durham university
Ranking Terbaru Durham University: 100 Teratas di Dunia!
21 Juni 2019
Intan & Amritha: Momen Menyenangkan Berkuliah di UoW College Australia
24 Juni 2019

Kanada: Negara Yang Ramah Imigran

kanada

Sumber: istock

Tahukah kamu bahwa Kanada merupakan salah satu dari sedikit sekali negara di dunia yang ‘ramah’ terhadap imigran dan pengungsi dari mancanegara?

Banyak negara di dunia menerapkan kebijakan yang ketat terhadap imigran dan pengungsi, serta selektif dalam memberikan izin untuk tinggal menetap. Hal tersebut tidak terjadi di Kanada lataran negara itu telah bertahun-tahun menjadi negara yang ‘ramah’ terhadap imigran. Setiap tahunnya, selalu ada ribuan imigran yang masuk dan mendaftar sebagai penduduk tetap di Kanada.

Sumber: istock

Seperti dilansir cnn.com pada awal tahun ini, parlemen Kanada mengumumkan rencana mereka untuk menyambut imigran yang akan menjadi penduduk tetap dalam tiga tahun ke depan. Mereka siap menerima sekitar satu juta imigran, yang jumlah tersebut hampir setara dengan satu persen jumlah penduduk Kanada setiap tahunnya. Pada tahun 2017 lalu, Kanada telah menyambut sekitar 280.000 penduduk baru dan akan bertambah setiap tahunnya hingga tahun 2021.

“Terima kasih banyak kepada para pendatang baru yang telah kami sambut sampai saat ini, Kanada telah berkembang menjadi negara yang kuat dan bersemangat sebagaimana kita semua nikmati,” kata Ahmed Hussen seperti dilansir cnn.com. Menteri Imigrasi, Kepengungsian, dan Kewarganegaraan (Immigration, Refugees and Citizenship/IRCC) Kanada tersebut juga merupakan seorang imigran asal Somalia. Menurutnya, banyaknya pendatang menjadi penyeimbang bagi penduduk Kanada yang banyak telah berusia lanjut dengan angka kelahiran penduduk yang rendah.

Kanada mengambil sikap tersebut sebagai reaksi terhadap banyaknya negara lain, termasuk Amerika yang menerapkan kebijakan imigrasi yang ketat. Sementara Kanada telah mendedikasikan diri untuk menawarkan perlindungan bagi para pengungsi. Sebagaimana disampaikan Badan Pengungsi PBB, pada tahun 2017 telah terjadi peningkatan pengungsi dengan jumlah mencapai 68,5 juta jiwa. IRCC sendiri telah menjanjikan $5,6 juta untuk mendukung inisiatif pemukiman kembali global.

kanada

Sumber: Freepik

Selain adanya kebijakan pemerintah tersebut, warga negara Kanada sendiri juga ‘ramah’ terhadap imigran yang menetap di negaranya. Hal ini lataran banyaknya jumlah imigran di negara tersebut dari waktu ke waktu sehingga telah berbaur dengan lingkungan masyarakat asli Kanada. Imigran di Kanada diperlakukan secara adil dan dipenuhi hak-haknya baik sebagai pelajar, pekerja, pengusaha atau bahkan pengungsi.

Yang unik dari kebijakan imigrasi Kanada ini adalah dengan adanya Program Nominasi Provinsi (PNP). Program tersebut memungkinkan provinsi dan wilayah di Kanada untuk menominasikan individu yang ingin berimigrasi ke Kanada dan yang tertarik untuk menetap di provinsi tertentu. Setiap provinsi dan wilayah di Kanada (kecuali Nunavut dan Quebec) memiliki Program Nominasi Provinsi yang berbeda satu sama lain.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!