Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Paspor Inggris
Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Paspor Inggris
2 Februari 2022
Jurusan Manajemen Kuliner
Yuk, Kenalan Sama Jurusan Manajemen Kuliner di Almamater Chef Renatta Moeloek!
3 Februari 2022

Kehidupan di New Zealand: 5 Kota Terbaik Buat Siswa Internasional

Kehidupan di New Zealand

Source: Unsplash

New Zealand adalah salah satu negara terbaik di dunia untuk tujuan belajar di luar negeri. It’s as simple as that. But where in the country should you study, exactly? Untuk membantu kamu menentukan destinasi lebih rinci untuk menjalankan kehidupan di New Zealand, simak 5 kota terbaik buat pelajar internasional di bawah ini!

 

1. Wellington

Kehidupan di New Zealand

Source: Unsplash

Kamu bisa memulai kehidupan di New Zealand sebagai mahasiswa internasional di Wellington, ibu kota dari negara ini. Walaupun statusnya sebagai ibu kota, tapi kota ini aslinya disebut sebagai kota kecil menurut standar global dengan populasi hanya 200.000. Meski begitu, Wellington terhitung besar dan beragam dalam hal karakter, budaya, dan keindahan alam.

Kawasan pusat bisnis Wellington terletak di antara pelabuhan, beberapa pantai, dan perbukitan hijau yang menjadi latar belakang kota yang indah.

Kalau kamu pecinta alam, Mount Victoria nggak jauh lho! Ada juga kebun raya yang megah yang bisa kamu kunjungi. Selain itu, Wellington juga cocok banget buat kaum muda dengan banyaknya kafe, restoran, dan bar untuk jadi tempat hang out abis kamu kuliah!

Salah satu alasan bagus buat belajar di Wellington, adalah Victoria University of Wellington (VUW) yang fortunately merupakan salah satu mitra universitas SUN Education lho! Universitas ini berada di 1% teratas di dunia dalam 19 bidang studi, serta 20% dari siswa mereka adalah mahasiswa asing!

Bisa bayangin kan serunya kehidupan di New Zealand kalau kamu stay di Wellington?

 

2. Auckland

Kehidupan di New Zealand

Source: Unsplash

Auckland nggak kalah keren. Kota dengan 1,6 juta penduduk ini merupakan kota terbesar dan termewah di Selandia Baru.

Sky Tower yang menawan berdiri dengan megah di atas kawasan pusat bisnis, memberikan Auckland pemandangan skyline yang indah. Kalo kamu merasa tertantang, kamu bisa bungee jumping dari puncak menara 60 lantai itu lho!

Gimana sih kehidupan di New Zealand kalau tinggal di Auckland? Pastinya bakal merasakan keberagamannya! Auckland adalah kota paling beragam secara etnis di New Zealand.

Sekitar 30% dari populasi di kota itu merupakan orang Asia, sedangkan 11% adalah penduduk Māori asli. Hal ini menjadikan Auckland tempat yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut soal cultural diversity di New Zealand. Auckland juga jadi rumah untuk beberapa universitas besar di New Zealand!

 

3. Hamilton

Kehidupan di New Zealand

Source: Unsplash

Hamilton terletak di wilayah Waikato di pulau utara New Zealand. Kota ini terkenal dengan botanina yang indah terutama di sepanjang Sungai Waikato.

Kalau kamu pingin refreshing habis kuliah, kamu bisa coba jalan-jalan ke Mount Maunganui yang berada dekat pantai berpasir. Sementara itu, kalau kamu fans Lord of the Rings, make sure to visit Hobbiton! Wilayah ini merupakan lokasi syuting film blockbuster tersebut.

Nggak cuma keindahan alam, kehidupan malam di Hamilton pun terkenal, terutama keramaian yang berpusat di sekitar Victoria Street.

Kota ini juga rumah dari the University of Waikato! Universitas ini bagus banget buat mahasiswa internasional karena mereka punya program yang memungkinkan kamu melakukan homestay dengan keluarga lokal! Mereka juga punya “buddy system” di mana siswa internasional dipasangkan dengan pemandu lokal untuk mengajak mereka berkeliling dan mengenal lingkungan baru.

Not only that, University of Waikato juga punya reputasi sebagai universitas paling ramah di Selandia Baru!

 

4. Christchurch

Source: Unsplash

Christchurch dikenal sebagai The Garden City berkat taman dan ruang hijau (serta pantai) di mana penduduk dapat bersantai, berjalan, atau mendapatkan udara segar.

Kota ini tergolong cukup besar di New Zealand, dengan populasi yang hampir menyentuh 400.000 jiwa.

Christchurch juga terkenal memiliki permukaan yang datar, membuatnya sempurna untuk berjalan dan bersepeda — cukup berbeda dari perbukitan dan pegunungan Auckland dan Wellington!

Ada juga estetika yang sangat berbeda tentang Christchurch, karena arsitektur klasiknya jauh lebih bergaya Inggris dan gothic.

Salah satu alasan bagus untuk belajar di Christchurch adalah University of Canterbury yang merupakan universitas tertua kedua di New Zealand. Universitas ini memiliki reputasi untuk ilmu-ilmu alam seperti biologi, ekologi, dan geologi.

 

5. Dunedin

Source: Unsplash

Kota kelima yang berada di daftar kehidupan di New Zealand bagi mahasiswa internasional adalah Dunedin. Kota ini kadang disebut The Edinburgh of New Zealand  karena terkenal dengan warisan arsitekturnya, yang sebagian besar terinspirasi oleh budaya Skotlandia.

Dipenuhi dengan museum cantik, Dunedin juga modern lho, dengan banyaknya mural dan suasana sosial yang hidup di kota ini.

On top of it all, Dunedin memiliki warisan sastra yang luar biasa keren. Pada 2014, kota ini sampe dinobatkan sebagai UNESCO Creative City of Literature. Penyair ternama seperti Charles Brasch dan Thomas Bracken merupakan warga Dunedin!

Dunedin juga jadi rumah bagi University of Otago. They have SIX libraries there! Bookworms may rejoice!

Selain itu, akomodasi siswa mereka juga terkenal, dengan 15 komunitas perumahan, beberapa di antaranya berada di bangunan warisan tua yang indah, dan beberapa di antaranya khusus untuk siswa internasional!

There we have it! Itu dia lima kota yang cocok buat kickstart kehidupan di New Zealand sebagai mahasiswa internasional! Which one are you gonna choose?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan