Deakin University Mendukung Siswa Calon ‘Entrepreneur’ Lewat Program Eksklusif
29 Juli 2019
Menyaksikan Pagelaran di Teater Papan atas West End Theatre London
29 Juli 2019

Kiat-Kiat Mengatasi Kesalahan Umum Saat Menyelesaikan Writing Task 2 IELTS

Menemukan kesulitan saat menyelesaikan soal writing Task 2 dalam IELTS? Cara-cara dibawah ini bisa membantumu!

Sumber: Pinterest

Dalam writing Task 2 IELTS, kamu akan diberikan pendapat ataupun persoalan untuk didiskusikan. Sementara, kamu diwajibkan untuk menjawabnya dengan menggunakan gaya bahasa Inggris yang formal dan akademik. Oleh karena itu, disarankan agar kamu mengerjakan Task 2 terlebih dahulu karena soal-soal ini memiliki lebih banyak marks dibandingkan Task 1.

Sumber: Freepik

Sebagaimana umumnya soal ujian, tentu ada banyak kriteria penilaian yang terkandung dalam soal writing IELTS. Seperti task response yang menguji kemampuan untuk membuat argumen yang jelas dan logis, koherensi & kohesi yang menilai seberapa jelas kamu menghubungkan ide-ide, sumber leksikal yang mampu mengukur kosakata dan ejaan, serta rentang dan akurasi gramatikal yang dapat mencari tahu apakah kamu mampu menggunakan berbagai ‘jenis’ kalimat dan mengevaluasi tanda baca.

Karena ada banyak tantangan dan aspek yang perlu diperhatikan, terkadang kesalahan umum dapat terjadi saat mengerjakannya. Seperti mengulang frasa dari pertanyaan, menggunakan singkatan kata, tulisan dan gagasan tidak koheren, atau bahkan menulis jawaban yang sangat singkat. Namun, kesalahan tersebut sebenarnya dapat ditangani dengan mempelajari hal-hal esensial yang terkait dengan writing Task 2 IELTS, seperti;

  1. Membuat catatan jelas mengenai apa yang akan kamu tulis dari setiap paragraf.
  2. Menghabiskan waktu tidak lebih dari lima menit saat menganalisa pertanyaan dan perencanaan.
  3. Menargetkan untuk menulis 270 kata.
  4. Tidak mengulangi kata, frasa, maupun ide. Gunakanlah kosa kata yang luas dan pastikan kamu membuat respons yang relevan dengan pertanyaan.
  5. Membuat paragraf dengan penulisan yang tertata dan memeriksa jika responsnya tidak keluar dari topik pembicaraan.
  6. Mengetahui kekuatan dan batasan yang kamu miliki dan berusahalah memaksimalkan jawabanmu.

Sumber: Freepik

Disamping berkaitan dengan kesalahan umum yang dapat terjadi, kiat-kiat diatas juga sejalan dengan kriteria penilaian yang terdapat dalam soal-soal. Jadi, kamu bisa memahami letak kesulitanmu dan juga mengoptimalkan dirimu. Dengan mengaplikasikan cara tersebut, kamu pasti dapat menyelesaikan writing Task 2 IELTS dengan lebih mudah.

Author: SUN English

Comments are closed.