What is Non-Test Preparation?
20 Februari 2020
Peneliti University of Sheffield Mengubah Limbah Demi Keamanan Pangan Global
21 Februari 2020

5 Jurusan yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja

jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja

Jika saat ini kamu masih duduk di bangku SMA dan baru akan masuk kuliah tahun 2020 ini, kamu mungkin akan butuh pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Salah satu hal yang wajib kamu pertimbangkan adalah prospek kerja dari jurusan yang akan kamu ambil. Seiring berjalannya waktu ada banyak perubahan di bidang ekonomi dan industri yang memiliki dampak pada lowongan pekerjaan. Ada baiknya kamu memilih jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dalam beberapa tahun ke depan. 

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja

Sumber: Freepik

Dalam beberapa tahun ke depan, kebutuhan industri terhadap tenaga kerja masih akan banyak di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika. Oleh sebab itu, jurusan-jurusan yang terkait dengan keempat bidang tersebut masih akan memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Berikut adalah jurusan-jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja dalam beberapa tahun ke depan:

Baca Juga : Urutan 10 Universitas Terbaik di Dunia 2020

Ilmu Komputer/Teknologi Informasi

Kedua jurusan ini bisa dibilang sebagai jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Keduanya berada di bidang yang menjadi kunci perkembangan teknologi yang tentunya akan memberi dampak pada aspek lainnya. Namun, dalam beberapa tahun ke depan, meskipun merupakan lulusan ilmu komputer atau teknologi informasi, kamu masih harus banyak belajar dan mengembangkan pengetahuan di bidang yang lebih spesifik. Jika memungkinkan, kamu bisa memilih jurusan yang lebih spesifik dalam kedua bidang ini misalnya seperti cyber security. 

Ilmu Data (Data Science)

Jurusan Ilmu data atau data science merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu seperti statistika, matematika, ilmu komputer dan teknologi informasi. Dalam industri dan ekonomi yang sangat bergantung pada teknologi, data adalah suatu hal yang sangat berharga. Seorang data scientist akan mengumpulkan dan mengolah data dengan metodologi tertentu yang memungkinkannya untuk dapat dianalisa oleh perangkat lunak komputer. Dari proses ini, perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai kondisi bisnis maupun peluang untuk kedepannya. Saat ini data scientist masih merupakan profesi yang cukup langka meskipun kebutuhan akan tenaga ahli di bidang data ini masih sangat dibutuhkan. 

Baca Juga : 5 Tips Sederhana Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Aktuaria

Secara sederhana, aktuaria adalah ilmu mengenai risiko keuangan di masa depan. Jurusan ini merupakan kombinasi antara matematika peluang, statistika, keuangan dan pemrograman komputer. Di Indonesia sendiri jurusan ini belum cukup populer dan masih sedikit institusi yang menawarkan aktuarial sebagai pilihan program. Sementara itu, peluang jurusan aktuarial justru meningkat seiring berkembangkan banyak perusahaan asuransi. Ahli aktuaria banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar dengan tawaran gaji yang tinggi karena tergolong profesi yang langka. Hal tersebut berlaku baik di dalam maupun luar negeri. 

Teknik Biomedis

Mengarah ke kemajuan teknologi yang semakin kompleks, akan banyak ditemukan jurusan-jurusan lintas disiplin seperti teknik biomedis. Pada jurusan ini kamu akan dipersiapkan untuk memiliki keahlian dalam bidang teknologi kesehatan manusia. Jurusan ini akan menghasilkan tenaga ahli di bidang teknik yang juga mengerti prinsip-prinsip dalam bidang biomedis. 

Teknik mekatronika

Teknik mekatronika merupakan gabungan dari teknik elektronika, teknik mesin dan teknik informatika. Di dalamnya termasuk dasar-dasar elektronik, mesin, ilmu komputer, sistem, telekomunikasi, kontrol dan lain-lain. Teknik Mekatronika sendiri adalah dasar dalam pembuatan robot, sehingga memiliki kaitan yang erat dengan robotika. Robotika sendiri sedang gencar-gencarnya dikembangkan untuk berbagai keperluan.

Baca Juga : 6 Cara Memilih Jurusan Kuliah

Tentukan Jurusan yang Paling Cocok Denganmu!

jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja

Sumber: Freepik

Jurusan-jurusan di atas adalah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja terutama pada bidang teknologi. Sebagaimana kita ketahui, bisnis dan ekonomi selalu akan mengikuti perkembangan teknologi informasi. Oleh sebab itu, perkembangan ini sebaiknya juga tidak kamu abaikan dalam menentukan pilihan jurusan studimu. 

Selain jurusan-jurusan di atas, jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja lainnya adalah jurusan-jurusan yang terkait dengan bisnis. Lulusan dari jurusan bisnis, keuangan, ekonomi, akuntansi masih akan tetap dibutuhkan dalam beberapa tahun ke depan. Selain itu, hampir semua jurusan teknik juga masih akan tetap populer dan banyak dicari lulusannya. 

Nah, bagaimana denganmu? Tentukan jurusan yang paling sesuai denganmu ya!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!