alasan memilih jurusan bisnis
Ternyata ini 5 Alasan Mahasiswa Internasional Memilih Jurusan Bisnis!
27 Mei 2022
Keunggulan Jurusan Biologi yang Bikin Kamu Envy
Keunggulan Jurusan Biologi yang Bikin Kamu Envy!
27 Mei 2022

Apa Aja Keuntungan Kuliah Jurusan Hubungan Internasional? Cek di Sini!

Keuntungan kuliah jurusan Hubungan Internasional

Kamu tertarik untuk mengerti lebih lanjut soal masyarakat global dan cara-cara membuat perubahan di dunia? International Relations might just be the thing for you! Ada banyak banget keuntungan kuliah jurusan Hubungan Internasional lho, untuk tau selengkapnya, scroll terus ya!

 

Apa itu Hubungan Internasional?

Keuntungan kuliah jurusan Hubungan Internasional

 

Hubungan Internasional adalah jurusan yang membahas soal isu global yang ada saat ini dan yang mungkin muncul di masa yang akan datang. Kalo belajar HI, kamu bisa milih mau fokus di beberapa bidang atau spesialisasi berbeda kayak perdagangan, pembangunan, perdamaian dan keamanan, lingkungan global, kesehatan dan sumber daya alam, hingga politik dan kenegaraan.

Untuk bener-bener paham soal HI, kamu nantinya akan belajar gimana cara kerja dunia dengan mempelajari lebih lengkap untuk mendapatkan gambaran soal masalah dan tradisi yang membentuk tradisi dan negara, serta dapetin pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang di tempat kerja yang semakin global.

Udah tau kan gambaran umum soal jurusan ini? Nah, buat tau beberapa keuntungan kuliah jurusan hubungan internasional, cek di bawah ya!

 

BACA JUGA: Ini Dia Pengalaman yang Bakal Kamu Hadapi Saat Kuliah Jurusan Hubungan Internasional!

 

Keuntungan Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

 

Seperti penjelasan di atas, Hubungan Internasional terutama mempelajari hubungan antarnegara dan sering menganalisis sebab-akibat konflik negara. Mahasiswa HI umumnya akan memilih untuk berfokus pada pertanyaan-pertanyaan mengenai keamanan internasional, terorisme, perdagangan, perang, hak asasi manusia, dan pembangunan perdamaian untuk menerapkan pemahaman ini ke dunia nyata.

Setelah tau ini semua, you’re not convinced yet? It’s OK! Ada banyak banget keuntungan kuliah jurusan Hubungan Internasional yang bisa bikin kamu yakin ambil jurusan ini.

Gampang Adaptasi

Mempelajari Hubungan Internasional mengeksplorasi berbagai faktor yang bisa kamu terapkan di lapangan. Selama belajar di kuliah nanti, kamu akan mengambil beberapa mata kuliah di bidang ekonomi makro, sejarah, organisasi internasional, hak asasi manusia, keamanan siber, ilmu sosial, dan matematika. Memiliki pemahaman tentang semua ini membantu kamu memahami hubungan antarnegara.

Bisa Diterapkan di Dunia Nyata

Kursus dalam Hubungan Internasional memberikan dasar yang kuat untuk memahami hubungan antara individu dan organisasi. Kamu sebagai mahasiswa HI bisa menggunakan ilmu yang kamu pelajari untuk negosiasi, untuk menemukan solusi dari konflik atau dilema kehidupan nyata lainnya.

Skill yang Bisa “Ditransfer”

Keuntungan kuliah jurusan Hubungan Internasional lainnya adalah skill yang bisa ditransfer. Selain memperoleh pengetahuan khusus tentang pendekatan antarbudaya, mahasiswa Hubungan Internasional biasanya akan memperoleh dan memperbaiki keterampilan yang dapat ditransfer seperti penelitian dan keterampilan analitis, keterampilan komunikasi, dan keterampilan interpersonal mereka.

Skill-skill yang kamu pelajari ini nantinya juga bisa kamu pake di banyak bidang lainnya, nggak hanya di karir yang berhubungan dengan HI. Having transferable skills are such a benefit!

Banyak Pilihan Karir

Banyak mahasiswa menjadi diplomat yang mengerjakan berbagai topik di berbagai bidang seperti masalah lingkungan, perubahan iklim, atau perdagangan manusia. Tapi kamu tau nggak sih kalo gelar dalam hubungan internasional nggak  terbatas pada jalur politik lho!

Kamu juga bisa mengejar karir di bidang lainnya kayak intelijen, seperti analis atau sesuatu dalam bisnis internasional. Ini artinya karir kamu nggak terbatas dalam lingkup tertentu karena ilmu yang kamu pelajari bisa kamu terapkan di banyak bidang pekerjaan.

 

BACA JUGA: Gaji Lulusan Hubungan Internasional: Penuh Peluang dan Prospek Jauh!

 

Dampak Nyata

Lebih lanjut, keuntungan kuliah jurusan Hubungan Internasional lainnya adalah dampak nyata yang bisa kamu lakukan di dunia. Mahasiswa yang memilih bekerja di bidang politik dapat mengembangkan dan menerapkan kebijakan terkait yang berpotensi meningkatkan kehidupan di seluruh dunia. 

Misalnya, mereka dapat bekerja untuk mengkoordinasikan kontraterorisme, membantu dalam krisis alam, mempromosikan hak asasi manusia, dan menangani masalah seperti kelaparan dunia dan masalah lingkungan.

Lebih dari Politik

Meskipun gelar dalam Hubungan Internasional mempersiapkan kamu untuk jalur karir di bidang politik, pilihan dan peluang karirmu tidak terbatas pada politik aja! Karena keterampilan yang kamu peroleh selama studi dapat kamu transfer, siswa yang mempelajari Hubungan Internasional melangkah lebih jauh untuk bekerja di berbagai industri dan karir termasuk aktivisme, keamanan nasional, intelijen dan analisis militer, perbatasan bisnis internasional, dan banyak lagi.

Itu dia beberapa keuntungan kuliah jurusan Hubungan Internasional yang bisa kamu rasakan kalo ambil jurusan ini. Dengan keuntungan sebanyak itu, apa lagi yang kamu tunggu? Apply jadi mahasiswa HI sekarang!

Pingin belajar HI di luar negeri tapi bingung di universitas dan negara mana? Informasi lengkapnya bisa kamu dapatkan dengan baca SUN E-Guide Book. Praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash, Pixabay

Tinggalkan Balasan