Kuliah di Malaysia Tanpa Beasiswa? Coba Cek Universitas Swasta Ini!
24 September 2020
3 Institut asal Singapura dengan Fasilitas dan Teknologi yang ‘Keep Going Forward’
25 September 2020

Pilihan Jurusan S2 di University of Melbourne

jurusan s2 di university of melbourne

Sumber: Freepik

The University of Melbourne adalah salah satu universitas terbaik di Australia yang juga berada dalam TOP 50 universitas terbaik dunia. Universitas ini merupakan universitas tertua kedua di Australia yang telah berdiri sejak tahun 1853 dan berlokasi di Melbourne. Unimelb juga merupakan salah satu universitas riset terdepan di Australia dengan mahasiswa peserta riset terbesar. 

Semua reputasi tersebut membuat unimelb menjadi salah satu destinasi studi yang disenangi oleh pelajar internasional. Tidak heran jika di Indonesia sendiri unimelb termasuk universitas yang populer dan banyak peminatnya. Dengan riset yang tinggi, tidak heran bahwa banyak jika program pascasarjana berbasis riset di universitas ini termasuk terpopuler di Australia. 

Coursework dan Research

Untuk program tingkat S2 di University of Melbourne ditawarkan dalam bentuk coursework dan research. Program coursework adalah program yang berfokus pada pemahaman teori dan pendalaman materi sesuai dengan fokus bidang yang dipelajari. Sementara program research berfokus pada penelitian dan prakteknya di lapangan. Beberapa program juga mungkin akan sangat berfokus pada tesis atau penelitian untuk tugas akhir. Nah, berikut adalah program-program atau jurusan S2 di University of Melbourne berdasarkan bidang yang menjadi fokusnya. 

Architecture, building, planning and design

Gabungan seni, sains, dan teknologi dengan bisnis, sosial dan lingkungan yang ditawarkan unimelb akan membuat proses belajarmu menjadi lebih progresif. Jurusan-jurusan S2 yang bisa kamu ambil di University of Melbourne ini antara lain adalah: arsitektur, konstruksi, desain, teknik sipil, properti, tata kota dan lain-lain. 

Arts, humanities and social sciences

Salah satu keunggulan bidang seni humaniora dan ilmu sosial di unimelb adalah tenaga pengajar yang merupakan peneliti yang diakui di bidangnya masing-masing. Jurusan yang dapat kamu ambil antara lain adalah seni, linguistik, kriminologi, penulisan kreatif, komunikasi media, hubungan internasional, jurnalistik, pemasaran, penerjemahan dan lain-lain. 

Business and economics

Kamu akan belajar melalui studi dari dunia nyata serta pengalaman langsung dari program terintegrasi industri. Program yang ditawarkan tersedia dalam berbagai gelar mulai dari Master of Art, Master of Business Administration, Master of Economic, Master of Engineering, dan lain-lain. Jurusan-jurusan yang dapat kamu pilih antara lain adalah akuntansi, aktuaria, ekonomi, keuangan, manajemen, dan pemasaran. 

Education

Ada banyak sekali jurusan bidang pendidikan di tingkat S2 yang dapat kamu pilih. Beberapa di antaranya adalah pedagogi, kepemimpinan dan manajemen, pendidikan senin, pendidikan literasi, kesejahteraan pelajaran, pendidikan sains, pendidikan matematika dan lain-lain. 

Engineering

University of Melbourne menawarkan program teknik yang tidak hanya terampil di bidangnya, namun juga memiliki pola pikir yang inovatif. Jurusan-jurusan S2 yang dapat kamu pilih antara lain adalah sistem bioteknologi, geologi, sistem kimia, sistem mekanik, sistem komputasi dan perangkat lunak, sistem kelistrikan, mekatronika dan lain-lain. 

Environment

Program-program di bidang lingkungan yang ditawarkan oleh unimelb menyediakan pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal menghadapi berbagai permasalahan lingkungan hidup saat ini. Jurusan-jurusan yang ditawarkan antara lain adalah ilmu lingkungan, ilmu pertanian, ekologi dan biologi evolusioner, iklim dan cuaca, ekosistem, geologi, tata kota, dan sebagainya. 

Health

Program-program bidang ilmu kesehatan di unimelb dikembangan dengan bekerjasama dengan tenaga ahli bidang kesehatan, rumah sakit, serta lembaga penelitian. Kamu bisa mengambil jurusan-jurusan seperti mikrobiologi, fisiologi, ilmu saraf, psikologi, imunologi, patologi, genetika, farmakologi dan lain-lain. 

Information technology and computer science

University of Melbourne merancang program di bidang teknologi informasi dan ilmu komputer yang selaras dengan kebutuhan industri. Pilihan program di tingkat S2 yang dapat kamu pertimbangkan adalah mulai dari ilmu komputer, perangkat lunak, hingga ilmu data yang tentunya tidak lepas dari kebutuhan bisnis, hiburan serta kesehatan. 

Law

Sekolah hukum unimelb adalah salah satu yang terbaik di Australia dan dunia yang staf pengajar untuk tingkat graduate-nya merupakan tenaga ahli dari berbagai negara di dunia. Jurusan-jurusan yang bisa kamu ambil terkait dengan hukum sangat beragam mulai dari hukum ekonomi internasional, hukum lingkungan, hukum dan hak asasi manusia, perpajakan, dan lain-lain. 

Music, visual and performing arts

Bidang ini cocok bagi kamu yang ingin belajar langsung di kawasan seni Melbourne di bawah bimbingan para seniman seperti pembuat film, musisi, dan peneliti yang diakui secara internasional. Anda dapat mempelajari seni visual, seni pertunjukkan, serta bidang yang lebih spesifik seperti produksi, penulisan naskah, penyutradaraan dan sebagainya. 

Sciences

Bidang sains, teknologi, teknik, matematika dan kedokteran adalah bidang-bidang yang diperkirakan akan semakin dekat dengan kebutuhan industri di masa depan. Program pascasarjana di unimelb mempersiapkan kamu untuk tantangan tersebut. Fokus studi yang dapat kamu pilih nantinya mulai dari biologi, geografi, kimia, fisika, hingga ilmu terkait bumi dan lingkungan. 

Veterinary, agricultural and food sciences

Bidang kedokteran hewan, agrikultur, dan ilmu pangan di unimelb menyediakan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari kebun buah, robotika produk susu, anggur, dan lain-lain. Jika kamu tertarik mendalami kedokteran hewan, kamu juga akan diajar oleh staf terakreditasi serta pembelajaran berbasis teknologi dengan praktik berbasis bukti. 

Tertarik untuk melanjutkan studi di Australia?

Nah, daftar di atas adalah jurusan-jurusan tingkat S2 di University of Melbourne yang merupakan salah satu universitas terbaik di Australia. Namun tahukah kamu bahwa Australia juga memiliki banyak universitas lainnya yang tidak kalah bagusnya? Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Australia, kamu bisa berkonsultasi dengan SUN Education, lho! Rencanakan studimu di Australia dari sekarang yuk!

Comments are closed.