fakultas kedokteran terbaik dunia
Rekomendasi Fakultas Kedokteran Terbaik di Dunia Tahun 2020
20 Januari 2020
biaya kuliah di Australia
Berapa Biaya Kuliah di Australia Yang Harus Kamu Keluarkan?
21 Januari 2020

Kuliah Bidang Terkemuka ‘’Apparel dan Merchandise’’ di Amerika

pendidikan di Amerika Serikat

Sejak dulu kita sudah mengetahui bahwa pendidikan di Amerika Serikat diakui secara internasional karena kualitas tinggi yang ditawarkannya. Dengan negara bagian serta ukuran negara yang luas, demikian pula beragam tempat edukasi berkualitas baik yang tersebar. Di Amerika Serikat, para pelajar dari penjuru dunia dapat menemukan program pendidikan apapun yang sesuai dengan minat mereka. Berbicara perguruan tinggi, di amerika serikat banyak program studi yang lingkup industrinya termasuk terkemuka di negeri Paman Sam tersebut. Mulai dari health care, teknologi, apparel & textile, dan masih banyak lainnya.

Sumber: Freepik

Apparel & textile di Amerika sendiri merupakan yang terbesar di dunia. Pendapatan pasar pakaian saja mencapai sekitar ratusan miliar dolar dan beberapa perusahaan sering mendapatkan demand yang tinggi. Jika kamu adalah pelajar yang ingin menempuh studi apparel, selamat! Amerika Serikat punya universitas yang menawarkan program tersebut. Bidang apparel sendiri jarang terdengar di Indonesia. Kalau kamu memiliki segudang kreativitas, bakat, dan minat dalam bidang itu, don’t hesitate to go on! Salah satu universitas riset terkemuka Amerika, Washington State University menawarkan jurusan Master of Science in Apparel, Merchandising, Design & Textiles (AMDT).

Berdiri sebagai yang terbesar dan terlengkap selama 4 tahun, fakultas AMDT menawarkan siswa seluruh tools yang diperlukan agar berhasil berkarya dalam industri mode, ritel, tekstil dan pakaian jadi. Mereka memiliki akses untuk peralatan kelas seni, studio desain pakaian lengkap, program dengan kurikulum yang selaras dengan industri, dan fakultas yang diakui secara nasional dan internasional. Tenaga pengajarnya pun merupakan profesor yang dikenal profesional dalam bidangnya. Staf pengajar Washington State University (WSU) bahkan termasuk dalam National Academy— yang mana merupakan kehormatan tertinggi negara Amerika bagi para peneliti ilmiah.

Dalam program Apparel, Merchandising, Design & Textiles, kamu akan diberi tantangan untuk memahami seluruh aspek industri tekstil, pakaian, dan mode. Namun kamu dapat diberi opsi spesialisasi antara Design dan Merchandising agar dapat menekuni bidang dengan fokus yang lebih mendalam. Kedua fokus tersebut bisa kamu lihat perbedaannya, seperti:

 

Design

Desain pakaian berfokus pada pemahaman dan penguasaan teknik konstruksi pakaian; estetika pakaian dan tekstil; rancangan; evaluasi produk, perkiraan, dan penilaian kualitas; produksi barang-barang pakaian jadi untuk target pasar yang diidentifikasi; dan keterampilan desain yang dibantu komputer dan manual. Coursenya yang meliputi kreativitas, menggambar, budaya dan sejarah, perdagangan internasional, serta aspek teknis tekstil dan pakaian akan memberikanmu persiapan dalam sisi kreatif industri fashion.

sementara itu,

 

Merchandising

Merchandising mencakup course yang dirancang untuk mengajarkanmu proses yang terlibat dalam perencanaan, pembelian, dan penjualan barang dagangan baik dalam organisasi manufaktur maupun ritel. Jika kamu memilih opsi ini, kamu akan ditunjukkan pentingnya memahami semua aspek industri, mulai dari pemilihan serat hingga konsumen yang membeli barang. Beberapa kelas dalam opsi ini akan mendapatkan pengalaman mengeksplorasi pengembangan produk, visual merchandising, strategi merchandising, perilaku konsumen, strategi pembelian, pemasaran, dan juga bisnis internasional.

Sumber: Washington State University

Program master AMDT juga mencakup publikasi dalam jurnal penelitian, desain dan karya kreatif dalam pameran yang disahkan. Untuk yang memutuskan menempuh program master, kamu akan mendapatkan peluang untuk melanjutkan penelitian melalui penyelesaian tesis ataupun proyek. Bidang penelitian tesis atau proyeknya dapat meliputi Pengembangan Produk Pakaian; Pengembangan Produk Tekstil, Studi Konsumen; Beasiswa dan Desain Kreatif; Perdagangan Internasional, Pemasaran, Manajemen Rantai Pasokan, dan Perdagangan Elektronik.

Melalui pembelajarannya, kamu tentu akan memahami desain penelitian dasar, mampu menjelaskan dampak tren saat ini, mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, serta mampu membuat keputusan strategis. Nah, terbukti kan pendidikan di Amerika Serikat bisa mengembangkan dirimu? Kedepannya, kamu diharapkan dapat lulus dengan pemahaman menyeluruh mengenai industri pakaian dan tekstil, dari konsep hingga konsumen. Belajarnya pun tidak hanya dari akademik saja loh. Selain studi, kamu juga dapat memaksimalkan skill dengan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti produksi peragaan busana atau kelas desain, magang, studi banding, dan juga klub siswa.

Setelah lulus nanti, kamu punya peluang untuk memilih karir yang sesuai dengan minatmu. Kamu dapat menyalurkan kreativitas dengan berkarir di universitas sebagai tenaga pengajar, manajemen ritel, pemasaran, merchandising, berkecimpung sebagai perancang busana, desain teknis, peneliti tekstil, maupun pengusaha lainnya yang masih berkaitan dengan industri AMDT.

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!