Ada 3 program studi yang ditawarkan satu program double degree, satu program joint degree serta 4 program minor. 

Engineering and Technology 

NUS mendapat peringkat terbaik ke-10 adalah kategori engineering dan technology adalah pertanda bahwa program-program yang ditawarkan dalam kedua bidang tersebut memiliki reputasi dan penilaian yang baik. Secara umum, peringkat setiap jurusan spesifik juga rata-rata berada di 20 besar terbaik di dunia. 

Statistics and Operational Research

Bidang selanjutnya yang mana NUS juga mendapatkan peringkat teratas adalah statistics and operational research. Departemen yang menyediakan program terkait adalah Department of Statistics and Applied Probability (DSAP). Program yang ditawarkan terbagi dua yaitu jurusan statistic serta data sciences and analitycs. 

Social Policy & Administration

Lee Kuan Yew School of Public Policy adalah departemen yang menyediakan program-program terkait dengan bidang Social Policy & Administration di NUS. NUS menduduki peringkat ke-11 untuk seluruh dunia dan peringkat pertama di Asia. Hal ini membuat departemen ini menjadi salah satu yang paling banyak pelajar internasional yaitu sekitar 80% dengan total 28 kewarganegaraan. Program-program yang ditawarkan di NUS untuk bidang ini umumnya merupakan program-program pascasarjana dan profesional. 

Pharmacy & Pharmacology

Program sarjana terkait farmasi di NUS tersedia di Faculty of Science, baik dengan gelar BPharm maupun BSc. Selain itu, NUS memiliki Department of Pharmacology yang bertanggung jawab dalam pengajaran farmasi dalam berbagai disiplin baik kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, farmasi sendiri, maupun life science. Departemen ini juga terdepan dalam hal riset terkait dengan farmasi yang juga melibatkan pelajar NUS di tingkat yang lebih tinggi (graduate). 

Jurusan yang kamu incar termasuk salah satunya?

Nah, itulah jurusan-jurusan terbaik di National University of SIngapore (NUS) berdasarkan QS World University Rankings by Subject yang mengedepankan aspek penelitian di dalamnya. Sebagai salah satu universitas bergengsi di Asia dan dunia, NUS menerapkan standar yang tinggi untuk dapat diterima, jadi persiapkan dirimu mulai dari sekarang ya! 

Comments are closed.